...

Zaman sekarang ini lahan tanah sudahlah tidak banyak lagi seperti dahulu kala. Ini disebakan karena proses pembangunan yang tidak ada habisnya. Dampak dari pembangunan itu sendiri salah satunya adalah berkurangnya lahan pemukiman terutama di kota kota besar. Sehingga mulailah bermunculan rumah rumah minimalis.

Seperti sebutanya, Rumah minimalis berukuran lebih kecil bila dibandingkan rumah rumah zaman dulu yang sangatlah luas. Maka dari itu, seringkali orang orang yang berpindah rumah , mungkin dari yang ukuran besar ke ukuran minimalis mengalami kebingungan karena banyaknya perabot yang mereka bawa.

Oleh sebab itu , alangkah baiknya , bila kita akan pindah ken rumah minimalis , kita sudah menentukan desain seperti apa yang akan kita gunakan. Mengapa demikian ? ini dikarenakan bila kita tidak menentukan desain seperti apa yang kita inginkan, maka kita tidak akan mengetahui barang apa saja yang kita perlukan atau butuhkan.

Sudah sewajarnya bila kita membangun atau membeli rumah , kita menginginkan rumah kita terlihat cantik. Lalu apakah rumah minimalis yang berukuran lebih kecil dapat terlihat cantik ? tentu saja. Seperti yang kita ketahui , ada pula desain interior yang dinamakan desain minimalis , dinamakan seperti ini karena desain ini digunakan pada rumah rumah minimalis.

Konsep rumah minimalis memanfaatkan lahan yang sempit menjadi hunian yang nyaman dan modern. Pada desain ini , setiap ruangan di desain sedemikian rupa sehingga berfungsi semaksimal mungkin. Lalu desain minimalis seperti apa yang dapat menjadi pilihan terbaik anda ? berikut adalah 6 tips memilih desain interior untuk rumah minimalis. Hal hal berikut adalah sebagai berikut :

1. Pilihlah Furnitur yang dapat menjadi Pusat atau Bintang

Maksud dari kata kata diatas adalah baiknya bila kita memanfaatkan satu titik pusat yang ada di dalam ruangan tertentu. Sebagai contoh, Kita dapat meletakan sofa yang bergaya simple pada ruangan keluarga kita lalu padukan dengan furniture lainya yang berkonsep sama ataupun warna yang senada. Contoh berikutnya bila pada interior kamar , jadikanlah ranjang sebagai pusatnya. Dan jadikan meja rias , lemari baju sebagai penghias dari ruangan tersebut. Konsep konsep seperti inilah yang menjadi dasar dari desain minimalis.

2. Ciptakan Kondisi rumah yang bersih dan rapi

Ruangan yang semrawut, berantakan , dan tidak tertata rapi sangatlah tidak enak dipandang dan dapat menjadi penyebab timbulnya rasa bosan. Ciri dari desain minimalis adalah sederhana , bersih dan rapi, maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan tersebut. Bagaimana cara menjaganya ? kebersihan dan kerapihan disini selain terbebas dari debu dan kotoran , tapi juga harus terhindar dari tumpukan tumpukan barang yang terkesan tidak bermanfaat sehingga jauh dari kesan desain minimalis yang memaksimalkan fungsi manfaat dari ruangan tersebut.

Maka dari itu , cobalah pelan pelan kita atur barang barang yang tersedia di setiap ruangan , apakah sudah sesuai dengan konsepnya atau belum , serta pastikan barang barang yang tersisa di ruangan tersebut adalah barang yang memang berguna di ruangan tersebut. Hindarilah penggunaan hiasan dinding secara berlebihan atau hiasan hiasan lainya yang mengganggu konsep ruangan tersebut. Secara garis besar , desain minimalis mengusung tema sederhana. Kesan inilah yang menjadi ciri utama dari desain ini. Maka dari itu kita harus memaksimalkan penempatan posisi dari barang barang yang kita miliki agar dapat memaksimalkan konsep desain ini.

3. Gunakan Warna Cat dasar Minimalis

Untuk memaksimalkan konser dari desain minimalis ini , gunakanlah warna dengan dasar minimalis. Sebagai contoh , warna warna yang lembut seperti krem atau putih sangatlah disarankan untuk desain interior minimalis. Sebaliknya, hindarilah penggunaan warna warna mencolok dan ramai karena warna warna seperti itu dapat memberikan kesan ruangan menjadi sempit. Warna dasar yang cocok seperti putih, krem , abu abu dapat kita kombinasikan dengan warna warna terang lainya sesuai dengan minat kita. Sehingga ruangan terlihat lebih lapang.

Jika kita menyukai konsep yang sedikit ramai , kita bisa mengaplikasikan cat monokromatik. Apa yang dimaksud dengan monokromatik ? monokromatik berarti satu warna, namun bukan berarti hanya dapat menggunakan satu variasi warna saja , anda dapat menggunakan beberapa warna gradasi. Sebagai contoh , warna biru , kita dapat menggunakan biru langit , biru laut , biru pucat dalam satu ruangan untuk tampilan monokromatik. Dengan desain seperti ini , dapat tecipta konsep minimalis yang tetap dominan pada satu warna. Terkesan ramai, namun masih sederhana.

4. Gunakanlah motif halus

Untuk konsep minimalis , seperti yang kita ketahui memiliki sifat sederhana, maka dari itu kita harus memaksimalkan sifat sederhana tersebut dengan menghindari penggunaan dekorasi yang terlalu glamor,berkilau serta rumit. Ini ditujukan pada hiasan hiasan yang ada pada ruangan tersebut. Seperti yang telah dibahas diatas, pada konsep minimalis , ada penggunanaan satu furniture yang menjadi bintang utama dalam ruangan tersebut.

Sebagai contoh bila kita menggunakan nsofa pada ruangan keluarga kita , lalu pada ruangan itu kita tambahkan ornament ornament yang berkilau yang dapat menarik perhatian dari orang yang masuk ke ruangan tersebut. Maka hilanglah sudah nilai konsep sederhana yang di cari pada ruangan tersebut. Maka bilamana memang kita ingin menggunakan hiasan pada ruangan tersebut , sebaiknya bila kita gunakan hiasan dengan motif halus agar konsep minimalisnya dapat kita nikmati.

5. Gunakan furniture berbahan alami

Tips berikutnya adalah gunakan bahan alami untuk furniture yang akan kita gunakan pada ruangan yang kita desain. Bahan alami yang dimaksud adalah kayau ataupun batu alami. Hal ini dianggap mencerminkan bahwa kita memanfaatkan apa saja yang berada di alam sehingga terkesan meningkatkan atau memaksimalkan mafaat dari barang barang tersebut.

Meskipun penggunaan furniture berbahan kayu dan batuan alam juga sering digunakan pada desain lainya seperti rustic dan klasik , karena memang kelebihan dari kedua bahan ini yang tahan lamanamun juga terkesan elegan , maka penggunaan kedua bahan ini sebagai furniture ini sangat disarankan. Seperti sofa berbahan dasar kayu , ranjang berbahan kayu , lantai menggunakan batuan alam dan lain sebagainya yang dapat memaksimalkan konsep minimalis yang menjadi tujuan dari penggunaan furniture furniture tersebut.

6. Berhati hati dengan penggunaan aksen.

Seperti yang kita ketahui , desain minimalis sangatlah menjunjung tinggi kesederhanaan. Maka bukan tidak mungkin bahwa dikarenakan alasan tersebut konsep ini dianggap “membosankan”. Mengapa dianggap demikian ? yang pertama adalah karena penggunaan warna netral ataupun menggunakan hiasan hiasan yang bermotif halus sehingga terkesan ruangan membosankan. Maka dari itu , penggunaan aksen juga diperbolehkan untuk menambah keindahan ruangan. Apa itu aksen pada ruangan ? aksen pada ruangan bertujuan untuk mengurangi kemonotonan ruangan dan mencuri perhatian. Dikarenakan pengertian itulah maka penggunaan aksen yang berlebihan pun tidak dianjurkan.

Aksen yang dimaksud ini adalah kita dapat menggunakan kursi dengan desain atau motif yang indah atau penggunaan lampu gantung di dapur kita. Sentuhan marmer dan tanaman indoor dapat juga menjadi alternatif dari aksen yang dimaksud ini. Tapi tetap harus diingat jangan gunakan aksen terlalu berlebihan bila kita ingin tetap menonjolkan konsep minimalis pada ruangan.

Hal hal diatas adalah tips tips yang bisa kita manfaatkan bila kita ingin membangun atau mendesain ruangan dengan konsep minimalis. Seperti yang kita bisa Tarik sebagai kesimpulan berdasarkan poin poin diatas , desain minimalis sangatlah menjunjung tinggi kesederhanaan, kerapihan serta kebersihan maka dari itu , kita harus menjaga 3 hal tersebut sebagai tujuan utama penggunaan konsep tersebut. Hindarilah penggunaan barang barang yang tidak terpakai ataupun tidak bisa ditempatkan pada satu ruangan itu, sebagai contoh anda memiliki pajangan yang tidak senada dengan konsep ruangan itu , janganlah anda masukan atau simpan pajangan tersebut disitu , karena itu dapat mengurangi maksud dari konsep minimalis yaitu memaksimalkan manfaat suatu barang pada ruangan tanpa ada banyak barang ditempatkan pada ruangan itu. Selain itu , aksen yang berlebihan yang bertujuan agar ruangan tidak monoton juga harus dihindari. Gunakanlah aksen semaksimal mungkin disaat penggunaan aksen harus dilakukan seminimal mungkin , aksen yang berlebihan dapat membuat ruangan jauh dari konsep sederhana.

Maka dari itu MM GALLERI Hadir untuk membantu anda mendesain ruangan dengan desain dan konsep seperti yang kita inginkan. Tak hanya desain minmalis , desain rustic , klasik, Victorian dan konsep konsep lainya pun dapat dikonsultasikan kepada MM GALLERI. JAngan ragu untuk konsultasikan desain yang kamu inginkan kepada MM GALLERI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.