Harga Marmer dapat bervariasi di setiap toko atau distributor. Bahkan untuk jenis Marmer yang sama, harga yang ditetapkan penjual berbeda-beda. Karena tidak ada standar harga Marmer yang ditetapkan. Oleh karena itu, untuk mengetahui harga yang sesuai, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi harga Marmer di pasaran.

Dengan perbedaan harga tersebut, beberapa orang mencoba mengumpulkan informasi harga Marmer dari berbagai penjual, toko, distributor, atau supplier dan mencari rata-rata harga secara keseluruhan. Namun, cara ini tidak efektif karena setiap lembar batu marmer memiliki karakteristik tersendiri, bahkan jika jenisnya sama, sehingga sulit untuk membandingkannya secara akurat dengan lembar Marmer yang dijual di tempat lain.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang harga Marmer, ada beberapa faktor yang menentukan apakah harga tersebut mahal atau murah di pasaran.

1. Kualitas

Kualitas batu Marmer merupakan faktor utama dari harganya yang mahal atau murah. Faktor utama yang menentukan harga tersebut adalah langkanya warna dan tekstur batu, serta keunikan pola dan tingkat ketahanannya. Batu Marmer yang memiliki karakteristik tersebut cenderung memiliki harga yang lebih tinggi di pasaran.

Warna dan tekstur yang langka serta pola unik sering kali menjadi penentu utama daya tarik estetika batu Marmer. Batu dengan corak yang tidak umum dan memiliki perpaduan warna yang jarang ditemui dapat menjadi langka, dan karenanya memiliki daya tarik artistik yang tinggi. Begitu juga dengan tekstur dan pola yang tidak lazim, yang membuatnya menjadi pilihan yang dicari bagi orang yang hendak membangun rumah dengan desain estetik.

Selain estetika tersebut, batu Marmer yang memiliki daya tahan yang baik terhadap goresan, dan pengaruh lingkungan lainnya tentu lebih mahal dari yang biasanya. Tingkat ketahanan merupakan jaminan bahwa batu tersebut dapat tetap mempertahankan keindahannya dalam jangka waktu yang lama, membuatnya menjadi pilihan utama untuk proyek-proyek jangka panjang dan berkualitas tinggi.

Asal-usul batu Marmer juga memainkan peran penting dalam menentukan harga. Beberapa jenis marmer didapatkan dari lokasi yang sulit dijangkau atau ditambang, sehingga biaya produksi serta transportasi dari tempat tersebut lebih mahal. Faktor-faktor ini termasuk jarak tempuh, aksesibilitas atau kesulitan dalam mendapatkan batu Marmer tersebut.

2. Proses Manufaktur dan Polishing

Tingkat polishing pada Marmer dapat dibagi menjadi beberapa kategori umum, yaitu polished (berkilap), honed, dan tumbled (bergores). Polished sesuai dengan namanya memberikan kilap yang intens dan permukaan yang halus, sehingga memudahkan dalam pembersihan dan pemeliharaan. Dengan kilauan yang tinggi, Marmer polished dapat menciptakan tampilan yang mewah dan elegan dalam berbagai aplikasi.

Sementara itu, tingkat honed memberikan tampilan yang lebih mat dan tahan gores. Ini membuatnya cocok untuk area yang sering terkena air seperti kamar mandi. Selain itu, keberadaan tingkat honed pada Marmer dapat membantu mengurangi risiko tergelincir, menjadikannya pilihan yang aman dan fungsional. Hal itulah yang membuat batu Marmer memiliki rentang harga yang berbeda.

3. Keunikannya

Alasan Marmer Biru Cocok Untuk Interior Rumah

Warna dan pola unik yang dimiliki oleh setiap jenis Marmer dapat menjadi faktor penentu harga. Beberapa jenis Marmer memiliki warna dan pola yang langka atau eksotik, membuatnya lebih diminati. Beberapa jenis marmer memiliki tingkat harga yang berbeda, dan perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Salah satu contohnya adalah perbedaan harga antara marmer putih susu dengan marmer berwarna lainnya. 

Marmer dengan warna putih murni cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan marmer putih kusam yang umum dijumpai dan juga warna kebanyakan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsit yang kaya pada marmer putih yang relatif sulit dicari dan ditambang. Kelangkaan tersebut secara langsung mempengaruhi harga marmer putih, membuatnya menjadi lebih mahal.

Selain itu, tingkat kekerasan dan daya tahan juga dapat mempengaruhi harga, karena Marmer yang lebih keras dan tahan lama cenderung memiliki nilai lebih tinggi. Ditambah lagi guratan vena yang membentuk pola alami di dalam batu Marmer dapat memberikan keunikan tersendiri dan meningkatkan nilai estetika. Keunikan ini bisa membuat suatu jenis Marmer menjadi langka atau sulit ditemui, sehingga harga pasar menjadi lebih tinggi.

4. Guratan Vena

Melanjutkan poin sebelumnya, Gaya guratan atau urat-urat halus yang terlihat pada motif marmer menjadi daya tarik bagi para penggemar desain interior. Penting untuk diketahui bahwa motif tersebut terjadi secara alami pada marmer. Oleh karena itu, setiap motif marmer memiliki keunikan sendiri dan tidak pernah sama. Selain itu, motif dan warna marmer bervariasi tergantung pada asal batu tersebut. Sebagai contoh, marmer statuario yang berasal dari Italia memiliki warna putih susu dengan guratan abu-abu.

Perbedaan dalam warna dan motif inilah yang menyebabkan harga marmer menjadi tinggi. Semakin unik motifnya, semakin tinggi pula harganya.

5. Kualitas Polishing

Kualitas polishing pada batu Marmer memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan nilai dan harga batu tersebut. Proses polishing adalah tahap akhir dalam pengolahan batu Marmer yang dapat memberikan tampilan akhir yang indah dan mengungkapkan keindahan alami serta karakteristik unik dari batu tersebut.

Kualitas polishing dapat diukur melalui beberapa faktor utama. Pertama, tingkat kekilapan atau kilau yang dihasilkan oleh proses polishing menjadi penentu utama. Semakin tinggi tingkat kekilapan, semakin indah dan mewah tampilan batu Marmer tersebut. Kedua, proses penghalusan permukaan batu Marmer juga mempengaruhi kualitas polishing. Semakin halus permukaannya, semakin baik kualitasnya.

5. Belanja Marmer Berkualitas di MM Galeri

Penggunaan Marmer menjadi sangat signifikan dalam meningkatkan estetika suatu ruangan terutama ketika struktur bangunan yang dikonsep mewah dan elegan. Marmer memiliki variasi motif yang beragam dan hampir semuanya terbentuk secara alami. Ditambah lagi, pada kekuatan materialnya yang kuat, memungkinkan berbagai aplikasi bisa dilakukan untuk berbagai fungsi seperti lantai, dinding, meja, bathtub, dan sebagainya.

Sebagai konsumen yang bijak, sangat penting bagi Anda untuk mengamati kualitas dan keaslian barang yang hendak Anda beli. Selalu pastikan bahwa produk berasal dari distributor resmi, terutama ketika mencari batu alam seperti Marmer.

Keputusan ini tidak hanya mempengaruhi tampilan interior rumah, tetapi juga berdampak pada nilai properti rumah secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan seksama keunggulan dan pertimbangan yang terkait dengan penggunaan Marmer. Terlebih lagi ketika Anda menggunakan Marmer dengan warna dan corak yang jarang ditemui.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim desain sekaligus pemasok batu Marmer terkemuka, MM Galleri. Kami memahami kepercayaan kepada konsumen sangat penting dalam memastikan kualitas dan ketersediaan Marmer yang sesuai dengan persepsi Anda dalam membangun rumah. 

Kami juga memberikan masukan berharga tentang karakteristik berbagai jenis Marmer yang mereka sediakan, serta memberikan informasi terkait kecocokan kebutuhan dalam membangun serta memiliki rumah dengan eksterior dan interior yang menawan. MM Galleri juga menghadirkan teknologi dengan ketebalan Marmer hanya 8 mm saja. Lebih tipis, dan lebih ringan tapi kualitas serta performa tetap sama.

Dengan melakukan komunikasi aktif dengan konsultan interior dan juga marmer, Anda dapat mempertimbangkan aspek teknis dan fungsionalnya. Sehingga, proses pembangunan rumah Anda dapat berjalan dengan lancar. Dengan begitu, penempatan marmer dapat menambah tidak hanya nilai estetika, tetapi juga nilai propertinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *