• Home

Kenali Apa Itu Artificial Stone? Berikut Penjelasannya

artificial stone adalah

Ada berbagai jenis batu alam yang berada di permukaan bumi dan sering dimanfaatkan oleh manusia. Seiring berjalannya waktu, akhirnya manusia mencoba meniru berbagai batu tersebut sehingga terciptalah artificial stone. Sesuai namanya, artificial stone adalah batu buatan yang dibuat oleh manusia dengan teknologi canggih dengan tujuan berbagai penggunaan. 

Tentunya ada banyak fungsi dari artificial stone yang harus anda ketahui, seperti artificial stone untuk dinding, untuk lantai, dan furniture. Lalu, sebenarnya apa itu artificial stone? Apa saja jenisnya? Dan apa perbedaannya dengan batu lainnya? 

Mengenal Artificial Stone

Apa itu artificial stone? Kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, artificial stone berarti batu buatan. Artificial stone memang merupakan batu buatan yang dibuat oleh manusia dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhan dan faktor. 

Biasanya batu buatan atau artificial stone dibuat dari semen, pasir, dan beberapa benda alam lainnya kalau memang diperlukan untuk membuat tiruan dari batu alam. Artificial stone sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan batu alam, seperti lebih murah dengan perawatan yang lebih gampang. 

Jenis Artificial Stone

Ada beberapa jenis dari artificial stone atau batu buatan yang dapat anda pilih sebagai bahan konstruksi. Beberapa jenis batu buatan ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri, ada batu yang memang baru diciptakan oleh manusia. Namun, ada juga batu yang dibuat manusia dengan menirukan batu alam. Inilah beberapa jenis artificial stone yang harus anda ketahui selengkapnya seperti dekton, lapitec, silestone, mediterraneo dan masih banyak jenis lainnya.

Berikut Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Artificial Stone

Anda sudah mengetahui berbagai jenis artificial stone. Apakah semua artificial stone berkualitas dan baik untuk bahan konstruksi? Tentu saja anda harus mengetahui beberapa faktor terlebih dahulu yang mempengaruhi kualitas dari batu buatan. Inilah beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas artificial stone: 

1. Karakteristik

Faktor kunci yang menentukan kualitas suatu artificial stone adalah karakteristik, mulai dari karakteristik fisik dan kimia dari batu buatan tersebut. Karakteristik ini yang akan menentukan kekuatan, tekstur, dan kepadatan dari artificial stone. Maka dari itu, anda harus memperhatikan fisik dan kimia batu buatan ini. 

Anda juga harus memperhatikan bahan, pigmen warna, hingga agregat artificial stone. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau artificial stone bisa terbuat dari berbagai jenis bahan mengikuti jenis yang akan dibuat, sedangkan pigmen warna artificial stone juga tidak terlalu ; 

2. Proses Pembuatan

Kualitas dari sebuah artificial stone juga akan dipengaruhi melalui proses pembuatannya. Artificial stone atau batu buatan yang dibuat dengan proses pembuatan yang tepat tentu akan lebih berkualitas. 

Proses pembuatan yang tepat akan menghasilkan artificial stone yang kuat, memiliki tampilan yang baik, memiliki tekstur yang bagus, tahan terhadap cuaca, dan memiliki berbagai kelebihan lainnya yang mirip seperti batu alam yang asli. 

3. Variasi Desain

Jika batu alam memiliki tampilan yang alami sehingga tidak bisa diubah lagi, maka artificial stone atau batu buatan memiliki desain yang lebih fleksibel dan variatif. Hal ini membuat anda bisa mendapatkan batu sesuai desain yang anda inginkan.

Desain dari artificial stone tetap menjadi faktor yang mempengaruhi kualitasnya karena memang suatu batu yang digunakan menjadi bahan konstruksi akan membutuhkan sebuah desain untuk membuat suatu bangunan menjadi lebih indah. 

Namun, anda tidak perlu takut mengenai variasi desain dari artificial stone. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau desain dari artificial stone bisa disesuaikan dengan keinginan anda atau pembuatnya. 

4. Estetika

Seperti penjelasan sebelumnya kalau artificial stone atau batu buatan meniru dari batu alam sehingga nilai estetika dari batu yang satu ini juga diusahakan untuk selalu sama dengan batu alam yang coba ditiru. 

Orang awam yang melihat secara sekilas mungkin juga akan kesulitan untuk membedakan batu alam yang asli dengan artificial stone. Jadi, nilai estetika dari artificial stone tidak kalah dengan batu alam. 

5. Daya Tahan 

Batu alam terkenal memiliki daya tahan yang sangat baik dengan umur yang sangat panjang sehingga daya tahan sering menjadi faktor menentukan kualitas suatu bahan konstruksi bangunan. Daya tahan juga menjadi faktor yang menentukan kualitas dari suatu batu buatan. 

Tentunya artificial stone yang baik harus memiliki daya tahan yang bagus, meski tidak sebaik batu alam yang asli. Namun, setidaknya batu buatan ini harus bisa bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan sehingga menjadi nilai investasi yang tinggi bagi suatu bangunan atau rumah. 

Perawatan Artificial Stone

perawatan artificial stone

Sama seperti batu alam dan berbagai barang mahal lainnya, tentu saja artificial stone juga harus mendapatkan perawatan yang layak agar bisa tetap terus digunakan. Sebenarnya melakukan perawatan untuk artificial stone tidaklah terlalu sulit. Inilah perawatan yang harus anda lakukan untuk menjaga kualitas artificial stone:

1. Rutin Membersihkan

Gunakan sabun atau produk pembersih lainnya untuk membersihkan artificial stone secara rutin. Pastikan anda menggunakan detergen yang bebas dari asam agar tidak merusak penampilan dari artificial stone. 

2. Jauhkan Dari Benda Berbahaya

Artificial stone masih bisa rusak kalau bersentuhan dengan benda yang berbahaya, seperti benda tajam. Kalau ada benda tajam atau berbahaya lainnya di dekat artificial stone, pastikan untuk menggunakan pengaman agar permukaan artificial stone tidak tergores. 

3. Hindari Dari Panas

Usahakan untuk menghindari artificial stone dari panas secara langsung karena bisa menyebabkan kerusakan. Contohnya seperti menghindari artificial stone dari panci yang panas secara langsung. Akan lebih baik kalau memisahkannya menggunakan alas. 

4. Hindari dari Kimia

Cairan kimia yang terlalu kuat, seperti asam juga akan membuat penampilan dari batu buatan ini jadi rusak. Maka dari itu, hindari artificial stone dari bahan kimia yang bisa berbahaya. 

Itulah beberapa hal tentang artificial stone yang harus anda ketahui. Batu buatan atau artificial stone tidaklah kalah dari batu alam yang asli. Namun, anda harus memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan artificial stone yang berkualitas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *