...

Dalam kehidupan sehari-hari, anda pasti mengetahui kalau batu marmer memiliki banyak sekali fungsi, seperti sebagai bahan bangunan atau desain interior suatu rumah. 

Bagi anda yang ingin membangun rumah dengan memanfaatkan marmer, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu batu marmer dan berbagai jenisnya karena memang batu marmer memiliki berbagai jenis yang bisa anda gunakan. 

Mengetahui Apa Itu Batu Marmer?

Batu marmer juga sering dikenal sebagai batu pualam merupakan batu yang terbentuk dari sebuah proses metamorfosis. Batu kapur menjadi bentuk awal sebelum akhirnya berubah menjadi batu marmer melalui proses yang cukup panjang. Proses metamorfosis ini membuat batu kapur menjadi batu marmer yang indah dan tembus cahaya sehingga sering dijadikan batu untuk lantai, dinding, hingga berbagai furniture lainnya. 

Asal & Proses Pembentukan Marmer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau batu marmer terbentuk dari proses panjang dari batu kapur. Batu kapur mengalami tekanan dan terkena suhu yang tinggi dalam waktu yang cukup lama, yaitu puluhan tahun. Tekanan dan tingginya suhu pada akhirnya membuat batu kapur mengandung kalsium karbonat dan berubah menjadi berkilau sehingga lahir batu marmer. Jadi, batu marmer termasuk jenis batuan metamorf yang berubah dari batu kapur. 

Ketahui Ciri-ciri & Karakteristik Batu Marmer Asli

Marmer termasuk jenis batuan yang sangat cantik dan membuat rumah semakin indah. Namun, batu marmer bukan satu-satunya batu yang memiliki bentuk indah untuk membangun rumah. Agar tidak tertukar dengan batu lain, anda harus mengetahui ciri-ciri dan karakteristik dari batu marmer asli. 

a. Warna

Batu marmer murni sebenarnya memiliki warna putih kristal yang terlihat seperti memancarkan cahaya karena komposisinya yang terbuat dari kalsium karbonat. Namun, batu marmer juga mengandung bahan lainnya, seperti oksida besi, pirit, grafit, dan kuarsa. Bahan lain tersebut yang membuat marmer memiliki berbagai warna, mulai dari cokelat hingga merah. 

b. Tekstur

Kalau anda memegang kristal pada batu marmer, teksturnya agak sedang hingga kasar. Namun, anda bisa membuat batu marmer menjadi lebih halus dalam penggunaan pembangunan rumah.

c. Pola yang Khas

Batu marmer memiliki pola yang khas yang akan membuat anda sangat mudah mengenalinya, yaitu bentuk kristal yang terlihat terang. Biasanya pola batu marmer berbentuk garis batuan atau bahkan berbentuk garis. 

Perbedaan Batu Marmer Dengan Batu Alam Lainnya

Batu marmer merupakan jenis batuan alam. Namun, apa yang membedakan batu yang satu ini dengan batu alam lainnya? Anda bisa membandingkan batu marmer melalui daya tahan, motif, dan karakteristik. 

Meski ada beberapa batu alam lain yang memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan batu marmer, tetapi batu marmer juga memiliki ketahanan yang tidak kalah kuatnya. Namun, batu marmer memang kurang kuat menghadapi goresan sehingga disarankan untuk tidak menjadikannya bahan dalam pembuatan dapur. 

Perbedaan batu marmer dengan batu alam lainnya yang sangat jelas terlihat adalah motif yang terbentuk. Ada beberapa batu yang memiliki motif bintik, seperti batu granit. Sedangkan batu marmer memiliki motif garis tipis yang terbentuk karena endapan kotoran mineral yang menyusunnya. 

Perbandingan terakhir yang harus anda ketahui adalah karakteristik batu marmer dibandingkan batu alam lainnya. Beberapa batu alam memang akan menyerap cairan asam sehingga bisa menyebabkan noda. Sedangkan batu marmer sangat mudah menyerap asam hingga akan berisiko rusak. 

Jenis Batu Marmer Asli

Ada banyak sekali jenis batu marmer dengan bentuk pola dan warna yang berbeda. Semua jenis marmer tersebut memiliki keunikan tersendiri yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam membangun interior rumah. Inilah jenis-jenis marmer yang harus anda ketahui:

1. Shell Marble

Jenis marmer yang satu ini termasuk jenis batu marmer yang termasuk langka dengan warna hitam dan motif putih. Shell marble terbentuk dari fosil yang membentuk warna hitam tersebut. 

2. Ruin Marble

Batu marmer yang berasal dari Italia Tengah ini memiliki corak yang sangat kontras, seperti campuran warna putih terang, hitam gelap, abu-abu, dan cokelat yang membuatnya tidak menyatu. Namun, itulah keunikan dari ruin marble. 

3. Cipollino

Kalau anda melihat batu marmer dengan warna putih dan hijau dengan corak seperti lapisan bawang merah, maka kemungkinan anda sedang melihat jenis batu marmer dengan sebutan cipollino. Batu cipollino sendiri berarti batu bawang, sebuah nama yang berasal dari Yunani.

4. Breksi

Breksi merupakan batu marmer yang berasal dari Italia dengan ciri khas berwarna krem dengan tekstur yang agak kasar. 

5. Makrana

Jenis batu marmer yang satu ini berasal dari India dan sangat terkenal sebagai salah satu bahan dalam pembuatan Taj Mahal. 

6. Etowah

Kalau anda menyukai warna yang lembut, maka batu marmer etowah sangat cocok bagi anda. Etowah memiliki warna yang lembut, seperti merah muda dan rose. Batu yang satu ini berasal dari Georgia. 

7. Kreol

Satu lagi batu marmer yang berasal dari Georgia, yaitu batu marmer kreol. Ciri-ciri marmer kreol dapat anda kenali dari tekstur yang kasar dengan warna putih, hitam, abu-abu, biru muda, hingga biru tua. 

8. Pentelic

Batu marmer dengan warna putih dan memiliki tekstur halus ini berasal dari Yunani. Pentelic ditambang dari gunung Pentelicus.

9. Statuario

Statuario merupakan jenis batu marmer yang berasal dari Italia dan sering digunakan sebagai bahan membuat patung terkenal di dunia. Batu yang satu ini memiliki warna putih yang terang. 

10. Carrara

Warna biru abu-abu menjadi ciri khas dari jenis batu marmer yang satu ini. Carrara sering digunakan sebagai bahan untuk membangun kuli terkenal, seperti kuil Proserpina. 

11. Onyx

Onyx merupakan salah satu jenis batu marmer yang cukup sulit dikenali karena corak dan warna yang beragam. Kandungan mineral yang beragam dari batu yang satu ini memang membuatnya cukup sulit untuk dikenali. 

12. Ornamental

Batu yang satu ini konon sering digunakan sebagai bahan untuk membuat patung dewa Olympus karena memang batu ini berasal dari Yunani. Ornamental memiliki tekstur yang agak kasar.

13. Architectural 

Jenis batu marmer yang terakhir ini merupakan batu marmer yang paling kuat sehingga sangat cocok digunakan untuk interior rumah. Pola dari batu marmer yang satu ini juga beragam. Namun, umumnya berwarna putih dengan sedikit warna abu-abu. 

Berikut Penggunaan Marmer Dalam Arsitektur Modern

Berdasarkan karakteristik dan jenis batu marmer yang telah disebutkan sebelumnya, ada penggunaan marmer dalam arsitektur modern yang dapat anda pertimbangkan. Inilah penggunaan marmer dalam arsitektur modern:

a. Lantai

Anda dapat menggunakan batu marmer sebagai lantai interior rumah karena batu yang satu ini terkenal kuat dan mudah dibersihkan. Kelemahan dari batu marmer sebagai lantai hanyalah mudah menyerap asam yang dapat membuatnya kotor. Tetapi, kelemahan ini dapat anda atasi dengan cara menutupi pori dari batu marmer dengan menggunakan batu kerikil atau pasir. 

Penggunaan batu marmer yang tepat pada lantai rumah akan membuat rumah anda tampak indah dengan lantai yang berkilau seperti ditanami kristal. Namun, pastikan anda menggunakan jenis batu marmer dengan warna dan pola yang tepat. 

b. Dinding

Selain digunakan sebagai lantai, anda juga bisa menggunakan batu marmer sebagai dinding. Namun, pastikan anda tidak menggunakan batu marmer untuk membuat dinding dapur karena aktivitas memasak dapat membuat marmer mudah ternoda. Batu marmer kasar hingga halus sangat cocok digunakan sebagai dinding rumah modern. 

c. Bangunan Ikonik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau batu marmer sering digunakan sebagai bahan pembuat patung terkenal dan bangunan ikonik, seperti kuil, Taj Mahal, dan lain sebagainya. Batu marmer juga dapat anda manfaatkan kalau ingin membuat bangunan ikonik atau ruangan yang mencolok dalam rumah anda. 

Itulah beberapa pengertian, jenis, dan penggunaan batu marmer yang dapat anda manfaatkan. Jika anda tertarik untuk mendesain rumah anda menggunakan batu marmer, maka anda dapat mengunjungi MM Galleri. MM Galleri telah berdiri sejak 1992 dan menyediakan berbagai jenis batuan alam dengan kualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.