...

Semakin berkembangnya teknologi membuat semua hal dapat diciptakan dengan lebih baik sehingga memudahkan pekerjaan manusia. Dulunya, manusia hanya menggunakan beberapa bahan yang tersedia oleh alam sebagai bahan arsitektur. Karena itu, batu ini sering dijadikan bahan arsitektur. 

Kini dengan berkembangnya teknologi, tentu saja ada banyak bahan arsitektur lain yang diciptakan. Salah satunya adalah peniru batu alam yang biasa disebut dengan nama dekton. Apa itu dekton? Kenapa bahan material yang satu ini disebut peniru batu alam. Ketahui tentang dekton lebih dalam lagi untuk mengetahui jawabannya. 

Mengenal Dekton 

Dekton adalah sebuah batu yang tercipta dari 20 mineral yang didapatkan oleh alam. Dengan istilah tersebut dekton juga sering disebut sebagai dekton aura natural karena memang menggunakan mineral yang natural. 

Karena terbuat hingga 20 mineral yang tersedia di alam, dekton dianggap sebagai bahan bangunan terbaik yang meniru semua sifat positif dari batu alam. Namun, tidak memerlukan perawatan yang terlalu ribet. Maka dari itu, banyak yang menggunakan dekton dalam membuat desain suatu ruangan. 

Batu buatan yang satu ini juga memiliki tampilan yang tidak dianggap remeh kalau dibandingkan dengan batu alam. Dekton juga akan membantu membuat ruangan menjadi tampak lebih elegan dan mewah. 

Komposisi Pembuatannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau dekton terbuat dari 20 mineral dari alam. Beberapa mineral yang membentuk dekton adalah porselen, kuarsa, dan kaca. Selain itu, memang masih banyak mineral lainnya yang membentuk dekton, tetapi ketiga mineral tersebut yang lebih dominan. 

Porselen sendiri merupakan bahan yang sering digunakan untuk membentuk penampilan pada keramik. Mineral yang satu ini umumnya terbuat dari kaolin yang dibakar pada suhu yang sangat tinggi. Kaolin sendiri adalah batuan yang terbuat dari material lempung. 

Sedangkan kuarsa adalah mineral yang umum terdapat di kerak bumi atau permukaan bumi. Mineral yang satu ini terkenal memiliki bentuk kristal dan tembus cahaya. Kuarsa sendiri terbuat dari silika, senyawa kimia yang lebih kita kenal dengan nama silikon. 

Terakhir, kaca merupakan mineral yang kita kenal secara umum. Biasanya mineral kaca pada dekton lebih sering dibuat pada permukaannya saja agar bisa membuat tampilan yang lebih mewah dan elegan. 

Keistimewaan Dekton Sebagai Batu Buatan

Sebenarnya dekton bisa dibilang sebagai tiruan batu alam yang dibuat oleh manusia. Karena dibuat dengan teknologi yang sangat canggih, dekton memiliki kelebihan dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh batu alam lainnya. Inilah beberapa kelebihan dan keistimewaan dekton sebagai batu alam yang harus anda ketahui:

a. Memenuhi Kebutuhan Arsitektur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau dekton terbuat dari 20 mineral dari alam. Kebanyakan dari mineral tersebut memiliki sifat yang sangat kuat dan sulit untuk dihancurkan sehingga membuat batu dekton juga sangat kuat. 

Dengan kekuatan tersebut, batu dekton sering kali digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang arsitektur. Kelebihan yang dimiliki oleh dekton ini membuatnya sering dijadikan lantai, dinding, tangga, pagar, hingga banyak hal lainnya dalam bidang arsitektur. 

Dengan terciptanya dekton, tentu saja dunia arsitektur sangat terbantu karena sudah ada bahan yang bisa melengkapi berbagai kebutuhan. Terlebih dekton juga cocok digunakan dalam ruangan ataupun luar ruangan. 

b. Ketahanan Terhadap Cuaca

Dekton juga telah teruji memiliki ketahanan terhadap cuaca yang ekstrem. Berbagai mineral yang membuat dekton juga tahan akan panas sehingga tidak akan mudah rusak begitu terpapar cahaya matahari yang sangat panas. 

Tidak hanya itu saja, dekton juga tahan terhadap siraman air hujan. Dekton memang memiliki kelebihan anti air yang membuatnya tidak akan mudah rusak atau meninggalkan noda begitu terkena hujan. 

Ketahanan terhadap cuaca ini akan sangat anda butuhkan di luar ruangan atau di dalam ruangan. Di luar ruangan, tentu saja dekton akan membantu untuk menjaga rumah bertahan dari segala cuaca. Di dalam ruangan, batu dekton dapat menahan suhu panas dari luar ruangan sehingga menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk. 

c. Anti Noda

Anda pasti akan senang menggunakan dekton sebagai lantai, dinding, meja, kursi, dan berbagai dekorasi lainnya karena batu buatan yang satu ini sudah dibuat dengan teknologi anti noda. Kalau ada noda yang mengenai dekton, anda hanya perlu mengelapnya saja. 

Biasanya beberapa jenis batu buatan meninggalkan noda, seperti batu marmer yang akan bernoda kalau terkena asam atau batu kapur akan rapuh kalau terkena air dalam waktu yang lama. 

Sedangkan dekton memang memiliki kelebihan dari kedua jenis batu tersebut karena mengambil mineral yang kurang lebih sama, tetapi kelemahan tersebut tidak akan anda temukan pada dekton. 

d. Warna dan Pola Menarik

Warna dan pola dekton cukup menarik dengan tampilan polos yang tampak elegan. Jika ada pola, biasanya hanya pola tipis yang tidak membuat ruangan menjadi “heboh”. Dekton biasanya memiliki warna putih, hitam, abu-abu, dan lain sebagainya. Karena terbuat dari teknologi yang sangat canggih, pada umumnya tampilan dekton dapat mengikuti keinginan anda. 

e. Tekstur yang Menarik

Sudah dikatakan sebelumnya kalau dekton juga mengandung kaca sehingga membuat tekstur yang menarik. Dekton memiliki tekstur yang mengkilap sehingga meninggalkan kesan yang mewah dan elegan. Dengan tekstur yang menarik tersebut, dekton lebih sering dijadikan lantai, dinding, meja, dan berbagai furniture lainnya. 

f. Ukuran yang Beragam

Dekton tidak memiliki ukuran yang pasti karena dapat menyesuaikan dengan keinginan anda. Kelebihan yang satu ini membuat dekton sangat mudah diaplikasikan dalam bangunan apa saja dan kondisi apa saja. Ukuran yang beragam ini membuat dekton sangat mudah digunakan sesuai keinginan anda. 

Teknologi yang canggih memang membuat dekton sudah memiliki tampilan yang sesuai keinginan dengan ukuran yang tepat pula. Namun, memang membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk membuat dekton sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. 

g. Perawatan Mudah

Dengan segala kelebihan tersebut, ternyata perawatan dekton sangatlah mudah. Anda tidak memerlukan alat khusus atau perawatan khusus untuk merawat dekton. Cukup siapkan beberapa alat saja, seperti air bersih, produk pembersih, dan kain yang lembut untuk merawat dekson. 

Siram air bersih yang telah dicampur dengan produk pembersih ke permukaan dekton. Setelah itu, lap menggunakan kain lembut dan bersih. Biarkan dekton mengering sendiri dan kembali mengkilap. 

Pemilihan Dekton Untuk Kebutuhan Bangunan Anda

Dekton merupakan batu yang punya banyak sekali kelebihan. Namun, harus dipilih dengan seksama agar mendapatkan dekton dengan kualitas terbaik. Anda bisa memilih dekton dengan tampilan dan ukuran yang sesuai keinginan. Jangan lupa juga untuk melakukan beberapa pengujian, seperti uji kekuatan, uji keasaman, dan uji ketahanan terhadap panas. 

Dekton memang merupakan batu buatan yang sangat berkualitas, tetapi masih sangat jarang ada dekton di Indonesia. Salah satu tempat anda bisa membeli dekton di Indonesia hanyalah MM Galleri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.