Batu alam merupakan sebuah batu yang terbentuk dari proses alamiah, seperti pembakaran pada suhu yang sangat tinggi di dalam perut bumi, pengendapan karena cuaca, atau pembekuan setelah keluar dari perut bumi. Ada banyak manfaat dari batu alam, seperti bahan untuk membangun suatu gedung, bahan furniture, dekorasi suatu ruangan, dan lain sebagainya. 

Ada banyak sekali jenis batu alam yang biasa dimanfaatkan manusia, seperti marmer, batu candi, batu gamping, batu andesit, batu palimanan, dan lain sebagainya. Hampir semua batu tersebut memiliki bentuk yang indah sehingga cocok dijadikan dekorasi suatu ruangan. Ada satu lagi batu indah yang harus anda kenali, yaitu batu granit. Batuan granit memang menjadi salah satu batu dengan nilai estetika tinggi dan inilah sekilas tentang batu granit. 

Mengenal Granit Sebagai Batu Alam

Batu granit adalah batuan beku yang telah melalui proses pembentukan pada suhu yang sangat tinggi lalu dilanjutkan dengan pendinginan pada suhu yang sangat rendah. Dari proses pembentukkan tersebut, terbentuklah batu granit dengan ketahanan yang sangat kuat dan tekstur yang kasar. 

Batu granit pada umumnya memiliki tampilan dengan warna yang cerah, seperti putih, abu-abu, krem, merah, dan sebagainya. Ukuran granit sendiri bermacam-macam, tetapi kini sudah bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Asal & Proses Pembentukannya

Kalau berbicara asal dan proses terbentuknya batu granit, maka anda harus melihat berjuta tahun ke belakang serta melihat dari dalam perut bumi karena batu granit berasal dari dalam perut bumi dengan proses pembentukan yang sangat lama. 

Batu granit terbentuk saat magma di dalam perut bumi bergerak. Magma yang mendapatkan tekanan dari bawah akan terus mengalir ke atas hingga berada di bawah lapisan tanah. Suhu di dekat lapisan tanah yang lebih dingin akan membuat magma mengalami kristalisasi sehingga terbentuklah batu granit. 

Meski terlihat sebagai proses yang cukup mudah, tetapi butuh waktu hingga puluhan tahun agar batu granit bisa terbentuk. Karena itu, batu alam yang satu ini memiliki harga yang cukup tinggi karena memang ketersediaannya yang terbatas. 

Komposisi Bahan

Komposisi bahan batu granit didominasi oleh feldspar dan kuarsa. Feldspar merupakan mineral yang berbentuk batuan kristal yang berada di kerak bumi, sedangkan kuarsa adalah mineral tembus pandang yang sangat mirip dengan kristal. Kuarsa juga berasal dari kerak bumi. Kedua mineral ini yang membuat batu granit tampak seperti kristal. Kandungan feldspar di dalam batu granit bisa mencapai 65% hingga 90%, sedangkan komposisi kuarsa sekitar 10% sampai 50%. 

Selain kedua kandungan dominan tersebut, batuan granit juga mengandung plagioklas natrium. Plagioklas merupakan mineral yang mengandung kalsium dan natrium, sedangkan plagioklas natrium lebih dominan akan unsur natrium. Batu marmer umumnya maksimal hanya mengandung plagioklas natrium sebanyak 35% saja. 

Keunggulan Granit

Ada banyak batu alam yang bisa dimanfaat untuk pembangunan rumah, pembuatan furniture, dan berbagai hal lainnya. Batu alam, seperti marmer, batu candi, batu andesit, batu gamping, dan lain sebagainya memiliki keunggulan tersendiri. Lalu, apa keunggulan dari granit yang membuatnya berbeda dibandingkan batu alam lainnya? 

a. Variasi Pola

Keunggulan batu granit yang pertama adalah variasi pola yang akan membuat suatu ruangan menjadi lebih indah. Granit pada umumnya memiliki pola vein atau garis-garis tipis seperti urat. Namun, dalam bentuk yang tidak beraturan. Pola ini yang membuat batu granit menjadi lebih indah dan memiliki daya tarik tersendiri. 

Tidak hanya berupa garis-garis tipis seperti urat saja, tetapi beberapa batu granit juga memiliki pola yang seperti pasir dengan hamparan bintik kecil. Ada pula batu granit yang membentuk pola seperti pusaran angin. 

Dengan variasi pola yang sangat beragam, anda bisa menjadikan batu granit sebagai bahan untuk membuat lantai atau dinding suatu ruangan. Tidak terbatas pada dalam ruangan saja, tetapi juga di luar ruangan. Anda bisa memilih pola batu granit yang disesuaikan dengan tema yang akan anda gunakan. 

b. Visual & Tekstur

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau batu granit juga merupakan salah satu batu yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi karena memiliki tampilan visual yang memanjakan mata. Batu granit pada umumnya memiliki warna terang dengan pola garis tipis atau bintik kecil seperti pasir. 

Tekstur dari batu alam yang satu ini juga sangat keras sehingga tidak perlu diragukan lagi kekuatannya untuk menjadi pondasi dalam pembangunan suatu gedung. Bukan hanya menjadi pondasi gedung, tetapi batu granit juga bisa dimanfaatkan untuk membuat furniture.

c. Ketahanan & Keawetan

Ketahanan dan keawetan batu granit tidak perlu dipertanyakan lagi karena memang memiliki umur yang panjang. Dengan perawatan yang tepat, maka batu granit dapat digunakan seumur hidup. Maka dari itu, anda harus melakukan perawatan yang tepat pula pada batu granit. 

Penggunaan Granit Dalam Interior & Eksterior

Batu granit sering dimanfaatkan dalam pembangunan interior ataupun eksterior suatu ruangan. Warna yang cukup terang dan cerah dari batu granit akan membuat interior suatu ruangan menjadi lebih cerah. Dalam interior suatu ruangan, batu granit sering dimanfaatkan sebagai ubin lantai, anak tangga, dan dinding. 

Bukan hanya menjadi ubin kayu atau dinding saja, tetapi batu granit juga sering dimanfaatkan sebagai furniture suatu ruangan, seperti meja atau kursi. Keindahan dari batu granit juga sangat cocok dijadikan dekorasi interior suatu ruangan. 

Sebagai eksterior suatu ruangan, batu granit juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar konstruksi jembatan, pembangunan rel kereta api, pembangunan jalan raya, dan sebagainya. Dalam hal eksterior rumah, anda bisa memanfaatkan batu granit untuk membuat dinding atau lantai ruangan teras. Selain itu, batu granit juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan patung. 

Perawatan Granit

Granit memang memiliki ketahanan dan umur yang panjang, tetapi anda juga harus merawatnya agar batu yang satu ini tetap memiliki tampilan yang bagus sepanjang umurnya. Merawat batu granit sebenarnya tidaklah sulit karena hanya perlu menyiapkan air bersih, produk kebersihan lantai, kain bersih atau pel.

Seperti membersihkan lantai pada umumnya, siapkan air bersih di dalam ember yang dituang dengan produk kebersihan lantai. Setelah itu, mulailah membersihkan batu granit dengan menggunakan kain bersih atau pel yang lembut. Jangan sampai menggunakan bahan yang kasar karena akan membuat granit tergores. 

Setelah selesai membersihkan granit menggunakan air yang dicampur dengan produk kebersihan, selanjutnya anda harus membersihkan kembali granit dengan menggunakan air bersih yang tidak dicampur dengan bahan apapun. Terakhir, lap kembali dengan kain lembut yang kering untuk mengeringkan batu granit. Jangan pernah membiarkan granit kering sendiri karena bisa meninggalkan bercak air. 

Granit memang salah satu batu alam yang indah kalau anda manfaatkan sebagai interior atau eksterior rumah anda. Kalau anda memang sangat tertarik menggunakan batu granit, maka anda bisa menghubungi MM Galleri. MM Galleri menyediakan batu granit yang berkualitas dengan berbagai pola yang indah. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *