...

Lantai teras depan bukanlah sekadar fondasi atau alas yang menopang bangunan. Sebaliknya, lantai teras depan rumah adalah bagian penting dalam menciptakan kesan pertama bagi setiap pengunjung yang datang. 

Oleh karena itu, memilih model lantai teras depan rumah cukup penting supaya hunian terlihat sedap dipandang. Nah ada beberapa referensi buat anda yang bingung ketika hendak memilih model apa yang cocok untuk lantai teras depan rumah. Simak penjelasan berikut ya!

1. Lantai Porselen

Lantai porselen cukup populer dan sering digunakan dalam lantai. Porselen ini hampir mirip dengan ubin, porselen dibentuk dari tanah liat alami yang kemudian dikeraskan oleh suhu panas yang tinggi. Sehingga daya tahannya lebih baik daripada bahan keramik biasa. 

Salah satu keunggulan dari porselen adalah lebih tahan air daripada keramik lainnya karena komposisinya terdiri dari campuran tanah liat kaolin khusus, yang mana lebih halus dan lebih padat. Selain itu, lantai porselen juga bisa tahan cuaca ekstrem, ini yang membuat lantai porselen sangat cocok digunakan untuk lantai teras rumah. 

Paparan sinar matahari yang terus menerus mengenai teras rumah saat musim panas atau pun cuaca dingin ekstrim saat musim hujan, tidak menjadi masalah jika Anda menggunakan lantai porselen. Porselen biasanya hanya berwarna polos tanpa adanya motif, sehingga pemasangannya terbilang mudah. 

2. Lantai Kayu

Selain porselen, kayu merupakan material yang cukup populer di dunia interior. Disamping harganya yang sedikit lebih mahal dibanding material lainnya, namun kayu menawarkan berbagai macam keunggulan. Anda dapat menemukan kelebihan kayu berdasarkan dengan jenis kayu yang Anda pilih.Semakin berkualitas kayu tersebut tentunya semakin banyak juga keunggulannya.

Beberapa keunggulan menggunakan kayu pada lantai adalah dapat meredam suhu panas yang berlebihan pada ruangan dan mudah dipadu padankan dengan interior ruangan. Sehingga akan terlihat match disandingkan dengan desain interior model apapun

3. Batu Alam

Berbeda dengan 2 material sebelumnya, model yang satu ini menggunakan batu alam. Ada beberapa jenis batu alam yang dapat digunakan seperti Granit dan batuan sejenisnya. Meskipun harganya jauh lebih mahal dari keramik, namun sebanding dengan tampilannya yang memang jauh lebih mempesona.

Ada beberapa alasan mengapa batu alam cocok untuk lantai teras anda. Dari segi keindahan, masing masing batu memiliki tekstur, pola, dan warna yang unik sehingga menghasilkan tampilan yang khas pada lantai. Dari segi ketahanan, batu alam memiliki ketahanan yang luar biasa sehingga dapat menahan beban yang berat dan tekanan yang tinggi.

Granit juga memiliki kualitas warna dan motif yang menarik untuk kebutuhan lantai teras depan yang menjadi kesan pertama visual rumah Anda. Dengan menggunakan Granit dari MM Galleri, Anda menampakkan visual depan rumah Anda menarik dan memiliki estetika khusus untuk siapapun yang melihat.

4. Lantai Beton

Lantai beton atau sering disebut sebagai lantai semen poles sering ditemukan pada pembangunan rumah, gedung, sekolah, dan bangunan lainnya. Nah lantai beton ini dulu sangat populer sebelum adanya keramik. Jadi gak heran kalau anda berada di rumah pedesaan menemukan lantai beton.

Salah satu keunggulan lantai beton adalah memiliki daya tahan yang lebih baik daripada kayu dan keramik. Tekstur beton juga kasar, jadi anda tidak perlu khawatir terpeleset ketika lantai terkena hujan atau air.

Apabila teras Anda digunakan untuk areal parkir juga, maka pilihan lantai beton sangatlah cocok. Daya tahan yang dimiliki oleh lantai beton sangat tinggi dibandingkan dengan bahan lain. Jadi akan sangat aman Anda gunakan untuk aktivitas kendaraan.

5. Deck Kayu

Deck kayu atau yang biasa dikenal dengan tile dek merupakan kumpulan dari beberapa potongan kayu kecil yang dilengketkan sehingga membentuk sebuah papan. Model lantai dengan deck kayu ini memberikan beberapa keunggulan seperti motif kayu yang beraneka ragam dapat memberikan kesan alami dan natural. 

Lantai deck kayu lebih empuk dibandingkan material lainnya, sehingga wajar bila kerapkali kita melihat lantai parket sering digunakan untuk saran olahraga. hal ini bertujuan untuk meminimalisir cedera bila terjadi kecelakaan.

Lantai deck kayu juga memiliki beragam varian, seperti decking kayu ulin, bengkirai, rengas, dan merbau. Ketiga varian tersebut memiliki bentuk yang sama, yang membedakan adalah warnanya. Sehingga Anda bisa menyesuaikan warna lantai deck kayu dengan dekorasi maupun furniture kayu yang suda ada di teras Anda.  

6. Lantai Mozaik

Jika Anda bosan dengan desain lantai yang polos atau corak tertentu, maka lantai dengan model mozaik sangat cocok buat anda. Karena pada dasarnya model mozaik adalah pola dan warna yang beraneka dan terkesan tak teratur. Mozaik menjadi bahan material yang kokoh dan terpercaya dalam menghidupkan suasana ruangan. 

Mozaik terbuat dari dari campuran porselen, kaolin, dan bahan khusus dan dimasukkan ke dalam oven yang dibakar pada suhu 2.200ºC selama 24 jam. Bentuk akhirnya adalah kepingan yang kemudian dirangkai di atas sebuah jaring berbahan nilon, mirip benang. Jaring ini berfungsi sebagai pengikat sekaligus perekat kepingan mozaik yang memang berukuran kecil.

7. Lantai Karpet Outdoor

Lantai karpet outdoor umumnya terbuat dari serat sintetis yang tahan lama dan tahan terhadap kondisi luar ruangan. Beberapa material yang sering digunakan termasuk polipropilena, poliester, atau serat sintetis lainnya yang memiliki daya tahan terhadap sinar UV, kelembaban, dan noda. Material ini dipilih karena kemampuannya untuk tetap terlihat bagus dan awet di bawah paparan sinar matahari dan hujan.

Beberapa karpet outdoor dilengkapi dengan lapisan bawah yang tahan air atau ventilasi yang memungkinkan aliran udara, sehingga mencegah pembusukan dan pertumbuhan jamur di bawah karpet. Namun, tetap harus diperhatikan untuk perawatannya. Perawatan rutin seperti penyiraman, penyedotan debu, dan pembersihan noda juga diperlukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lantai karpet outdoor.

8. Lantai Berpola

Lantai berpola adalah salah satu opsi yang menarik untuk memberikan sentuhan artistik dan kreatif pada lantai teras depan rumah Anda. Berbeda dengan lantai polos yang biasa, lantai berpola menawarkan berbagai motif dan desain yang dapat disesuaikan dengan gaya dan preferensi estetika Anda. Berikut beberapa pola yang bisa jadi referensi buat Anda: 

  1. Geometris

Pola pertama yaitu pola geometris mencakup garis-garis, pola kotak-kotak, dan segi tiga yang teratur. Pola ini seringkali memberikan tampilan yang modern dan kontemporer pada teras depan rumah.

  1. Floral

Selanjutnya, yaitu pola floral atau bunga sering kali menghadirkan nuansa alami dan romantis pada teras depan rumah. Motif bunga yang indah dan beragam dapat memberikan kesan yang segar dan menyenangkan.

  1. Abstrak

Pola abstrak cenderung lebih bebas dan eksperimental, dengan kombinasi warna dan bentuk yang unik. Pola ini cocok untuk mereka yang menginginkan tampilan yang berani dan tidak konvensional.

  1. Mosaik

Terakhir, pola mosaik terdiri dari potongan-potongan kecil yang disusun sedemikian rupa untuk membentuk gambar atau motif tertentu. Pola mosaik sering kali memberikan kesan artistik dan menarik pada teras depan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.