...

Apa nih yang tersirat di benak Anda saat mendengar batu onyx? Batu yang digunakan sebagai mata akik? Yap, itu juga salah satu kegunaan dari batu onyx. Karakteristik dan keunggulan yang dimilikinya membuat batu onyx banyak digunakan dan menarik perhatian dari segi motif dan warnanya. 

Mengenal Batu Onyx

Batu ini dulunya sangat populer pada zaman Yunani dan Romawi kuno. Bahkan termasuk salah satu batuan yang sangat dihargai. Nama Onyx sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti paku. Dalam keyakinan Yunani, paku ini milik dari Dewi Venus. 

Percikan paku yang dimiliki oleh Dewi Venus inilah yang kemudian berubah menjadi batu. Pada zaman Yunani Kuno batu Onyx juga diyakini memiliki kekuatan yang digunakan sebagai penyembuhan serta sifat spiritual lain. 

Teksturnya yang mewah, unik, dan elegan membuat batu ini sangat cocok digunakan sebagai bahan perhiasan. Tidak mengherankan jika mungkin sebagian dari Anda mengenal batu Onyx digunakan sebagai mata akik.

Batu Onyx biasa disebut juga dengan marmer Onyx. Jenis bebatuan satu ini terkenal karena sifatnya yang mampu menembus cahaya. Lambat laun batu Onyx juga digunakan sebagai bahan interior. Tak jarang juga batu onyx digunakan sebagai bahan eksterior ruangan. 

Anda bisa menemui interior dengan batu Onyx pada rumah mewah, hotel, restoran, dan lainnya. Keunikan dan sifatnya yang tidak dimiliki oleh jenis batuan lain menjadikan batu onyx istimewa dan digunakan untuk desain interior. 

Sifatnya yang tembus cahaya membuat batu Onyx sering digunakan sebagai tambahan backlighting. Nah, Anda juga bisa lebih hemat energi dengan menggunakan batu Onyx. Cukup dengan lampu dengan watt yang rendah, pencahayaan ruangan Anda akan terbantu dengan adanya batu Onyx.

Variasi warna yang dimiliki oleh batu Onyx cukup beragam. Namun, yang sering ditemukan biasanya berwarna krem, hijau, dan merah. Batu Onyx bisa dibilang mirip dengan batu permata. Sebab  motif acak yang dimilikinya. 

Keunggulan Translucency Batu Onyx

Nah, biar gak semakin penasaran. Berikut merupakan beberapa keunggulan dari batu Onyx:

1. Tampak hampir seperti kaca

Keunggulan pertama dari batu Onyx yaitu tampak hampir seperti kaca, inilah yang membuat batu Onyx seringkali digunakan sebagai interior mewah. Sebab, bahannya yang seperti kaca akan menarik perhatian tamu yang berkunjung. Apalagi Anda menambahkan cahaya tambahan di sekitar interior batu Onyx, keunggulannya akan semakin terpancar. 

Keunggulan ini tercipta dari kandungan mineral yang terdapat dalam batu Onyx. Adapun ragam mineral tersebut yaitu chalcedony dan cryptocrystalline. Mineral cryptocrystalline masih terbagi lagi menjadi intergrowth, kuarsa halus kalsedon, silika, dan moganite. 

2. Memancarkan cahaya

Selanjutnya keunggulan dari batu Onyx yaitu mampu memancarkan cahaya. Inilah yang membuat adanya batu Onyx di rumah Anda bisa menghasilkan kesan mewah dan elegan. Pancaran cahaya yang dihasilkan memiliki nilai estetika yang tinggi. Sebab menghasilkan pola, motif, dan warna yang ada pada pelapis batu Onyx. 

3. Menciptakan efek visual 

Endapan silika yang terdapat dalam rongga gas lava ketika proses pembuatannya membuat batu onyx menghasilkan corak unik yang mungkin tidak Anda temukan pada corak batuan lainnya. Sangat menarik bukan?

Corak batu Onyx dihasilkan dari proses alam yang diproses dan menjadikannya pilihan yang istimewa untuk desain interior. Dengan menggunakan batu Onyx, Anda akan memiliki desain yang eksklusif dan tidak mudah disamai. Kesan mewah akan begitu mudah tersampaikan tanpa adanya sentuhan yang berlebihan. 

Sekalipun Anda letakkan pada ruangan yang sederhana, batu Onyx tetap bisa menciptakan efek visual yang tiada duanya. 

Aplikasi Desain Interior dengan Batu Onyx yang Tembus Cahaya

Keunikan serta keunggulan batu Onyx membuatnya banyak digunakan pada beberapa desain interior. Meskipun untuk saat ini masih terbilang jarang dan belum terlalu biasa digunakan. Namun penambahan material ini bisa membuat ruangan lebih terkesan. 

Tidak hanya sebagai elemen dekoratif, keindahan yang dimiliki oleh batu Onyx bisa membuat nilai jual bangunan yang menggunakan material ini dapat meningkat seiring dengan bertambahnya tahun. Ini akan menjadi pilihan investasi yang cocok untuk Anda lakukan. Berikut merupakan beberapa aplikasi desain interior dengan batu Onyx:

  1. 1. Countertop Resepsionis

Kalau Anda ingat, ketika berkunjung ke restoran ataupun hotel, pastinya meja resepsionisnya terlihat lebih mencolok dibandingkan dengan dekorasi lainnya yang ada di lobby atau ruang utama yang ada di restoran. 

Nah, keindahan yang mewah dan elegan tersebut dihasilkan dari material batu Onyx. Pemanfaatan cahaya dan backlighting yang baik akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari pengaplikasian batu Onyx. 

  1. 2. Countertop Dapur

Selanjutnya yaitu countertop dapur. Buat Anda yang hobi memasak menghabiskan waktu lama di dapur tentu menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi dapur Anda penuh keindahan dengan keunikan batu Onyx. Motif dan warna yang tampak dari batu Onyx membuat countertop dapur menjadi furniture yang paling menyala di ruangan ini.

Namun, sebaiknya Anda menggunakannya untuk bagian dinding yang diaplikasikan secara vertikal. Ini akan lebih membantu batu alam Onyx lebih awet lagi. Meskipun bisa juga digunakan sebagai countertop. Perlu Anda ingat bagian atas dapur tentu akan terkena cipratan masakan Anda.

  1. 3. Pembatas ruangan 

Sifat tembus cahaya yang dimiliki oleh batu Onyx bisa membuatnya digunakan sebagai pembatas ruangan. Semisal Anda gunakan untuk menyekat ruang tamu dengan ruang keluarga, Anda tetap bisa melihat siapa yang berada di ruang tamu ketika Anda berada di ruang keluarga. 

Backlighting pada pembatas ruangan ini akan memancarkan keindahan yang berbeda dengan jenis pembatas ruangan lainnya semisal yang terbuat dari kayu. Nah, ini bisa menjadi poin untuk Anda menampilkan keindahan batu Onyx yang menarik perhatian. 

Anda tertarik menggunakan batu Onyx sebagai material interior Anda? Nah, ada baiknya Anda mengandalkan penyedia batu Onyx yang telah berpengalaman seperti MM Galleri Indonesia. Anda akan dibantu menemukan corak dan warna sesuai dengan keinginan Anda. Apalagi Anda membutuhkannya dalam jumlah yang besar, pastikan ketersediannya ya. 

Di sini Anda bisa melakukan konsultasi dengan MM Galleri Indonesia dan desainer interior, loh. Sehingga, apa yang ingin Anda hadirkan dalam hunian Anda bisa diaplikasikan dengan baik. Lokasi dari MM Galleri Indonesia juga mudah dijangkau dan strategis. 

Bagi Anda yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, bisa kunjungi kami di Jl. Letjen Wahono No.88 (Jalan raya Bypass Juanda), Kecamatan Sedati Gede, Sidoarjo. Sedangkan bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mengunjungi kami di Jl. Pembangunan 3 No.33 Blok A-B RT 01 RW 014, Kecamatan Neglasari, Tangerang. 

Anda juga bisa berbelanja secara online dengan mengunjungi laman kami di mmgalleri.id. Pastikan Anda telah berkonsultasi melalui customer service kamu ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.