...

Pentingnya pemilihan bahan untuk konstruksi rumah menjadi perhatian utama. Jika tujuannya adalah mencapai kombinasi estetika dan ketahanan yang optimal, batu Granit menjadi opsi yang sangat tepat. Batuan ini dianggap sebagai material mewah di samping batu Marmer, harga serta kualitasnya pun bervariasi seperti Marmer. 

Oleh karena itu, keberhasilan proyek konstruksi bergantung pada kepastian bahwa Granit yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan harga yang tepat. Selain itu, perlu dipahami berapa banyak kebutuhan batu ini dalam pembuatan elemen seperti lantai, dinding, atau meja dalam rumah. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui cara memilih  Granit berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Tentukan Sesuai Kebutuhan

Jika Anda tidak ingin uang yang dikeluarkan terlalu banyak saat membeli kebutuhan Granit yang akan digunakan, hitung dan buat perencanaan dengan teliti untuk menghindari risiko kelebihan atau kekurangan saat pemasangan. Tahap awal dalam perhitungannya melibatkan penentuan luas ruangan yang akan diberi lapisan Granit. Caranya adalah dengan mengukur panjang dan lebar ruangan, kemudian mengalikan keduanya. Sebagai contoh, jika ruangan memiliki panjang 5 meter dan lebar 4 meter, luasnya adalah 20 meter persegi.

Selanjutnya, hitung luas keping Granit dengan ukuran tertentu. Sebagai ilustrasi, jika ukurannya 50×50 cm, kalikan panjang dan lebar untuk mendapatkan luas keping Granit. Dalam contoh ini, luasnya adalah 0,25 meter persegi (Panjang x Lebar, 50 cm x 50 cm = 2500 cm² = 0,25 m²).

Berbagai elemen bangunan seperti lantai, dinding, countertop, backsplash, bisa dipasang dengan Granit. Jika pola pemasangan memerlukan banyak pemotongan, sisihkan dana untuk membeli Granit cadangan. Hal ini berguna untuk mengantisipasi pemotongan tambahan atau kerusakan selama proses instalasi.

2. Cek Kualitas Granit Yang Dijual

Inilah Cara Memilih Granit Berkualitas

Penting untuk memeriksa contoh Granit yang dipilih untuk bahan pembuatan rumah,  Hal ini menjadi penting terutama ketika pemilihan dilakukan secara daring hanya berdasarkan gambar. Melakukan analisis langsung terhadap sampel granit memiliki manfaat yang signifikan untuk mengevaluasi berbagai aspek, termasuk kekuatan, keaslian, ukuran, dan warna Granit.

Dengan memeriksa sampel secara langsung, pembeli dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kualitas Granit yang akan digunakan dalam proyek rumah mereka. Proses ini juga memungkinkan pembeli untuk mengajukan pertanyaan langsung terkait dengan jenis Granit yang akan digunakan, seperti ukuran yang diperlukan untuk berbagai bagian rumah. Ini penting karena setiap fungsi rumah, seperti meja dapur atau lantai memerlukan ukuran Granit yang berbeda.

Selain itu, dengan mengecek secara langsung pembeli dapat lebih mudah membandingkan opsi yang berbeda dan mengevaluasi apakah pilihan Granit awal masih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Sebuah pemahaman yang lebih mendalam tentang material yang akan digunakan dapat menghindarkan konsumen dari rasa tidak puas karena Granit yang dipilih kurang tepat.

3. Sesuaikan Dengan Gaya Interior Rumah

Perhatikan dengan seksama gaya interior rumah Anda, karena pemilihan batu Granit dapat memberikan dampak signifikan pada keseluruhan estetika dan suasana ruangan. Setiap rumah memiliki karakteristik uniknya sendiri, apakah itu gaya yang lebih modern, klasik, minimalis, atau rustik. Memahami secara mendalam gaya interior rumah Anda akan menjadi kunci dalam memilih Granit yang tidak hanya menghadirkan elemen estetika yang sesuai, tetapi juga fungsional.

Contohnya jika rumah Anda mengusung gaya modern yang cenderung bersih dan kontemporer, pertimbangkan untuk memilih Granit dengan warna netral dengan motif yang senada. Warna seperti putih, abu-abu, atau coklat muda dapat memberikan tampilan yang elegan dan terkesan futuristik. Motif senada dengan warna permukaan Granit dapat memberikan sentuhan artistik yang sejalan dengan estetika modern, menciptakan atmosfer yang dinamis.

4. Cek Motif dan Warnanya

Untuk menilai kualitas granit, suatu aspek kunci yang dapat diperhatikan adalah kedalaman warnanya. Granit yang memiliki kualitas tinggi umumnya menampilkan warna dan corak urat yang meluas dari permukaan hingga ke bagian ketebalan secara menyeluruh.

Selain itu, Granit berkualitas tinggi juga dapat dikenali dari warna pada bagian dalamnya yang menampilkan kilauan yang khas, hasil dari endapan mineral yang terkandung dalam batuan. Kilauan ini memberikan dimensi tambahan pada estetika Granit, menciptakan tampilan yang lebih menarik dan elegan. Sebaliknya, Granit berkualitas rendah cenderung tidak menunjukkan kilauan tersebut, menandakan kemungkinan adanya kekurangan mineral atau komposisi yang kurang optimal.

5. Perhatikan Teksturnya 

Tidak kalah penting dari warna atau polanya, pemilihan tekstur Granit juga menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan. Kasar atau halusnya tekstur Granit harus Anda pertimbangkan matang matang, karena hal ini dapat mempengaruhi fungsi dan keamanan penggunaan material ini di berbagai area.

Tekstur kasar pada Granit lebih cocok digunakan di area-area lembab dan licin, seperti teras, area teras, area outdoor, dan kamar mandi. Granit dengan tekstur kasar memberikan daya cengkeram yang baik, sehingga mengurangi risiko tergelincir akibat lingkungan yang sering terkena air atau benda cair lainnya.

Lalu, Granit dengan tekstur halus menjadi pilihan ideal untuk area-area yang cenderung mudah kotor, seperti dapur. Permukaan yang halus mempermudah proses pembersihan. Kotoran yang menempel pada permukaan Granit dengan tekstur halus dapat dengan mudah dihapus, menjadikan ruangan lebih higienis.

6. Bicarakan Kebutuhan Granit Kepada Tim Berkompeten

Pengamatan terhadap ukuran, gaya interior, kedalaman warna, corak urat, dan tekstur pada Granit dapat menjadi panduan yang sangat berguna. Dengan memahami ciri-ciri tersebut, Anda dapat membuat keputusan yang lebih matang dan memastikan bahwa Granit yang dipilih memenuhi standar kualitas yang diinginkan.

Namun untuk mematangkan lagi keputusan Anda, agar tidak menyesal di kemudian hari konsultasikan dengan tim desain sekaligus pemasok batu marmer terkemuka,dalam kasus ini, Anda bisa mengunjungi  MM Galleri. Kami memahami kepercayaan kepada konsumen sangat penting dalam memastikan kualitas batu Granit sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Kami akan memberikan masukan berharga tentang karakteristik berbagai jenis Granit yang kami sediakan, serta memberikan informasi terkait kecocokan kebutuhan dalam membangun serta memiliki rumah dengan eksterior dan interior yang didambakan.

Dengan melakukan komunikasi aktif dengan konsultan interior dan juga Granit dari MM Galeri, kami bisa menjamin Anda sudah memiliki pertimbangan aspek teknis dan fungsional dari Granit yang dibutuhkan. Sehingga, proses pembangunan atau renovasi rumah Anda dapat berjalan dengan lancar. Dengan begitu, penempatan Granit dapat menambah tidak hanya nilai estetika, tetapi juga nilai propertinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.