Lantai berbahan marmer menjadi favorit banyak orang karena memiliki kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, bahkan melebihi lantai granit, meskipun harganya lebih tinggi daripada material lainnya. Tidak mengherankan bahwa banyak orang lebih memilih bahan material lain karena harganya lebih terjangkau dibandingkan marmer.

Alasan Harga Marmer Untuk Lantai Berbeda-Beda

Jika Anda hendak membeli marmer, entah di toko material atau galeri properti, harganya bervariasi dari yang sangat mahal hingga terjangkau. Perbedaan harga yang mencolok biasanya muncul antara marmer impor dan marmer lokal. Namun, hal ini sebenarnya tidak hanya terbatas pada asal impor atau lokal, melainkan melibatkan beberapa aspek lainnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi warna, ukuran, motif, dan  lainnya memainkan peran penting dalam menentukan seberapa mahal marmer akan dihargai.

Berikut adalah ulasan yang kami rangkum mengenai faktor-faktor yang menentukan apakah harga marmer tersebut murah atau mahal.

1. Guratan Vena-nya

Vena merupakan pola, corak, atau guratan yang terbentuk secara alami oleh mineral dan serat dalam batuan tersebut. Jenis guratan vena yang dimiliki oleh marmer akan memberikan karakteristik visual yang unik. Marmer dengan guratan vena yang kompleks, konsisten, dan eksklusif cenderung memiliki nilai estetis yang lebih tinggi. Keindahan dan kelangkaan pola vena tertentu dapat membuat suatu jenis marmer menjadi lebih mahal dibandingkan dengan yang lain.

Marmer dengan guratan vena yang jelas sering kali mengindikasikan komposisi mineral yang berbeda-beda, dan beberapa jenis marmer memiliki kualitas yang lebih baik dalam hal ketahanan terhadap goresan, noda, dan retak. Beberapa bagian di permukaan marmer menghasilkan karakteristik vena yang sangat eksklusif, dan hal ini tentu dapat mempengaruhi nilai pasarnya.

Perhatikan keselarasan vena marmer dengan desain dan warna keseluruhan kamar mandi Anda. Jika Anda menginginkan tampilan yang konsisten dan tenang, pilih marmer dengan vena yang seragam dan tidak terlalu mencolok. Sebaliknya, jika Anda menginginkan tampilan yang dramatis dan unik, pilih marmer dengan vena yang kontras dan mencolok.

2. Warna

Beberapa jenis marmer memiliki tingkat harga yang berbeda, dan perbedaan ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Salah satu contohnya adalah perbedaan harga antara marmer putih susu dengan marmer berwarna lainnya. Marmer dengan warna putih murni cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan marmer putih kusam yang umum dijumpai dan juga warna kebanyakan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsit yang kaya pada marmer putih yang relatif sulit dicari dan ditambang. Kelangkaan tersebut secara langsung mempengaruhi harga marmer putih, membuatnya menjadi lebih mahal.

Selain itu, faktor lain yang dapat memengaruhi harga marmer adalah tren pasar. Beberapa warna marmer dapat mengalami peningkatan permintaan karena tren desain atau kebutuhan pasar tertentu. Sebagai contoh, marmer berwarna abu-abu pada suatu waktu menjadi tren dan mengakibatkan peningkatan permintaan yang signifikan. Akibatnya, harga marmer berwarna abu-abu juga mengalami kenaikan.

Faktor-faktor seperti keunikan warna, pola, juga dapat memberikan dampak yang signifikan pada harga marmer. Selain itu, kondisi pasar dan permintaan dari industri desain atau konstruksi juga dapat berperan dalam menentukan harga marmer. Oleh karena itu, sifat dinamis dari pasar marmer membuat harga-harga ini dapat berubah seiring waktu, tergantung pada berbagai faktor eksternal dan tren yang memengaruhinya.

3. Ukuran

Berikut Ini Penggunaan Lantai Marmer yang Perlu Diketahui

Semakin besar ukuran marmer, semakin kompleks dan melibatkan sejumlah faktor yang saling terkait dalam menentukan harga akhirnya. Marmer dengan ukuran yang lebih besar sering kali lebih sulit untuk ditemukan dan diekstraksi. Proses ekstraksi yang rumit dan membutuhkan sumber daya yang lebih besar dapat memberikan nilai eksklusif pada marmer tersebut. Keterbatasan persediaan marmer dengan ukuran besar juga dapat menciptakan efek langka, yang kemudian dapat meningkatkan harga dan prestise marmer tersebut di pasaran.

Untuk mengetahui hitung-hitungan kebutuhan lantai marmer agar harganya pas, langkah pertama adalah menghitung luas ruangan yang akan dipasang. 

Sebagai contoh saja, jika luas ruangan tersebut adalah 20 meter persegi. Setelah mengetahui luasnya, langkah berikutnya adalah mengetahui ukuran lantai marmer, dalam kasus ini ukuranya 60×60 cm.

Jadi, perhitungannya adalah Luas Ruangan : Luas Marmer = Total lantai granit atau lebih rinci Luas Ruangan : Luas Marmer = Total (20 : 0,36 m = 55,55 atau dibulatkan menjadi 56). 

Dengan demikian, untuk ruangan tersebut dibutuhkan 56 lembar marmer dengan ukuran 60×60 cm untuk satu ruangan. Ini hanya sebagai contoh saja, untuk mengetahui detail ukuran Anda bisa berkonsultasi dengan Tim MM Galleri.

4. Ketebalan

Marmer memiliki variasi dimensi, yakni slab dan tiles. Marmer slab pada umumnya memiliki dimensi yang lebih besar, dimulai dari 150 x 250 sentimeter. Di sisi lain, marmer tiles memiliki dimensi yang lebih kecil, umumnya berkisar antara 30 x 30 centimeter hingga 60 x 60 centimeter. Sebab marmer slab memiliki dimensi lebih besar, harganya secara alami lebih tinggi dibandingkan dengan marmer tiles. Meski begitu, kualitasnya tetap konsisten dan dapat diandalkan.

Di saat batu alam lainnya dengan ukurannya yang massive, MM Galleri menghadirkan teknologi dengan ketebalan Marmer hanya 8 mm saja. Lebih tipis, dan lebih ringan tapi kualitas serta performa tetap sama.

Konsultasi Tim Profesional Sebelum Membeli Marmer

Penting untuk melakukan pertimbangan yang mendalam sebelum memutuskan menggunakan marmer sebagai pijakan utama atau lantai di keseluruhan rumah Anda. Keputusan ini tidak hanya mempengaruhi tampilan interior rumah, tetapi juga berdampak pada nilai properti rumah secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan seksama keunggulan dan pertimbangan yang terkait dengan penggunaan marmer. Terlebih lagi ketika Anda menggunakan marmer dengan warna yang jarang ditemui.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim desain sekaligus pemasok batu marmer terkemuka, kenali secara lengkap koleksi Marmer MM Galleri. Kami memahami kepercayaan kepada konsumen sangat penting dalam memastikan kualitas dan ketersediaan marmer yang sesuai dengan persepsi Anda dalam membangun rumah. Kami juga memberikan masukan berharga tentang karakteristik berbagai jenis marmer yang mereka sediakan, serta memberikan informasi terkait kecocokan kebutuhan dalam membangun serta memiliki rumah dengan eksterior dan interior yang menawan. 

Dengan melakukan komunikasi aktif dengan konsultan interior dan juga marmer, Anda dapat mempertimbangkan aspek teknis dan fungsionalnya. Sehingga, proses pembangunan rumah Anda dapat berjalan dengan lancar. Dengan begitu, penempatan marmer dapat menambah tidak hanya nilai estetika, tetapi juga nilai propertinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *