Meski sekarang gadget mulai menggantikan beberapa fungsi teknologi pada zaman dahulu, tetapi TV akan selalu ditemukan dalam sebuah rumah. Minimal satu rumah memiliki satu unit TV. Beberapa rumah bahkan membutuhkan kabinet TV agar membuat ruangan tampak lebih indah dan bagus. Pembuatan kabinet tersebut harus dibuat sebaik dan seideal mungkin agar bisa membuat ruangan menjadi lebih indah. 

Agar bisa membuat kabinet yang sesuai, tentu saja anda harus mengetahui ukuran yang ideal dan tepat. Namun, mengetahui berapa ukuran kabinet yang ideal dan tepat tidaklah gampang. Maka dari itu, pentingnya mengetahui ukuran kabinet yang sesuai:

1. Sesuaikan Ukuran TV

Memperhatikan ukuran TV menjadi langkah pertama agar anda bisa mendapatkan kabinet dengan ukuran yang ideal agar tetap stabil dan aman. 

Bukan hanya panjang dan lebar saja, tetapi juga kedalaman ukuran jika bukan jenis TV yang slim atau ramping. Namun, anda harus menghitung ukuran kabinet sedikit lebih besar dibandingkan TV slim yang tidak membutuhkan ukuran detail. 

Memiliki kabinet ukuran yang lebih besar sekitar 10 cm hingga 15 cm daripada TV itu sendiri. Misalnya, TV yang anda miliki memiliki ukuran 50 inci, maka anda harus membuat kabinet dengan ukuran 50 inci ditambah dengan 10 cm hingga 15 cm sehingga kabinet TV yang harus anda gunakan adalah kabinet TV yang berukuran 60 sampai 70 inci. 

2. Sesuaikan Ukuran Ruangan

Selain menyesuaikan dengan ukuran TV, anda juga harus menyesuaikan kabinet dengan ukuran ruangan. Kabinet yang terlalu besar tentu saja akan kesulitan untuk berada di dalam ukuran ruangan yang sempit. 

Ukuran ruangan akan memainkan peranan yang sangat penting dalam menentukan ukuran kabinet TV yang ideal. Ukuran kabinet TV tentu saja akan berpengaruh terhadap desain dan gaya ruangan. Misalnya, kabinet TV yang terlalu besar akan membuat ruangan menjadi tampak lebih sempit dan tidak nyaman. Begitu juga sebaliknya, kabinet TV yang terlalu kecil akan membuat ruangan tampak tidak proporsional dan terlihat tidak rapi. 

Maka dari itu, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan setelah mengukur TV adalah mengukur seluruh ruangan agar bisa mendapatkan ukuran kabinet TV yang tepat. Selain itu, anda juga harus memperhatikan penempatan perabotan lainnya agar tetap ada ruang yang cukup untuk bergerak. 

3. Fungsionalitas

Selain sebagai tempat meletakkan TV agar tetap aman dan stabil, anda juga bisa mempertimbangkan kebutuhan penyimpanan lainnya. Anda bisa menambahkan rak tambahan, ruang penyimpanan lain, dan laci yang berguna untuk menyimpan berbagai hal yang berkaitan dengan TV tersebut. 

Misalnya, anda bisa membuat kabinet TV dengan rak tambahan sebagai tempat penyimpanan perangkat media, seperti DVD. Rak tambahan tersebut juga dapat anda manfaatkan untuk menyimpan buku atau barang dekoratif lainnya sehingga membuat kabinet TV tampak lebih indah. Anda juga bisa membuat laci atau ruang penyimpanan lainnya untuk menyimpan berbagai CD dengan rapi.

Untuk menambah fungsionalitas dari laci, rak tambahan, atau ruang penyimpanan lainnya, maka anda juga harus membuat kabinet TV dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, pastikan juga kabinet TV yang anda buat memiliki akses yang memudahkan jalur kabel dan perangkat elektronik lainnya tanpa mengorbankan estetika lainnya.  

4. Tinggi Ergonomis

Penonton juga harus dipertimbangkan ketika kabinet TV akan dibuat. Anda harus memperhatikan posisi penonton, terutama tinggi badan penonton ketika menonton dalam posisi duduk. Menghitung tinggi kabinet TV sesuai dengan tinggi badan penonton bisa disebut sebagai ilmu ergonomis. 

Dalam ilmu tersebut, anda harus membuat kabinet TV dengan tinggi yang ideal dari penonton sehingga penonton tidak akan menunduk atau mendongak yang justru bisa membuat cedera pada bagian leher. 

Agar bisa mendapatkan posisi TV yang tepat sesuai dengan tinggi penonton, tentu saja anda harus mengukur kabinet TV dengan tepat. Maka dari itu, ilmu ergonomi harus diterapkan pada pengukuran kabinet TV. 

5. Estetika

Langkah selanjutnya untuk menentukan ukuran kabinet TV yang ideal adalah memperhatikan sisi estetikanya. Kabinet TV akan sangat berpengaruh terhadap gaya dekorasi dan keindahan suatu ruangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau ukuran kabinet TV yang disesuaikan dengan ukuran ruangan akan sangat berpengaruh terhadap keindahan ruangan tersebut. 

Selain ukuran kabinet TV yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan bahan yang digunakan dalam pembuatan kabinet TV. Tentu saja anda harus menggunakan bahan yang berkualitas. Salah satu bahan yang berkualitas untuk membuat kabinet TV adalah Marmer yang menambahkan sentuhan kemewahan dan elegan terhadap keseluruhan ruangan. 

Marmer memang memiliki pola dan warna alami yang sangat indah sehingga bisa meningkatkan nilai estetika yang sangat tinggi di dalam suatu ruangan. Anda bisa memilih pola dan warna yang tepat sesuai dengan gaya dekorasi yang anda inginkan. 

6. Mobilitas

Terakhir, anda harus memperhatikan mobilitas dari kabinet TV yang akan anda gunakan. Jika anda masih sering mempertimbangkan perubahan pada suatu ruangan, maka mobilitas pada kabinet TV sangatlah penting. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah ukuran dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kabinet TV. 

AEGEAN WHITE

Kabinet TV dengan ukuran yang terlalu besar tentu saja akan sangat sulit untuk dipindahkan sehingga anda harus membuat kabinet TV yang ideal. Selain itu, bahan yang digunakan untuk kabinet TV harus kuat. Maka dari itu, gunakan Marmer yang memang terkenal kuat dan tahan lama untuk membuat kabinet TV.

Marmer memang memiliki kekuatan yang sangat bagus dalam menahan beban serta memiliki stabilitas yang sangat bagus. Selain itu, Marmer juga termasuk bahan yang ringan sehingga bisa mempermudah mobilitas dalam pembuatan kabinet TV. Anda bisa berkonsultasi dengan tim MM Galleri untuk mendapatkan kualitas kabinet yang sesuai kebutuhan Anda.

Itulah berbagai hal yang harus anda perhatikan ketika sedang mengukur kabinet TV. Ukuran TV, ukurang ruangan, fungsi, tinggi penonton, estetika, dan mobilitas menjadi faktor yang harus anda perhatikan ketika sedang membuat kabinet TV. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *