Ketika kita membangun rumah, banyak sekali hal yang menjadi pertimbangan kita. Salah satunya adalah desain interior dari rumah tersebut. Memiliki rumah dengan desain interior yang cantik merupakan salah satu impian dari pemilik rumah. Pada masa modern ini, konsep desain interior pun sudah mulai berkembang dan memiliki jenis jenis yang berbeda sehingga kita bisa memilih desain interior yang cocok dan kita sukai.

Kita perlu mengetahui bahwa dalam ilmu arsitektur, ada beberapa prinsip dasar dalam mendesain sebuah bangunan. Prinsip dasar ini perlu kita ketahui terlebih dahulu agar kita mengetahui desain apa yang kita inginkan. Prinsip prinsip itu adalah Keseimbangan (Balance), Irama (Accentuation & Rhythm), Point of interest, Skala (Scale), Proporsi (Proportion), Komposisi (Sequence), dan Kesatuan (Unity).

Setelah mengetahui prinsip prinsip tadi, kita dapat mengetahui apa yang kita inginkan untuk desain interior kita. Perlu diketahui ada banyak macam desain interior yang dapat kita pilih , tapi jangan lupa kita terapkan prinsip prinsip yang tadi telah disebutkan. Karena yang dikhawatirkan bila kita memilih desain interior tanpa memperhatikan prinsip prinsip dasar diatas maka dapat mengurangi nilai estetik dan kesan menawan dari desain interior tersebut. Berikut adalah beberapa desain interior yang bisa anda jadikan pilihan untuk bagian interior anda :

Desain Interior Scandinavia

 
 
 

Desain Skandinavia , Sumber : idea.grid.id

Desain interior ini mulai dikenal pada sekitar tahun 1954 ketika pameran desain di Amerika di gelar. Desain ini, seperti namanya berasal dari daerah Eropa Utara dan merupakan salah satu desain interior yang paling popular belakangan ini. Desainnya yang menonjolkan elemen putih dan tidak rumit menimbulkan kesan sederhana namun tetap terlihat elegan dan bergaya. 

Ciri dari desain interior ini adalah karakter warna netral yang dominan, jendela yang relatif besar untuk pencahayaan alami, elemen kain sebagai ciri khas, sederhana , minim detail serta memiliki dekorasi natural. Penggunaan desain ini akan membuat kesan ruangan sederhana namun tetap berkelas.

Desain Minimalis

Desain minimalis , gambar : gumilarreka.com

Desain minimalis adalah salah satu gaya desain yang paling signifikan abad sekarang. Gagasan utama desain ini adalah desain yang dipreteli, menghilangkan detil detil yang tidak perlu dan meninggalkan elemen yang penting penting saja. Desain Interior minimalis memiliki beberapa kesamaan dengan desain Skandinavia. 

Desain ini menerapkan berbagai komponen yang tidak rumit sama halnya seperti desain Skandinavia. Tujuan hal tersebut adalah agar membuat kita nyaman dan betah pada ruangan tersebut. Biasanya desain ini digunakan bila kita tidak memiliki banyak  tempat ataupun barang. Untuk warna, pada desain ini biasanya didominasi warna netral juga.

Namun, berbeda dengan desain Skandinavia yang mengutamakan warna putih, pada desain minimalis kerap pula digunakan warna hitam atau abu abu. Efek dari hal ini adalah memberikan kesan luas pada ruangan yang terhitung kecil.

Desain Vintage

Desain Vintage , Gambar : interiordesign.id

Desain ini pertama kali muncul disebabkan oleh desain modern yang cenderung monoton sehingga membuat orang menggunakan kembali desain jaman dahulu. Desain ini bisa dikatakan mengusung tema “jadul”. Mengapa demikian ? Karena ciri dari desain ini adalah terlihat kuno. Hal ini terlihat dari beberapa furniture yang memberikan kesan tua. Biasanya furniture tersebut terbuat dari kayu. Untuk warna, biasanya didominasi oleh warna warna soft seperti kuning muda, abu abu muda, dan lainnya.

Desain Shabby Chic

Desain shabby chic , gambar : sarae.id

Desain ini pertama muncul pada tahun 1980 an dari daerah Britania Raya yang terinspirasi dari bentuk bangunan tua. Jadi pada desain ini, meskipun lusuh, tetap terlihat cantik. Hampir sama dengan desain vintage, namun pada desain ini memiliki sifat yang lebih feminism karena menggunakan dominasi dari warna putih dan pastel.

Desain Kontemporer

Desain Kontemporer , gambar :interiordesign.id

Desain yang satu ini memadukan konsep masa kini dan masa depan. Perpaduan ini menghasilkan nuansa dan kesan hangat dan dingin pada ruangan sehingga terkesan indah dan elegan. Desain ini paling banyak direkomendasikan oleh para desainer karena memiliki sifat fleksibel.   Mengapa demikian ? Karena kontemporer terlahir dengan memadukan berbagai gaya dan variasi. Selain itu, desain ini akan terus berkembang mengikuti zaman.

Desain Bohemian

Desain bohemian , gambar : id.pinterest.com

Desain ini berasal dari para pengembara di Timur Tengah saat mereka tinggal waktu yang relatif lama namun tetap berpindah pindah. Desain yang satu ini bisa terbilang unik. Mengapa demikian ? Berbeda dengan desain yang lainya, desain bohemian memiliki kesan bebas dan tidak beraturan namun tidak urakan. Meskipun desain ini tidak sepopuler desain lainya, desain ini biasanya digunakan oleh pelaku pelaku seni yang berjiwa bebas dan berselera seni tinggi. 

Jiwa bebas mereka diekspresikan oleh detil yang mereka tentukan pada desain ini. Tidak ada warna spesifik yang ditonjolkan pada desain ini karena desain ini menunjukkan perpaduan berbagai macam warna. Penggunaan karpet dan kain kain menjadi ciri khas dari desain ini dan hampir tidak ada kesan mewah pada desain ini.

Desain Industrial

Desain industrial, gambar : id.pinterest.com

Desain ini pertama kali muncul di daratan eropa pada tahun 1950 an. Seperti namanya, desain ini terinspirasi dari gaya gudang industri. Desain ini memiliki ciri identik dengan warna gelap , didominasi oleh material kayu dan besi , khas dengan dinding yang tidak selesai, langit langit yang tinggi serta pencahayaan yang memadai. Dominasi warna gelap seperti abu abu dan hitam memberikan kesan maskulin dan gloomy pada ruangan.

Proses meminimalisir finishing juga membuat bangunan seperti lebih terekspos. Pada awalnya, konsep ini biasanya digunakan untuk interior cafe agar anak muda nyaman untuk berkumpul bersama rekan rekanya namun sekarang desain ini mulai diminati untuk dijadikan desain interior rumah.

Desain Victoria

Desain Victoria , gambar : pinterest.com

Desain ini diadaptasi dari gaya kerajaan Inggris dan sudah ada sejak akhir abad ke 19. Biasanya desain ini ditemukan pada bangunan bangunan di Eropa. Dinamakan desain Victoria karena mengacu pada kekuasaan ratu Victoria. Desain ini memiliki kesan mewah dengan dominasi warna kuning gading dan putih ataupun emas yang dipadukan dengan warna coklat. 

Pada desain ini , terdapat banyak detail ornamen yang sangat banyak sehingga memberikan kesan elegan dan menitik beratkan pada keindahan. Desain ini tidak sepopuler desain desain lain di atas dikarenakan dianggap sudah terlalu kolot dan ketinggalan zaman. Namun masih ada beberapa orang yang memang mengagumi gaya ini dan menggunakan desain ini. 

Desain ini merupakan wujud pengembangan dari desain gothic yang megah anggun unik. Perpaduan warna yang menarik menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan selalu memiliki banyak peminat.

Itulah contoh beberapa desain yang saat ini masih popular sebagai contoh desain interior dan masih ada pula desain desain lain seperti desain modern ataupun desain rustic yang mungkin tidak sepopuler desain desain yang telah disebutkan diatas. Ada juga perpaduan dari desain desain diatas yang mungkin tidak dapat anda duga.

Kita sebagai pemilik hunian, dapat memilih atau memadukan desain yang ada diatas dengan berdasarkan prinsip prinsip yang pada awal artikel ini telah dijelaskan. Yang manapun memiliki kelebihan serta kekurangan pada setiap konsepnya. Jadi kita bisa membanding bandingkan desain desain yang ada yang mana yang sesuai dengan keinginan kita dan memaksimalkan ruangan yang ada.

Kita bisa memaksimal budget yang kita miliki untuk desain interior yang kita pilih. Namun sebelum itu, kita dapat mengkonsultasikan desain interior mana yang cocok dengan keinginan serta budget yang kita miliki. Karena bila kita asal pilih, maka akan memakan waktu serta budget untuk mengganti desain interior ruangan tersebut seperti detil detil kecil yang harus diganti.

MM GALLERI dapat membantu anda menentukan desain mana yang cocok untuk bangunan, keinginan, serta budget yang kamu miliki untuk menciptakan hunian yang kamu inginkan. Atau bila anda memiliki pertanyaan seputar desain yang tidak disebutkan diatas atau perpaduan konsep konsep yang ada, MMGALLERI.ID dapat membantu anda untuk menciptakan hunain terbaik yang membuat anda merasa impian anda akan bentuk hunian anda inginkan telah tercapai. Yuk segera berkonsultasi dengan MMGALLERI.ID untuk hunian impianmu 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *