Fungsi utama rumah memang menjadi sebagai tempat tinggal. Namun, tidak ada salahnya membuat rumah menjadi lebih indah. Keindahan rumah terbagi menjadi dua bagian, yaitu interior dan eksterior. Bagian interior rumah memang sangat penting karena mempengaruhi kenyamanan anda. Namun, jangan lupakan keindahan eksterior.

Salah satu cara meningkatkan keindahan eksterior suatu rumah adalah membuat taman depan. Selain membuat keindahan eksterior, taman rumah juga bisa dinikmati oleh anda dan keluarga. Tentu saja anda harus mengetahui cara membuat taman depan rumah yang tepat dengan langkah berikut ini:

1. Tentukan Tema atau Gaya Taman

Setiap taman memiliki gaya yang berbeda-beda, seperti taman minimalis, taman kering, taman kering, taman bergaya Jepang, taman mediterania, dan masih banyak lagi. Menentukan jenis taman dengan gaya yang anda inginkan menjadi langkah pertama yang harus anda lakukan. 

Dengan menentukan jenis taman yang tepat, maka anda bisa melakukan langkah-langkah selanjutnya. Ada beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab untuk menentukan tema atau gaya taman yang tepat untuk anda. 

Apakah anda lebih menyukai taman yang formal, taman dengan geometris tegas, taman yang santai, atau taman dari daerah tertentu? Setelah menjawab pertanyaan tersebut, anda bisa mulai mengetahui gaya taman yang anda inginkan. 

2. Penentuan Anggaran

Kalau anda sudah mengetahui tema atau gaya taman yang anda inginkan, maka anda sudah pasti memiliki bayangan seperti apa taman bentuk taman tersebut dan apa saja peralatan dan bahan yang diperlukan untuk membuat taman tersebut. Mengetahui dasar tersebut sangat penting agar anda bisa menentukan anggaran.

Menentukan anggaran juga merupakan langkah penting dalam membuat taman. Kekurangan anggaran tentu saja tidak akan membuat proses pembuatan taman jadi berantakan. Namun, tidak semua taman membutuhkan anggaran yang besar.

Jika anda bisa memadukan kreativitas dengan peralatan seadanya, maka anda bisa membuat taman yang bagus dan indah dengan hanya biaya yang efisien. Karena itu, kreativitas anda menjadi hal yang cukup krusial. 

3. Pemilihan Tanaman

Taman memang penuh dengan tanaman sehingga anda harus melakukan pemilihan tanaman. Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi dalam memilih tanaman, seperti menyesuaikan dengan iklim, jenis tanah yang anda miliki, dan banyaknya paparan matahari. 

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menanam tanaman yang biasanya tumbuh secara tahunan dan musiman untuk warna yang berbeda-beda sepanjang tahun. Kombinasi ini pastinya akan membuat tanaman anda menjadi lebih berwarna. 

Namun, pastikan anda mempertimbangkan tinggi pada setiap tanaman yang disesuaikan dengan lebar tanaman agar taman terlihat lebih rapi. Menjaga taman tetap rapi juga menjadi tantangan tersendiri. 

4. Desain Taman

Pada langkah pertama, anda sudah menentukan gaya atau tema taman yang anda inginkan. Setelah menentukan anggaran dan memilih tanaman yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah mendesain taman yang anda rencanakan. 

Anda bisa mulai mendesain taman anda dengan menggambar sketsa secara sederhana di atas kertas atau menggunakan software khusus desain. Tentukan tempat untuk setiap elemen, seperti area tanaman, tempat duduk, tempat bermain, hingga jalur setapak. Pertimbangkan setiap ruang gerak dan pertumbuhan tanaman di sekitar taman. 

5. Jalur Setapak 

Jangan lupakan jalur setapak pada taman karena bagian ini sangat penting sebagai akses masuk dan keluar taman. Selain itu, Jalur setapak juga akan menambah keindahan sebuah taman. 

Pastinya ada berbagai syarat yang harus anda penuhi ketika memilih bahan dalam pembuatan jalur setapak untuk taman. Anda harus memilih bahan yang kuat, tahan terhadap segala kondisi cuaca, dan memiliki penampilan yang bagus. 

Terrazzo bisa menjadi salah satu bahan yang bagus untuk jalan setapak taman anda. Terrazzo sendiri merupakan bahan komposit yang terbuat dari campuran batu alam, marmer, kaca, resin, dan semen. Karena terbuat dari batu alam dan beberapa bahan lainnya, Terrazzo memiliki ketahanan yang sangat baik dalam menghadapi goresan dan noda pada berbagai cuaca. 

Bahan yang satu ini juga memiliki tampilan yang indah sehingga bisa membuat taman anda terlihat lebih unik. Tampilan terrazzo bisa penampilan yang elegan dan mewah karena terbuat dari batu alam. Selain itu, merawat Terrazzo juga sangat mudah.

Di Indonesia sendiri mencari terrazzo yang berkualitas tidaklah terlalu sulit karena ada MM Galleri, produsen Terrazzo dan batu alam lainnya yang siap diaplikasikan untuk berbagai keperluan. MM Galleri akan memberikan Terrazzo terbaik dan membantu instalasi di taman anda. 

6. Area Duduk

Memiliki area duduk menjadi tambahan yang sangat bagus untuk taman anda. Selain bisa menambah keindahan pada taman, area duduk juga berfungsi sebagai tempat bersantai untuk menikmati keindahan taman yang sudah anda bangun. 

Sebagai area duduk, tentu saja anda harus memiliki tempat duduk yang tepat sesuai dengan tema taman. Beberapa tempat duduk yang bisa menjadi pilihan anda adalah bangku taman hingga kursi biasa. 

7. Pencahayaan

Taman memang dibuat di luar ruangan sehingga ada pencahayaan alami dari sinar matahari pada siang hari. Namun, anda tetap harus memperhatikan pencahayaan untuk malam hari. Pencahayaan yang tepat akan membuat taman menjadi tempat yang sangat indah pada malam hari. 

Anda dapat menempatkan lampu pada jalan setapak yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini akan membantu orang yang ingin masuk dan keluar taman pada malam hari. Selain itu, gunakan lampu sorot untuk menyoroti beberapa fitur penting pada taman untuk menonjolkan kelebihannya. 

8. Ruang Bermain untuk Anak-anak

Ruang bermain di taman juga bisa menjadi alternatif lain, terutama jika anda sudah memiliki anak. Anak-anak bisa lebih aktif bermain di taman sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan fungsi lainnya pada tubuh mereka. 

Area ruang bermain pada taman bisa anda isi dengan pasir, rumah pohon, ayunan, dan berbagai mainan lainnya. Satu hal yang harus anda pastikan pada area ini adalah keamanan. Selain itu, pastikan ruang bermain mudah dipantau. 

9. Pengaturan Irigasi

Taman memang selalu identik dengan tanaman sehingga anda juga harus memiliki sistem irigasi yang memadai untuk membantu anda merawat tanaman tersebut. Sistem irigasi yang tepat akan membantu anda dalam menjaga taman anda agar tetap tampak segar dan hijau tanpa perlu banyak perawatan secara manual. 

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem irigasi tetes atau sprinkler otomatis yang bisa diatur waktu penyiramannya. Memang membutuhkan investasi yang lebih besar, tetapi sistem ini dapat memastikan taman anda tetap bagus. 

Memang ada banyak pertimbangan yang harus anda perhatikan saat ingin membuat taman di depan rumah, mulai dari menyesuaikan tema, membuat anggaran, memilih tanaman, hingga berbagai elemen lainnya. Gunakan bahan yang berkualitas agar taman juga berkualitas, seperti menggunakan Terrazzo dari MM Galleri untuk jalur setapak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *