...

Dapur merupakan bagian rumah yang selalu sibuk untuk memasak. Memiliki peralatan dapur berkualitas merupakan impian ibu rumah tangga. Beberapa cara memilih bahan material kitchen set berkualitas dapat dijadikan referensi sebagai penataan dapur yang diinginkan. 

Seiring berkembangnya jaman, berbagai peralatan bahkan material dapur semakin maju dan beraneka ragam. Berbagai bahan material di tampilkan produsen untuk memenuhi kepuasaan konsumen dan memberikan kenyamanan untuk memasak. 

Kitchen set merupakan berbagai furniture dapur dengan fungsi utama untuk meletakkan peralatan dapur dan segala alat makan. Furniture ini biasanya tersusun dari berbagai rak dan kabinet dapur dengan beragam materialnya. 

Dengan adanya kitchen set akan membantu Anda untuk meletakkan berbagai peralatan dapur. Seiring berjalannya waktu, dapur memiliki berbagai kelengkapan dalam memasak. Cara memilih bahan material kitchen set berkualitas dapat mewujudkan dapur impian. 

Berbagai bahan material untuk dapur akan memiliki kesan tersendiri tergantung dari material dan warna yang dipilih. Selain material kitchen set, penataan dapur juga menunjukkan keindahan dan kenyamanan dapur yang diharapkan. 

Berikut beberapa cara memilih bahan material kitchen set, yaitu: 

1. Menentukan Fungsi Dan Kebutuhan Dapur 

Sebelum memilih kitchen set, Anda bisa menentukan kebutuhan yang diperlukan kedepannya untuk dapur. Jika ingin memiliki banyak ruang penyimpanan maka kitchen set dengan banyak rak cocok diaplikasikan untuk dapur ini. 

2. Menyesuaikan Ukuran Kabinet Dengan Luas Ruang Dapur

Kitchen set biasanya sudah memiliki ukuran dengan tinggi sekitar 85-110 cm, lebar sekitar 50-70 cm dan panjang sekitar 120-200 cm. Ukuran ini bisa diubah sesuai dengan luas ruang dapur yang ada. Dengan ukuran yang pas maka dapur akan terasa nyaman untuk memasak. 

3. Memperhatikan Bentuk Kitchen Set

Pada umumnya, kitchen set memiliki ukuran L maupun U namun hal ini bisa disesuaikan dengan bentuk dapur. Anda bisa menggunakan satu sisi saja untuk dapur yang minimalis dan agar membuat ruangan menjadi luas. 

4. Mempertimbangkan Bahan Material 

Kabinet dapur memiliki berbagai bahan material yang bisa digunakan seperti, kayu solid, plywood, MDF, serta alumunium. Setiap material tersebut memiliki kekurangan dan keunggulannya. Anda bisa menentukkan material kabinet menyesuaikan anggaran yang dibuat. 

5. Mempertimbangkan Anggaran 

Anggaran merupakan poin utama sebelum Anda menentukan bahan material yang akan digunakan untuk kitchen set. Dengan mengetahui berbagai bahan material kitchen set maka bisa menentukan dapur yang diinginkan. 

Kabinet 

Cara memilih bahan material kitchen set berkualitas bisa dimulai dari pemilihan kabinet. Kabinet merupakan rak dan lemari yang berada di atas maupun dibawah kitchen set. Bagian ini digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan memasak serta bahan makanan. 

Kabinet atas bisa digunakan untuk meletakkan berbagai peralatan dapur yang jarang dipakai dan berat. Dipasang berdampingan dengan dinding atas dengan kedalaman 40 cm. Rumah yang tinggi perlu dipasang plafon atau material solid tertutup untuk melindungi atas kabinet dari debu. 

Kabinet bawah merupakan tempat untuk menyimpan peralatan masak yang sering digunakan. Terkadang kabinet ini digunakan untuk meletakkan microwave. Biasanya terdiri dari lemari pintu hingga laci dengan kedalaman maksimal 60 cm. 

Berikut ini bahan material kabinet untuk dapur, yaitu: 

1. Kayu Solid 

Kayu solid sering digunakan seperti kayu jati, melia, pinus dan rosewood india memiliki kelebihan lebih tahan lama dan kuat serta tahan dari serangan rayap. Namun, material ini tampilannya kurang modern dan perlu pemolesan ulang untuk mempertahankan kualitas. 

2. Plywood 

Plywood merupakan material kitchen set yang terbuat dari lapisan kayu yang disatukan dengan panas dan tekanan tinggi. Proses ini menghasilkan material yang modern dan memiliki daya tahan baik terhadap air. Namun, polywood memiliki harga yang lebih mahal dibanding lainnya. 

3. MDF (Medium-Density Fiberboard)

MDF merupakan material dari serbuk kayu yang digabungkan dengan perekat dan di tekan dengan suhu tinggi menjadi padat. Material ini lebih murah dan memiliki ketebalan yang presisi. Tapi MDF tidak tahan dengan air dan lebih rapuh dibandingkan olahan kayu lainnya. 

4. Stainless steel

Stainless steel menjadi material yang kokoh dan tahan lama serta mudah untuk dibersihkan. Material ini awet terhadap air, noda dan panas. Akan tetapi diperlukan perawatan untuk menghindari karatan dan mudah penyok serta memiliki suara yang berisik saat digunakan. 

Countertop 

Countertop merupakan bagian atas dari kabinet yang digunakan untuk aktivitas memasak dan lainnya. Dengan cara memilih bahan material kitchen set berkualitas yang tepat akan memudahkan Anda dalam menyiapkan makanan. 

Pada bagian ini terdapat kompor tanam serta bak cuci piring yang sejajar. Permukaan dari countertop berbentuk papan yang mudah dibersihkan dan anti gores serta tahan dengan panas dan air, seperti marmer. 

Anda perlu menyesuaikan warna countertop dengan dapur agar desain tidak mengganggu keselarasannya. Dengan pentingnya hal ini pemilihan bahan material countertop harus tepat dan sesuai kebutuhan. Berikut bahan material countertop yang bisa dipilih, yaitu : 

1. Granit 

Keunggulan Granit Nero Absolute

Granit merupakan material kitchen set terbuat dari batu alam yang dipoles dengan berbagai motif. Material ini memberikan kesan elegan dan mewah bagi dapur. Countertop dari granit perlu sering dibersihkan karena memiliki pori-pori besar yang mudah menyerap cairan. 

Anda bisa memilih granit dengan warna netral agar tidak mencolok dan bisa menyatu dengan interior dapur. Pemilihan warna cerah akan membuat dapur menjadi lebih terang dan hidup. Jika bingung dalam pemilihannya berkonsultasi dengan profesional dapat membantu. Anda bisa melihat secara lengkap katalog MM Galleri yaitu Granit yang memiliki beragam motif dan warna.

2. Dekton 

Keunggulan Dekton KraftizenDekton merupakan campuran dari kuarsa, porselen dan kaca yang digabungkan dengan metode Sintered Particle Technology yang memiliki permukaan ultra compact. Dari proses ini membuat dekton mampu menahan beban berat dan suhu panas yang tinggi. 

Dekton memiliki berbagai varian salah satunya dekton lucid. Dekton lucid memiliki warna dasar putih dengan urat abu-abu muda yang menciptakan tampilan menyegarkan pada dapur. Varian ini akan membuat dapur menjadi terang dan elegan. Anda bisa melihat secara lengkap katalog MM Galleri yaitu Dekton yang memiliki beragam motif dan warna.

3. Quartz 

Quartz atau kuarsa merupakan material yang terbuat dari batu buatan manusia yang terdiri dari 93-95 persen batu kuarsa alami yang digabungkan dengan beberapa mineral dan warna. Countertop quartz dilapisi resin untuk melindungi pori-porinya. 

Quartz memiliki beragam desain motif dari proses pengolahannya. Proses ini menghasilkan warna dan pola yang bisa Anda pilih untuk memperindah kitchen set. Pemeliharaan material ini juga mudah dan perlu dipoles jika sudah digunakan lama. 

Backsplash 

Backsplash merupakan ruang yang terletak diantara kabinet atas dan bawah. Bagian ini mampu menahan dinding dari cipratan air, minyak dan cairan lainnya. Biasanya bahan yang digunakan berupa material yang mudah untuk dibersihkan. 

Selain untuk menahan noda dari masakan, backsplash juga bisa menjadi pusat perhatian dari kitchen set Anda. Pemilihan warna dan material yang tepat mampu menjadikan area ini salah satu bagian yang menarik. 

Sink dan Hardware 

Bagian ini merupakan tempat yang digunakan untuk membersihkan bahan makanan sebelum diolah. Biasanya terletak sejajar dengan kompor dengan dapur model satu sisi. Pada dapur bentuk U dan L bagian ini terletak diujung jauh dari kompor. 

Dari fungsinya yang digunakan untuk mencuci ini, maka sink memerlukan bahan material yang tahan dengan air dan mudah dibersihkan. Bahan stainless steel bisa menjadi pilihan karena mudah dibersihkan dan tidak mudah berkarat. 

Itulah beberapa cara memilih bahan material kitchen set berkualitas untuk dapur Anda. Menentukan pilihan material juga perlu mempertimbangkan anggaran yang ada agar semua sejalan dengan yang diharapkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.