...

Pemilihan material merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat ingin membangun rumah. Bila ingin menggabungkan estetika serta berbagai ketahanan, maka granit merupakan pilihan yang tepat. Sebagai material yang dapat memberikan kemewahan, granit bukanlah material yang bisa didapat dengan harga murah.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan granit yang dipilih merupakan Granit yang berkualitas. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui cara memilih  Granit berkualitas:  

  1. Pilih Pemasok Terpercaya

Sesuatu yang berkualitas tentu hanya bisa didapat dari sumber yang terpercaya, tak terkecuali Granit. Mengingat harga per lempengannya yang tidak murah, penggunaan granit untuk berbagai keperluan pada bagian bangunan dapat menghabiskan biaya yang sangat besar.  

MM Galleri bisa menjadi solusi bila menginginkan granit berkualitas. Sebagai supplier material mewah untuk bangunan, MM Galleri menyediakan berbagai jenis Granit yang dapat dipesan sesuai dengan selera dan kebutuhan. MM Galleri senantiasa memberikan material terbaik demi kepuasan konsumen.

Oleh karena itu, tak perlu ragu menjadikan MM Galleri mitra  untuk memenuhi kebutuhan berbagai material bangunan.  

  1. Memilih Jenis Granit

Agar bisa mendapatkan granit yang berkualitas sesuai keinginan, Anda perlu mengetahui apa saja jenis Granit.  Berikut beberapa jenis granit yang banyak dijual di pasaran:

1. Granit Hitam

Granit hitam merupakan salah satu jenis granit yang paling populer untuk material bangunan, terutama bila menginginkan konsep minimalis dan modern. Hal ini tak terlepas dari warnanya yang netral sehingga cocok dipadukan dengan warna lain dari perabotan yang ada. Selain itu, kilau yang ditimbulkan dari Granit hitam dapat menimbulkan kesan mewah yang misterius.

2. Granit Putih

Selain granit hitam, granit putih juga menjadi salah satu yang populer. Granit putih sangat cocok diterapkan pada rumah berkonsep Skandinavia. Sebab, granit putih dapat memberikan kesan yang bersih dan cerah pada rumah, terutama jika digunakan sebagai material yang dominan.

3. Granit Coklat

Granit coklat adalah rekomendasi yang pas bila memiliki rumah dengan konsep klasik. Jenis granit ini sangat cocok bila dipadukan dengan perabotan dan bahkan lantai berbahan kayu. Selain nuansa klasik, penggunaan granit coklat dapat memberikan kesan hangat dan estetik.

4. Granit Hijau

Bila melihat warna hijau pada batuan, tentu orang-orang akan teringat zamrud atau emerald yang sering dijadikan perhiasan dan ukiran mahal. Kesan mahal dari jamrud bisa didapatkan dengan penggunaan Granit hijau sebagai material. Tak hanya memberikan kesan mewah, Granit hijau juga memberikan kesan alami dan sejuk karena mewakili pepohonan rindang. 

5. Granit Emas

Emas sebagai logam mulia sering digunakan sebagai warna yang melambangkan kemewahan. Bila ingin merasakan kemewahan warna emas pada rumah, maka bisa menggunakan Granit emas sebagai material untuk bagian-bagian rumah. Granit emas akan membuat rumah serasa hotel berbintang lima atau presidential suit di luar negeri, serta memberikan kesan luas bagi sebuah ruangan.

6. Granit Biru

Granit biru merupakan pilihan bagi mereka yang menyukai Granit dengan warna anti mainstream. Selain itu, tampilan mengkilap yang dihasilkan oleh Granit membuatnya terlihat elegan dan juga mewah, apalagi jika dipadukan dengan barang-barang berwarna senada.

  1. Uji Kekuatan

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh granit adalah kekuatannya. Granit dibentuk melalui proses dengan suhu yang sangat tinggi (mencapai 1230 derajat Celcius) dan umumnya memiliki kekuatan hingga 7200 PH. 

Granit seharusnya dapat menampung beban hingga 500 kg per meter persegi nya. Hal ini dapat menjadi acuan untuk memilih Granit berkualitas. Dengan demikian, sangat disarankan untuk menguji kekuatan Granit terlebih dahulu dengan menaruh benda berat atau meminta beberapa orang berdiri di atasnya.

  1. Melihat Sample

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, granit bukanlah material yang murah. Oleh karena itu, penting untuk melihat sample granit yang dipilih untuk material pembuatan rumah, terutama jika pemilihan jenisnya hanya dilakukan secara online dan bermodalkan melihat foto-foto saja. 

Melihat sample Granit yang dipilih berguna untuk mengetahui kekuatan, keaslian, ukuran yang akan serta warna granit secara langsung. Selain itu dengan melihat sample, pembeli juga bisa menanyakan berbagai hal terkait jenis Granit yang akan digunakan seperti ukuran yang diperlukan untuk bagian tertentu pada rumah. Hal ini berkaitan dengan perbedaan kebutuhan ukuran Granit dengan keperluannya seperti untuk countertop meja dapur atau lantai. 

Tak hanya menanyakan berbagai hal yang penting, melihat sample Granit yang akan digunakan juga bisa membantu konsumen untuk memutuskan apakah akan tetap pada granit yang dipilih atau berganti pilihan.

  1. Tingkat Absorpsi Air

Mengetahui kualitas suatu Granit bisa dilakukan dengan melihat tingkat absorpsi air. Perlu diketahui bahwa batu Granit yang terbuat dari alam akan memiliki pori-pori dan tetap menyerap air. Hal ini tidak berlaku pada batu buatan yang sama sekali tidak menyerap air.

Kemampuan absorpsi setiap batuan berbeda-beda, dan granit memiliki kemampuan absorpsi air sebesar 0,4%, sedikit lebih tinggi dibanding marmer yang memiliki kemampuan absorpsi 0,2%.

Tak hanya keperluan estetika, granit bagi sebagian orang adalah tentang ketahanan untuk beberapa hal, termasuk air dan kelembaban. Sebab, hal ini berkaitan dengan keawetan Granit itu sendiri. Semakin sering menyerap air, maka granit yang merupakan batuan akan menjadi rapuh. 

Oleh karena itu sebelum memutuskan membeli granit, penting untuk melakukan tes absorpsi air. Absorpsi air pada sebuah granit bisa dites secara manual, yaitu dengan menuang air di atas permukaan Granit hingga selebar kurang lebih 5 cm dan tunggu hingga sekitar 30 menit.

  1. Lapisan Pelindung

Air yang terserap ke dalam batuan tentu akan membuat warna batuan menjadi gelap. Hal ini juga berlaku untuk granit. Granit dengan pelapis dan finishing yang baik tentu tidak akan mudah menyerap air. Warna Granit akan lebih gelap dalam waktu yang lama.

Namun bila warna granit di sekitar air lebih cepat gelap, maka artinya Granit lebih cepat menyerap air. Hal ini menandakan bahwa tidak dilapisi dengan baik dan memerlukan lapisan agar lebih tahan air. Lapisan Pelindung

Secara umum, granit dibekali oleh lapisan pelindung yang membuatnya tahan terhadap air. Hal inilah yang menjadi keunggulan Granit sebagai material bangunan. Ketahanan Granit terhadap air ini juga berkaitan dengan keunggulan lainnya yakni tidak menjadi tempat pertumbuhan jamur dan bakteri.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan adanya lapisan pelindung saat membeli Granit. Cara untuk memastikan adanya lapisan pelindung sama seperti cara untuk menguji tingkat absorpsi air sebagaimana telah disebutkan di atas.

  1. Kedalaman Warna

Cara mengetahui kualitas Granit adalah melihat kedalaman warnanya. Granit dengan kualitas tinggi umumnya memiliki warna dan corak urat  yang membentang dari permukaan hingga ketebalan Granit secara keseluruhan. Selain itu, warna pada bagian dalam Granit akan terlihat memiliki kilauan yang merupakan hasil endapan mineral. Hal ini tentu tidak akan ditemukan pada Granit berkualitas rendah.

Demikian beberapa cara memilih Granit yang berkualitas. Bila Anda tertarik untuk menggunakan granit sebagai material bangunan, jangan lupa untuk melihat tips di atas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.