...

Dalam memilih ubin, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah aspek guna dimana ubin tersebut akan diletakkan. Cara memilih porselen berkualitas untuk kamar mandi pun harus diperhatikan sehingga dapat maksimal dalam penggunaannya.

Lalu, bagaimana cara memilih porselen berkualitas untuk kamar mandi? Berikut beberapa tips yang perlu Anda petimbangkan sebelum menentukan porselen yang akan digunakan untuk kamar mandi Anda.

Jenis Porselen yang Paling Kuat dan Tahan Lama

Pemilihan bahan untuk kamar mandi harus dilakukan dengan tepat. Salah satu pilihan populer untuk lantai dan dinding kamar mandi adalah ubin porselen.

Porselen terkenal karena memiliki daya tahan kuat, tahan lama hingga memiliki nilai estetika tinggi. Mediterraneo Sodalite Blue Porselen dapat menjadi porselen pilihan untuk kamar mandi Anda. Produk ini memiliki daya tahan lama serta permukaan yang sempurna dengan finishing polish yang membuat tampilan kamar mandi Anda tampak mewah dan elegan.

Memilih Ukuran yang Tepat

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan ukuran porselen yang tepat untuk kamar mandi. Ukuran ubin porselen bervariasi, mulai dari ukuran kecil hingga yang besar.  Memilih ukuran porselen dapat Anda sesuaikan dengan ukuran kamar mandi Anda. 

Jika ukuran kamar mandi Anda kecil, pilih ukuran porselen yang besar. Ilusi dari ubin porselen besar ini dapat membuat kamar mandi terlihat lebih besar dari ukuran aslinya. Sebaliknya, Anda dapat memilih ukuran porselen kecil bermotif untuk ukuran kamar mandi besar.

Nilai PEI (Porcelain Enamel Institute)

Cara memilih porselen berkualitas untuk kamar mandi selanjutnya adalah dengan memperhatikan nilai PEI (Porcelain Enamel Institute). Mengetahui nilai PEI dapat menjadi pertimbangan dalam memilih porselen untuk kamar mandi Anda.

Nilai atau peringkat PEI akan memberi tahu Anda perihal ketahanan ubin porselen terhadap keausan akibat abrasi dan menentukan kesesuaiannya untuk berbagai penggunaan.

Ada lima tingkat kualitas porselen yang perlu Anda ketahui:

  1. Porselen kelas 1

Grade 1 adalah ubin porselen dengan kualitas rendah. Kelas ini hanya digunakan untuk dinding atau backsplash dapur dan lantai perumahan ringan dan tidak cocok digunakan pada area dengan lalu lintas padat karena memiliki ketahanan lebih rendah terhadap abrasi.

  1. Porselen kelas 2

Grade 2 merupakan pilihan menarik dan ekonomis, baik digunakan sebagai lantai pada ruangan yang tidak banyak dilalui pejalan kaki, seperti kamar mandi. Porselen grade 2 juga memiliki nilai estetika tinggi sebagai penutup dinding.

  1. Porselen kelas 3

Cocok digunakan untuk lingkungan perumahan dan komersial ringan dengan menampilkan variasi warna dan daya tahan tinggi sehingga ubin ini tahan terhadap lalu lintas pejalan kaki dan keausan akibat aktifitas sehari-hari menjadikan porselen kelas 3 cocok digunakan pada dapur, ruang keluarga, lorong hingga aplikasi komersial ringan seperti toko kecil maupun kantor.

  1. Porselen kelas 4

Dengan kekuatan dan daya tahan unggul, porselen grade 4 dirancang untuk aktivitas padat dan ideal untuk instalasi komersial seperti restoran, kantor, toko serta ruangan lain yang diperkirakan dapat rusak sehari-hari. 

Selain itu, porselen ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk teras atau ruang tamu di luar ruangan.

  1. Porselen kelas 5

Porselen grade 5 memiliki kualitas terbaik dan merupakan jenis ubin porselen terberat sehingga menjadikannya sempurna untuk area aktivitas pejalan kaki yang padat.

Tingkat kekerasan porselen grade 5 sangat cocok digunakan pada ruang komersial seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan hingga bandara karena memiliki daya tahan tinggi terhadap keausan dan bahan kimia keras.

Pilih Warna dan Gaya Porselen yang Sesuai

Dengan banyaknya jenis ubin porselen, mungkin sulit bagi Anda untuk menentukan warna dan gaya porselen yang sesuai. Untuk mempermudah, Anda dapat menentukan terlebih dahulu gaya atau desain kamar mandi sesuai dengan selera Anda.

Berikut adalah lima style kamar mandi yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih warna dan gaya porselen yang sesuai dengan selera Anda:

  1. 1. Clean contemporary

Gaya ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki tampilan kamar mandi modern dan minimalis dengan warna cenderung netral. Warna putih, krem dan abu-abu adalah warna populer untuk desain ini dengan finishing porselen yang cenderung sederhana.

  1. 2. Urban contemporary

Desain ini memiliki tampilan yang lebih industrial dan maskulin dengan efek semen dan beton adalah pilihan paling populer.

  1. 3. Country rustic/elegant rustic

Country rustic atau elegant rustic cocok bagi Anda yang suka dengan nuansa yang lebih natural. Country rustic menciptakan nuansa sehat dan natural khas pedesaan, sedangkan elegant rustic menciptakan suasana pedesaan yang lebih modern atau tampilan yang terinspirasi dari gaya Skandi.  Ubin porselen dengan efek kayu dan batu dengan warna netral sangat cocok untuk gaya ini.

  1. 4. Classic/traditional

Interior kamar mandi ini cenderung mengikuti gaya zaman tertentu dengan tampilan bersejarah, misalnya gaya Gregorian atau Victoria. Ubin porselen dengan motif monokrom adalah pilihan paling populer yang bisa Anda pilih untuk gaya kamar mandi Anda.

  1. 5. Eclectic

Desain ini menggabungkan dua atau lebih gaya yang berbeda. Misalnya, porselen dengan efek kayu khas pedesaan dengan nuansa perkotaan kontemporer. 

Kombinasi ini akan memberikan tampilan yang sempurna karena porselen dengan efek alami akan memperhalus garis mencolok interior bergaya industri sehingga menciptakan suasana yag lebih ramah pada kamar mandi Anda.

Pertimbangkan Ketahanan Air

Karena digunakan untuk kamar mandi, pastikan bahwa porselen yang Anda pilih memiliki ketahanan yang baik terhadap air. Mediterraneo Sodalite Blue Porselen menjadi pilihan tepat untuk kebutuhan ubin porselen kamar mandi Anda karena memiliki daya tahan yang baik terhadap air sehingga membuatnya lebih tahan lama.

Periksa Kualitas Glasur pada Porselen

Glasur merupakan lapisan tipis bahan silikat pada permukaan keramik atau porselen. Selain digunakan untuk memperindah porselen, glasur juga memiliki fungsi untuk menambah kekuatan sehingga porselen tidak dapat ditembus cairan maupun gas.

Kualitas glasur dapat mempengaruhi daya tahan dan kekuatan porselen. Semakin baik kualitas glasur pada porselen, semakin tahan lama juga ubin porselen tersebut.

Mengingat aktivitas di kamar mandi selalu berhubungan dengan air, pastikan memilih porselen dengan kualitas glasur terbaik sehingga ubin porselen kamar mandi Anda dapat bertahan lebih lama.

Menyesuaikan Budget

Cara memilih porselen berkualitas untuk kamar mandi yang terakhir adalah menyesuaikan budget. Hal ini penting dilakukan untuk memperkirakan berapa besar biaya yang diperlukan.

Jadi, pastikan Anda menghitung secara detail biaya yang dialokasikan untuk kebutuhan kamar mandi sehingga Anda dapat menentukan jenis porselen apa yang akan Anda gunakan.

Itulah tujuh cara memilih porselen berkualitas untuk kamar mandi. Pastikan Anda memperhatikan tips di atas sebelum memilih porselen untuk kamar mandi Anda. Porselen dengan kualitas terbaik dapat membuat performa ubin kamar mandi Anda menjadi lebih tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.