...

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang penting di dalam suatu rumah karena memiliki fungsi untuk menjamu tamu. Ruang tamu yang bagus pasti akan meninggalkan kesan yang bagus sehingga anda benar-benar harus menata ruang tamu. Membuat tamu menjadi betah memang menjadi salah satu tugas dari tuan rumah dan menata ruang tamu yang bagus menjadi salah satu caranya. 

Menata ruang tamu memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan cara. Anda harus mengetahui berbagai langkah yang tepat agar bisa menata ruang tamu dengan benar. Inilah berbagai langkah cara menata ruang tamu yang harus anda ketahui:

1. Sesuaikan Gaya Dekorasi

Setiap rumah pasti memiliki tema dan gaya tersendiri. Ada rumah yang memiliki gaya klasik, bohemian, skandinavia, vintage, hingga minimalis. Menentukan gaya dekorasi yang anda inginkan sangatlah penting sebelum memulai melakukan berbagai langkah selanjutnya. 

Memang menyesuaikan dan menentukan ide gaya dekorasi cukup sulit dilakukan. Namun, anda bisa mendapatkan inspirasi dari internet, majalah, hingga media sosial. Ketika sedang mencari inspirasi, pastikan anda memang memilih gaya dekorasi yang sesuai dengan kepribadian dan kenyamanan.

2. Ukuran dan Tata Letak

Jika sudah menentukan gaya dekorasi yang diinginkan, pastinya anda akan memiliki gambaran seluruh ruangan. Agar gambaran anda tentang gaya dekorasi tersebut tepat, lakukan pengukuran luas ruang tamu secara menyeluruh. Setelah itu, buatlah sketsa tata letak agar bayangan anda tentang gaya dekorasi tersebut bisa tertuang dalam bentuk nyata. 

Mengukur dan menggambar sketsa tata letak akan membantu anda untuk menentukan ukuran perabotan yang tepat serta bagaimana peletakan yang tepat. Pada tahap ini, anda juga harus memikirkan ruang yang cukup agar penghuni bisa berjalan dan bergerak dengan nyaman sehingga tidak memberikan kesan yang sesak. 

3. Pemilihan Perabotan

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan setelah mengukur luas ruangan adalah memilih perabotan yang tepat. Sebelum memilih perabotan yang sesuai dengan gaya dekorasi keinginan anda, pastikan anda memilih perabotan yang sesuai dengan fungsinya terlebih dahulu. 

Sketsa tata letak yang telah anda buat sebelumnya akan sangat membantu anda untuk memilih perabotan dengan ukuran yang tepat sesuai dengan skala ruang tamu. Salah satu tips yang anda terapkan untuk ruang tamu yang kecil adalah memilih perabotan yang lebih ramping dan tidak terlalu besar. 

Anda dapat menggunakan perabotan yang multifungsi, seperti lemari yang bisa memiliki meja kecil atau tempat duduk tambahan. Perabotan seperti ini juga akan sangat cocok dengan gaya dekorasi minimalis, jika anda memilihnya. 

4. Penempatan Perabotan

Langkah pengukuran dan penggambaran sketsa tata letak akan sangat berguna pada tahap yang satu ini, yaitu penempatan perabotan agar tepat sesuai dengan ukuran dan gaya dekorasi yang anda inginkan. Tips lainnya yang bisa anda lakukan ketika memiliki ruangan yang kecil dalam menempatkan perabotan adalah jangan menempelkan perabotan ke dinding, melainkan memberikan sedikit ruang agar ruangan terlihat lebih besar. 

Letakkan perabotan sesuai dengan sketsa yang sudah anda buat sebelumnya agar sesuai dengan gaya dekorasi yang anda inginkan. Namun, tentu saja dalam tahap ini akan selalu terjadi perubahan sehingga anda harus lebih fleksibel dan adaptif. Perubahan pada pengerjaan ini mungkin saja bisa menghasilkan ruangan yang lebih bagus.

5. Pencahayaan

Selain perabotan, pencahayaan juga menjadi aspek krusial dalam suatu ruangan. Maka dari itu, jika anda telah berhasil menata perabotan pada ruang tamu, maka langkah selanjutnya adalah mengatur pencahayaan. Pencahayaan yang baik sangat sangatlah penting untuk menciptakan ruang tamu yang bagus dan nyaman. 

Anda dapat menggunakan perpaduan antara pencahayaan umum dan sedikit aksen remang untuk menciptakan suasana yang nyaman. Ada banyak jenis lampu yang bisa anda gunakan, mulai dari lampu gantung, lampu meja, hingga lampu lantai. Pastikan semua jenis lampu tersebut berfungsi dengan baik serta bisa menerangi ruangan dengan baik. Penerangan yang baik juga akan membuat interaksi berjalan dengan lancar.

6. Karpet atau Permadani

Karpet atau permadani bisa menjadi komponen yang penting, tergantung dari ruang tamu yang telah tersedia. Tentu saja kebutuhan karpet atau permadani bergantung pada lantai yang ada pada ruang tamu. 

Jika lantai pada ruang tamu kurang bagus, maka pasti karpet atau permadani menjadi hal mutlak yang harus digunakan. Berbeda lagi jika lantai pada suatu ruangan masih bagus, maka penggunaan karpet atau permadani tidak menjadi beda yang wajib. 

Meski bukan menjadi sesuatu yang wajib, karpet atau permadani dapat menambah kehangatan, tekstur, hingga warna berbeda pada ruang tamu. Kalau ingin menggunakan karpet atau permadani, pastikan ukurannya sesuai agar semua kaki perabotan dapat berada di atas permadani. Selain itu, anda dapat menggunakan karpet atau permadani dengan ukuran yang kecil untuk menjadikannya hiasan pada bagian tertentu saja di dalam ruang tamu. 

7. Tata Letak Aksesoris

Ruang tamu akan terlihat sangat kaku kalau hanya berisikan perabotan saja. Maka dari itu, anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris untuk menambah suasana di dalam ruang tamu agar semakin hidup. Ada berbagai aksesoris yang bisa anda gunakan, mulai dari vas bunga, lukisan atau seni dinding lainnya, serta bantal untuk sofa. 

Pastikan anda menggunakan aksesoris yang senada dengan warna utama pada ruang tamu agar menciptakan aksen yang tepat. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang terlalu berlebihan agar tidak menciptakan kesan berantakan. Isi ruang tamu dengan aksesoris yang benar-benar anda suka atau butuhkan saja. 

Untuk memilih aksesoris maupun home decor rumah yang unik, Anda bisa mendapatkan di MM Galleri. Dengan 3D teknologi, Marmer bisa dibuat menjadi home decor unik seperti patung gorilla mini, miniatur pesawat maupun peta Indonesia di Dinding.

8. Penyusunan Kursi dan Sofa

Kursi atau sofa menjadi bagian penting dalam ruang tamu. Sebuah ruang tamu berfungsi untuk menyambut tamu sehingga harus disiapkan tempat untuk menyambut tamu dengan kursi. Tentu saja kursi atau sofa tidak bisa diletakkan begitu saja ke dalam ruang tamu, melainkan harus disusun dengan sangat rapi. 

Salah satu aspek yang harus anda perhatikan ketika menyusun kursi atau sofa adalah kemudahan tamu atau pemilik rumah untuk berinteraksi. Menyusun sofa atau kursi saling berhadapan akan memudahkan interaksi tamu dengan pemilik rumah. Selain itu, formasi U juga bisa menjadi pilihan lain. 

Pastikan warna kursi atau sofa yang anda gunakan memiliki warna yang sesuai dengan warna utama dari ruang tamu. Pastikan juga sofa yang anda gunakan memiliki ukuran yang tepat agar tidak membuat ruang tamu menjadi sempit.

 

Itulah beberapa langkah dalam menata ruang tamu yang bisa anda coba. Memang ada banyak langkah dan hal yang harus anda perhatikan. Namun, hal tersebut akan membuat ruang tamu menjadi lebih bagus sehingga tamu juga akan betah berkunjung ke rumah anda. Sebisa mungkin gunakan perabotan, lampu, karpet atau permadani, aksesoris, dan sofa yang berkualitas agar memberikan kesan yang baik untuk para tamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.