Jika Anda menginginkan desain ruang makan dan dapur yang bernuansa klasik nan mewah, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih Batu Alam sebagai countertopsnya. Batu Alam adalah pilihan terbaik. Namun dari sekian jenis batu alam yang indah, wajar jika Anda merasa bingung untuk memutuskan mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Apapun pilihan Anda, MM Galleri menyediakan segala jenis batuan alam yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut ulasan tentang jenis material batu alam yang mungkin dapat menjadi pilihan terbaik Anda dalam mewujudkan top table idaman Anda. 

Travertine

Travertine adalah batu alam elegan yang telah digunakan sebagai bahan bangunan selama berabad-abad. Batu ini mirip dengan batu kapur atau gamping yang terbentuk di sumber air panas. Ini terbentuk oleh pengendapan kalsium karbonat atau kalsit yang membuatnya menjadi batu yang jauh lebih lembut daripada batu kapur biasa. Batu itu dapat ditemukan dalam berbagai warna, mulai dari abu-abu hingga emas. Dari meja hingga lantai, travertine memiliki banyak kegunaan. Batu alam ini terbukti cantik dan sudah digunakan untuk banyak desain interior dan eksterior.  

Travertine memiliki tekstur yang sangat lembut, itu tidak akan menjadi pilihan terbaik Anda untuk meja di area lalu lintas tinggi, seperti dapur. Travertine lebih berpori dan kurang tahan lama dibandingkan batu kapur, yang berarti Anda harus berhati-hati di mana Anda memilih untuk memasang travertine Anda. Meskipun Anda dapat memiliki meja dapur travertine, Anda harus sangat berhati-hati dan menghindari tumpahan terutama jika tumpahan tersebut memiliki warna yang pekat dan bersifat asam. Setiap tumpahan harus segera dibersihkan untuk menjaga permukaannya.

Quartzite

Quartzite atau biasa disebut Kuarsa adalah mineral alami yang terdiri dari silikon, oksigen, debu kuarsa yang digabungkan dengan bahan alami dan sintetis lainnya untuk membuatnya keras dan tahan lama. Jika Anda mencari permukaan meja yang tidak mudah retak, tergores, atau pecah, selain juga desainnya yang elegan, Quartz adalah pilihan yang ideal. Batu ini juga tidak berpori yang berarti tahan terhadap noda, tahan terhadap tumpahan jus, minyak, anggur, kopi, dan tumpahan makanan minuman lainnya. 

Namun, jika anggaran Anda terbatas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi alternatif karena semua aspek hebat Quartz datang dengan biaya tinggi. Dan, meskipun Quartz sebenarnya tahan panas, tetapi memiliki resiko perubahan warna atau kerusakan permanen pada permukaannya apabila Anda meletakkan peralatan masak panas atau minuman panas di atasnya.

Onyx

Onyx adalah pilihan yang unik untuk membuat semua jenis meja, dari top table, meja rias bahkan hingga kitchen set yang elegan. Batu alam yang menakjubkan ini hadir dengan kemampuan unik yakni bersifat tembus pandang dan tentu saja dapat di-backlight. Memiliki meja onyx dapat memberi kesan berani pada meja dapur dan meja makan Anda. Permukaan akan langsung menjadi titik fokus dari setiap ruangan tempat Anda memasangnya. 

Jika Anda mencari batu alam unik untuk digunakan di rumah, memasang lempengan onyx dapat memberi Anda elemen langka yang Anda inginkan.  Batu ini dapat ditemukan dalam banyak warna dan pola yang indah, yang berarti bahwa meja onyx dapat dipadankan dengan baik di mana pun Anda meletakkannya. Jika Anda menginginkan permukaan yang benar-benar akan menarik perhatian semua tamu Anda saat mereka memasuki ruangan, Anda harus mempertimbangkan onyx. Anda harus berusaha keras untuk menjaga meja atau struktur onyx lainnya dalam kondisi yang baik dari waktu ke waktu. 

Anda harus memastikan bahwa Anda terus melakukan pembersihan dan sealing ulang secara teratur jika Anda ingin onyx Anda mempertahankan penampilannya yang berkualitas tinggi selama bertahun-tahun yang akan datang. Selama Anda melakukan ini, batu itu akan terlihat luar biasa. Meskipun ini bukan pilihan termurah Anda, onyx akan sepadan dengan biayanya jika Anda mencari opsi unik untuk meja, kitchen set, countertops, atau struktur rumah lainnya. Ada beberapa bahan yang bahkan bisa mendekati keindahan batu alam ini.

Marble

Marble atau Marmer adalah bahan alami yang ditambang di seluruh dunia, dengan daerah yang berbeda menghasilkan variasi yang berbeda. Marmer adalah salah satu bahan meja dan meja favorit para desainer karena menampilkan karakter yang glamor, modern, mewah, dan unik. Marmer tahan terhadap panas dengan baik, sehingga optimal untuk Anda yang sering memanggang dan memasak. Sebagai batu yang mirip dengan granit, Marble memang membutuhkan sealing berkala untuk mencegah pewarnaan. 

Marmer tidak hanya menakjubkan, tetapi juga merupakan bahan yang sangat kuat dan kokoh. Namun karena sifat alaminya sangat berpori, sehingga perawatan dan pemeliharaan lebih diperlukan. Marmer perlu dibersihkan dan dibersihkan secara teratur karena tumpahan sehari-hari seperti kopi atau jus jeruk dapat menyebabkan noda permanen. 

Marmer sangat cocok untuk tempat memasak dan meja karena kemampuannya menahan panas. Polutan yang seringkali dapat merusak permukaan marmer sehingga memerlukan perawatan permukaan dengan teknis khusus. Karena marmer adalah bahan yang tebal, bagian atas meja akan sangat berat dan sulit untuk dipindahkan yang patut diingat jika Anda berencana untuk sering memindahkan meja.

Granite

Granite terbentuk selama jutaan tahun dari batuan cair terkompresi di bawah permukaan bumi, granit sangat keras dan tahan lama. Di samping kualitas tahan panas yang luar biasa, granit sangat solid sehingga sangat aman dari goresan atau bahkan anti pecah. Granit terdiri dari kristal mineral yang saling mengunci, yang paling umum adalah feldspar dan kuarsa. Tetapi berbagai mineral lain dapat dimasukkan, dan ini membuat setiap potongan granit unik. 

Karena Granit benar-benar alami, variasi warna dan pola di setiap lempengan pasti unik dan tidak ada yang sama. Granit secara tradisional menjadi pilihan utama untuk countertops karena tersedia dalam berbagai warna dan setiap bagiannya unik. Ini tahan terhadap cipratan, goresan, panas, dan keausan biasa karena sangat berat. Berat ini juga berarti bahwa lemari di bawahnya harus cukup kokoh untuk menopangnya. 

Sebagai jenis batu, granit harus disegel dan disegel kembali sesering mungkin untuk menghindari pewarnaan, dan Anda harus berhati-hati dengan produk pembersih yang Anda gunakan karena dapat mengikis permukaan seiring waktu. Mirip dengan Quartz, Granit menjadi favorit para interior designer untuk menjadi lapisan countertops dan kitchen set di dapur untuk menampilkan kesan mewah dan eksklusif. 

Lapitec

Lapitec Indonesia  adalah satu-satunya pilihan yang cocok untuk menciptakan meja dapur yang bersih dan higienis. Dengan teknologi Biotech, yang dirancang untuk menciptakan permukaan antibakteri dan antijamur serta aman bagi lingkungan. Lapitec terbuat dari bahan yang eco-friendly karena tidak menggunakan zat berbasis minyak bumi dan hanya menggunakan bahan alami yang kokoh, solid dan anti api sehingga tidak akan melepaskan zat apapun ke udara seperti batu alam lainnya. 

Jika dibandingkan dengan marmer, Lapitec menawarkan nilai uang yang jauh lebih baik dan tingkat kinerja yang lebih tinggi. Berdasarkan ketebalan yang sama, ketahanan mekanis Lapitec jauh lebih tinggi daripada marmer, menawarkan aplikasi yang lebih ringan dan menjamin kekokohan yang lebih baik walaupun lebih tipis. Batu yang tak berpori ini cocok sekali untuk dijadikan countertop pada kitchen set minimalis Anda karena sangat mudah dibersihkan. 

Tingkat kedap airnya pun sangat bagus, sehingga dapat digunakan untuk berbagai tujuan, meja makan, meja dapur, countertop dapur yang membutuhkan permukaan yang lebih higienis. Dengan ketahanan inilah, sintered stone banyak digunakan untuk berbagai desain interior khususnya kitchen set. 

Dekton

Dekton adalah bahan Top Table yang sempurna. Seperti Lapitec, batu ini menggunakan teknologi sintesa tanpa ada penambahan adhesive atau pun coloring agent, menghasilkan permukaan sinter yang terbuat dari kombinasi bahan mentah, yang sama digunakan pada permukaan kaca, porselen, dan kuarsa. Dekton menggunakan Teknologi Partikel Sintered Stone yang eksklusif. Ini adalah proses berteknologi tinggi yang meniru perubahan metamorf yang dialami batu alam saat mengalami suhu dan tekanan tinggi selama ribuan tahun. 

Kombinasi bahan baku yang membentuk Dekton ini juga digunakan pada permukaan porselen, kaca, dan kuarsa. Lembaran datang dalam tiga ketebalan yang berbeda tergantung pada persyaratan aplikasi. Berkat ukuran dan bobotnya yang ringan, membuatnya cocok untuk berbagai aplikasi countertops. Permukaannya juga hadir dalam berbagai koleksi termasuk warna yang tampak alami, warna solid dan glossy. 

Hadir dengan porositas nol, tahan gores, tahan abrasi, tahan noda, tahan suhu ekstrim baik panas maupun dingin. Tidak seperti kuarsa, permukaan ini tahan panas sehingga panci panas dapat ditempatkan langsung di permukaan tanpa khawatir merusak permukaan. Dekton tidak perlu disegel secara berkala seperti batu alam lainnya. Dekton memiliki umur yang panjang dan akan bertahan seumur hidup dan tidak perlu di-sealing ulang.

Setelah membaca uraian mengenai tujuh jenis batuan alam diatas, Anda mulai dapat menentukan pilihan terbaik Anda sambil berkonsultasi dengan ahlinya. MM Galeri senantiasa ada untuk mewujudkan keinginan Anda. Segera kunjungi showroom kami dan dapatkan penawaran menarik khusus untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *