Batu alam memang memiliki jasa yang sangat besar dalam bidang arsitektur. Berbagai jenis alam dinilai memiliki ketahanan yang sangat tepat untuk menjadi pondasi bangunan dan rumah pribadi. Terlebih lagi batu alam memiliki penampilan dengan nilai estetika yang sangat tinggi sehingga membuat kesan suatu bangunan semakin tinggi. 

Tidak hanya digunakan sebagai lantai atau dinding saja, tetapi batu alam juga bisa digunakan sebagai desain furniture. Desain furniture minimalis atau desain furniture modern dapat anda terapkan dengan menggunakan batu alam. Inilah beberapa inspirasi desain furniture dengan batu alam yang bisa anda coba:

1. Meja Makan Batu Marmer

Jika anda sedang mencari inspirasi untuk desain furniture dapur, maka batu marmer bisa menjadi salah satu ide bagi anda. Batu marmer memiliki ketahanan yang sangat kuat terhadap suhu yang panas sehingga tidak masalah berada di dekat dapur atau tempat memasak. 

Selain itu, batu marmer juga memiliki kekuatan yang sangat baik dalam menahan beban sehingga sangat cocok digunakan sebagai meja makan. Meja makan memang harus bisa menahan beban yang berat ketika akan digunakan. Kelebihan dari batu marmer sangat tepat sebagai desain furniture yang satu ini. 

2. Kursi Lounge Batu Onyx

Sekedar informasi bagi anda yang belum mengetahui, kursi lounge adalah desain kursi yang bisa membuat anda bersender dengan santai. Biasanya kursi lounge lebih banyak menggunakan sofa. Namun, beberapa kursi lounge yang ingin memberikan kesan mewah dapat menggunakan batu onyx. 

Batu onyx sendiri merupakan jenis batu yang memiliki tampilan cukup unik, yaitu tembus cahaya sehingga memang sering digunakan sebagai dekorasi suatu ruangan. Dengan menggunakan batu onyx sebagai kursi lounge, maka kursi tersebut akan tampak lebih mewah. 

Warna pada batu onyx juga cukup beragam, mulai dari hitam, putih, orange, hijau, dan merah. Selain itu, batu onyx juga memiliki pola yang cukup beragam, mulai dari bercak tipis hingga garis tipis yang berwarna tegas. 

3. Meja Kopi Batu Quartzite

Batu quartzite merupakan batu pasir yang bertransformasi setelah mengalami pemanasan di dalam permukaan bumi. Proses pemanasan tersebut membuat batu pasir menjadi lebih keras dan solid sehingga menghasilkan batu yang didominasi dengan kandungan kuarsa. Kandungan kuarsa sendiri merupakan mineral yang banyak berada di kerak bumi dan terkenal memiliki kekuatan. 

Batu alam yang satu ini dapat anda gunakan untuk beberapa hal, seperti meja kopi. Dengan warnanya yang cenderung gelap, batu quartzite bisa dijadikan sebagai meja kopi yang natural dan cocok dinikmati saat sedang bersantai. 

4. Rak Buku Batu Travertine

Travertine merupakan salah satu jenis dari batu kapur dengan pola yang paling unik dibandingkan jenis batu kapur lainnya. Batu kapur yang satu ini umumnya berlubang dan berongga sehingga sangat tepat dijadikan rak buku. 

Batu travertine dengan pola yang berlubang dan berongga akan membuat batu yang satu ini memiliki kesan yang mewah. Kalau digunakan sebagai rak buku, bukan tidak mungkin batu travertine akan menambah kesan pintar pada rak buku tersebut. 

5. Kabinet TV Batu Limestone

Kabinet tv merupakan sebuah rak yang biasa digunakan untuk menampung tv. Karena tv memiliki bobot yang cukup berat, maka anda harus menggunakan bahan yang kuat juga sebagai rak atau kabinet tv. Salah satu batu alam yang memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan bobot tv adalah batu limestone. 

Batu limestone atau batu kapur terbuat dari endapan kalsium karbonat, sebuah senyawa yang memang terkenal kuat dan membentuk cangkang pada beberapa hewan. Dengan kandungan kalsium karbonat, anda tidak perlu meragukan kekuatan dari batu limestone. 

6. Kursi Makan Batu Basalt

Memiliki tampilan yang cukup gelap dengan pola tipis akan membuat kursi makan dari batu basalt menjadi lebih elegan. Batu basalt sendiri merupakan batuan beku yang terbentuk dalam proses yang sangat cepat, terutama pendinginan dari lava. 

Karena berasal dari lava yang memiliki suhu yang sangat tinggi, batu basalt juga memiliki kekuatan yang tidak perlu anda ragukan lagi. Maka dari itu, kursi makan yang terbuat dari batu basalt pasti bisa menampung beban berat dari orang yang mendudukinya. 

7. Meja Samping Batu Serpentine

Meja samping merupakan furniture yang biasa diletakkan di sekitar dinding dengan tujuan untuk meletakkan beberapa benda saja. Meski hanya meja samping, tetapi harus dibuat dengan nilai estetika tinggi karena dapat mempengaruhi penampilan dari suatu ruangan. Batu serpentine sendiri merupakan batu yang dominan akan mineral sepertine.

8. Bangku Taman Batu Slate

Batu slate merupakan jenis batu yang sangat mudah patah menjadi lempengan kecil karena memang batu yang dikenal dengan nama batu sabak ini memiliki bentuk yang menyerpih. Maka dari itu, batu yang satu ini sangat cocok dijadikan bangku taman. Selain bentuknya yang menyatu dengan alam sehingga bisa memberikan kesan natural, batu yang satu ini juga akan cukup kuat untuk menahan beban orang yang mendudukinya. 

9. Meja Rias Batu Quartz

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau batu quartz memiliki kekuatan terhadap beban yang sangat kuat sehingga sering dimanfaatkan sebagai berbagai bentuk meja, salah satunya adalah meja hias yang bisa menampung banyak barang. Karena kuat, batu quartz bisa menampung beban yang berat dari peralatan make up. 

10. Kursi Bar Batu Granit

Batu granit terkenal memiliki pola dengan nilai estetika yang sangat tinggi sehingga akan membuat ruangan juga memiliki kesan yang mewah dan elegan. Maka dari itu, batu granit juga bisa dimanfaatkan dalam membuat berbagai furniture. 

Salah satu desain yang bisa anda coba tiru dari batu granit adalah pembuatan kursi bar. Karena memiliki kekuatan dalam menahan beban, kursi bar yang terbuat dari batu granit tidak akan gampang rubuh. 

11. Meja Kantor Batu Marmer

Satu lagi desain inspiratif yang bisa anda dapatkan dari batu marmer, sebuah batu yang memang memiliki kekuatan dan tampilan yang unik. Batu marmer memiliki warna yang sangat variatif, mulai dari putih, abu-abu, hingga hitam. Pola pada batu marmer umumnya hanyalah garis tipis saja. Namun, bisa memberikan kesan yang elegan. Batu marmer bisa anda manfaatkan sebagai meja kantor, baik untuk meja rapat ataupun meja pribadi bagi karyawan. 

12. Kursi Gantung Batu Onyx

Anda sudah mengetahui kelebihan dari batu onyx sehingga anda tahu furniture apa saja yang cocok digunakan dari batu onyx. Namun, desain inspiratif yang bisa anda coba adalah kursi gantung dari batu onyx yang akan memberikan kesan mewah dan elegan. 

Ada banyak sekali desain inspirasi dalam membuat furniture dari batu alam. Jika anda ingin membuat suatu furniture menggunakan batu alam tertentu, maka anda bisa menghubungi MM Galleri. MM Galleri menyediakan berbagai jenis alam berkualitas dan jasa pembuatan furniture.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *