Marmer adalah material lapisan lantai, dinding, meja yang paling populer untuk hunian mewah. Keindahan yang terpancar dari batu alam ini mampu memikat banyak orang. Namun, beberapa orang  masih ragu untuk menggunakannya karena informasi  yang mereka terima bersifat simpang siur dan tidak jelas asal-usulnya. Padahal itu hanyalah mitos tentang marmer yang beredar di pasaran yang belum tentu benar.

Daripada mempercayai informasi  yang tidak jelas dan tidak pasti, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli marmer langsung  dari pemasok terpercaya seperti MM Galleri. Memang tidak ada yang sempurna, begitupun dengan marmer, setiap jenisnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Selama Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan dan harapan Anda, maka marmer akan mendekat ke titik kesempurnaannya. Mitos tentang marmer mungkin muncul dari kurangnya pemahaman masyarakat tentang sifat unik marmer, sehingga mereka bingung dalam aplikasi dan perawatannya. Berikut  beberapa mitos tentang marmer yang terbukti salah:

Pertama : Pemasangan yang Cukup Sulit

Untuk memasang material ini tentu saja cukup sulit bagi orang awam karena membutuhkan kecermatan dan keahlian yang tinggi. Namun, bagi tenaga ahli, memasang marmer adalah hal yang mudah karena mereka sudah terbiasa melakukannya. Mereka mengetahui cara pemasangan yang tepat sehingga dapat menempel marmer dengan baik. Marmer pun akan terpasang rata dan tentu saja makin kuat dan tahan lama. Pemasangan marmer yang salah dapat membawa kerugian yang besar karena marmer mungkin saja berpasir, miring atau bahkan patah. Pemasangan pertama yang tidak rata bisa mengurangi unsur estetika dan kemewahan pada marmer tersebut. Potongan marmer yang kurang presisi serta teknik pemasangan yang salah menyebabkan kerugian karena satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah membongkar marmernya kembali dan memasang nya dengan tepat.  Bila pada saat membongkar, ternyata marmernya pecah, maka Anda harus menggantinya dengan marmer baru. Sungguh sangat disayangkan karena belum tentu ada marmer yang sesuai dengan nuansa yang senada dengan marmer yang pecah tersebut. Alangkah baiknya pemasangan di awal dilakukan dengan tepat dan akurat sehingga terhindar dari masalah-masalah lainya. Jadi pastikan Anda menggunakan tenaga ahli dalam pemasangannya, walaupun merogoh kocek lebih dalam di awalnya, namun Anda akan menghemat dana di kemudian hari karena nilai yang Anda dapatkan akan sebanding dengan tenaga dan modal yang dikeluarkan.

Kedua : Perawatan Marmer Sangat Sulit

Sebagian orang menghindari pemakaian marmer karena mereka meyakini marmer sebagai material yang membutuhkan perawatan khusus dengan biaya extra. Padahal faktanya, marmer tidak terlalu memerlukan pembersihan dan perawatan ekstra yang merepotkan. Hal paling dasar yang harus Anda lakukan adalah memberikan lapisan pelindung atau coating pada permukaan marmer saat pertama kali memasangnya. Jika lapisan ini sudah terpasang dengan sempurna, maka marmer Anda akan aman dari air, goresan, panas dan pori-porinya tertutup sempurna sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi. Dengan melapisi permukaan marmer, maka akan membantu melindunginya dari goresan dan noda serta memudahkan proses pembersihan maupun perawatan. Sisanya, jika permukaan marmer terkena noda, maka Anda disarankan untuk membersihkannya sesegera mungkin dan Anda hanya perlu membersihkan marmer dari debu atau kotoran secara rutin. Jika sudah terlihat agak kusam dan digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa melakukan proses coating lagi pada permukaan marmer. Motif dan warna marmer akan kembali berkilau tanpa perlu membeli marmer baru. Selanjutnya, keindahan dan kemewahan marmer Anda bisa dinikmati dalam jangka panjang. 

Ketiga : Permukaan Marmer Mudah Berubah (Tidak Awet dan Rapuh)

Kata si A: “permukaan marmer mudah berubah, kadang berpasir, mudah tergores, tidak awet”. Sebelum mempercayai mitos ini, lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya. Marmer memang dapat berpasir jika tidak  melalui proses coating terlebih dahulu. Jika pada awal pemasangan marmer, ternyata marmer yang belum di coating, maka Anda akan merasakan permukaan marmer tersebut berpasir atau biasa disebut dengan sanded grout. Hal ini sangat wajar mengingat bahwa marmer adalah batu alam yang memang berasal dari pasir mineral yang dapat terurai jika tidak dilapisi khusus. 

Goresan pada marmer sebenarnya dapat dihindari dengan meminimalisir gesekan antara marmer dengan permukaan lain yang tingkat kepadatannya lebih tinggi atau lebih tajam. Cegah aktivitas yang dapat menyebabkan gesekan marmer yakni: menggeser furniture tanpa menggunakan alas meletakkan barang dengan kasar, menghantam marmer dengan pisau, menjatuhkan barang berat dan keras, dan hal berbahaya lainnya. Pastikan marmer Anda dilapisi terlebih dahulu sebelum dipasang sehingga mitos ini tidak akan terjadi. Yakinlah bahwa marmer adalah material  bangunan yang sangat kuat karena begitu banyak bangunan marmer megah dari peradaban Romawi dan Yunani kuno yang masih bertahan hingga sekarang. Bangunan marmer tersebut mampu bertahan selama ribuan tahun dan keindahannya tak luntur. Selain itu, marmer juga dikenal tahan terhadap semua jenis suhu dan kondisi cuaca, yang berarti bentuk dan karakteristiknya tidak mudah berubah. Contohnya marmer digunakan dalam pembangunan Taj Mahal, sudah bertahan lebih dari 400 tahun hingga kini serta masih berdiri kokoh dan tampak murni seperti dulu. Ini adalah bukti yang menunjukkan bahwa marmer benar-benar memiliki kualitas tahan lama yang tinggi.  Dengan demikian, mitos yang menyebut marmer sangat rapuh dan tidak awet terbukti salah. Jadi dari sudut pandang pembeli, Anda bisa lebih yakin bahwa material ini akan mampu bertahan lama bila diaplikasikan pada rumah Anda.

Keempat : Pilihan Variasi Desain yang Terbatas

Anda mungkin datang ke supplier marmer yang hanya memiliki koleksi marmer yang sedikit sehingga mengira desain marmer sangat terbatas. Cobalah datang ke supplier marmer yang lengkap seperti MM Galleri. Showroom kami menyediakan ratusan jenis marmer dengan urat, motif dan warna yang berbeda-beda. Marmer tersebut didatangkan dari seluruh dunia. Anda tidak akan kesulitan untuk menentukan desain dengan menggunakan marmer terbaik dari MM Galleri. Jika dibandingkan dengan pelapis lainnya misalnya keramik, marmer justru memiliki desain yang terbatas. Kenapa? Karena setiap marmer terbentuk secara unik oleh proses alami sehingga setiap tambang menghasilkan marmer yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu tambang bisa menghasilkan beberapa jenis marmer sekaligus. Setiap bongkahan batu marmer juga memiliki warna dan motif yang tidak sama persis satu sama lain. Sedangkan, keramik dibuat oleh pabrik hanya untuk motif tertentu dalam jumlah besar. Motif dan warna yang sama dapat digunakan oleh siapapun yang membeli keramik tersebut tidak ada yang benar-benar unik dan eksklusif.

Kelima : Permukaan Marmer yang Mudah Ternoda, Tidak Aman untuk Makanan dan Memicu Pertumbuhan Bakteri

Permukaan marmer yang tidak di coating dapat terbuka dan menyebabkan masuknya cairan atau debu dan menimbulkan noda yang sulit dihilangkan. Jadi hal itu tidak akan terjadi selama Anda membeli marmer di MM Galleri, karena kami adalah penyedia marmer profesional yang menggunakan resin khusus untuk menutup pori-pori marmer. Selain itu, kami juga menambah lapisan pelindung atau coating sehingga pori-pori marmer akan tertutup secara maksimal. Dengan perkembangan teknologi terkini, permukaan marmer menjadi lebih kuat dan memiliki daya tahan dari noda jauh lebih baik dari sebelumnya. Bahan kimia yang dipergunakan juga aman. Proses ini juga akan menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri sehingga permukaan marmer akan aman untuk makanan. Jadi marmer bisa bebas dari bakteri. Tapi sebaik apapun permukaan marmer kalau tidak pernah dibersihkan juga dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Jadi jangan lupa untuk membersihkan meja marmer atau meja dapur yang digunakan untuk mengolah makanan secara rutin.  

Keenam : Harga yang Cukup Mahal

“Tapi, Marmer kan mahal!” Tidak dapat dipungkiri bahwa modal awal untuk membeli marmer memang lebih tinggi daripada keramik pabrikan sehingga harus disiapkan extra budget bila ingin menggunakan marmer sebagai pelapis dinding Anda. Ada Harga Ada Rupa, begitulah pepatah yang tepat. Untuk tampilan alami marmer yang begitu unik, ada harga yang harus dibayar, namun itu sepadan dengan manfaat yang akan Anda terima. Kesan mewah pada bangunan akan Anda dapatkan, sehingga rumah Anda pun akan memiliki harga jual yang jauh lebih mahal dibandingkan rumah lain yang tidak menggunakan marmer. Sebenarnya, ada banyak jenis marmer yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi. Harga marmer biasanya tergantung pada ketersediaan jumlah dan kelangkaannya, semakin langka  maka akan semakin mahal. Lembaran marmer yang terjangkau juga banyak sehingga tidak menguras kantong Anda. Anda tidak perlu khawatir, MM Galleri akan menunjukkan semua opsi yang bisa disesuaikan dengan budget jika Anda memang tertarik untuk menggunakan material marmer. 

Keenam mitos diatas terbukti salah dan tidak akan terjadi pada dinding marmer Anda selama Anda berkonsultasi dengan pihak yang tepat. Untuk itu, MMGALLERI.ID hadir sebagai  showroom terlengkap yang dapat memberikan pilihan  marmer terbaik yang disesuaikan dengan budget Anda. Segera datang ke showroom kami dan pilih marmer yang Anda inginkan untuk mewujudkan rumah impian Anda.

One Comment

  1. Magnificent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just too excellent.
    I really like what you have acquired here, certainly like what you’re saying
    and the way in which you say it. You make it enjoyable and you
    still care for to keep it wise. I can’t wait
    to read far more from you. This is really a great site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *