...

Marmer merupakan bahan bangunan yang bisa diaplikasikan pada bagian interior maupun eksterior rumah. Salah satu pemanfaatan material marmer adalah pada lantai rumah. Selain itu, marmer juga bisa diaplikasikan pada dinding rumah.

Marmer adalah jenis batu alam yang bersifat kuat, kokoh, tahan api, dan tidak mudah tergores. Karena karakteristik tersebut, marmer lebih tahan lama dan tetap terlihat baru dan mewah walaupun sudah lama digunakan.

Jenis Marmer Favorit

Ada berbagai jenis marmer yang umum digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah. Masing-masing memiliki tampilan yang berbeda. Berikut daftarnya.

1. Statuary Marble

Jenis marmer ini terlihat halus atau tidak memiliki pola dan tekstur yang jelas. Warnanya pun putih dan bersih sehingga cocok untuk menciptakan kesan yang mewah dan elegan.

2. Architectural Marble

Marmer jenis ini hadir dengan visual warna serta pola yang bervariasi. Tampilannya pun lebih menarik dan menawarkan nilai estetik tinggi. Biasanya marmer ini digunakan untuk bangunan maupun ornamen arsitektural.

3. Ruin Marble

Ruin marble adalah jenis marble dengan tekstur halus. Namun, ada tampilan kristal abstrak di permukaannya. Ruin marble banyak digunakan sebagai material untuk membuat elemen dekoratif.

4. Marble

Marmer ini memiliki tampilan transparan yang jernih. Batu alam ini digunakan sebagai bahan bangunan untuk menciptakan kesan mewah dan elegan.

5. Breccia Marble

Breccia marble adalah batu marmer dengan pola dan tekstur yang kasar. Karena itu, marmer ini kerap digunakan pada bagian eksterior. Walaupun tampak kasar, aksen tersebut membuatnya terlihat penuh karakter.

6. Cipolin Marble

Cipolin marble identik dengan pola yang abstrak. Marmer ini biasa dipakai pada zaman dahulu untuk membangun bangunan Yunani bernuansa kuno.

7. Limestone

Ini juga merupakan salah satu jenis marmer yang banyak digunakan untuk bangunan. Karakteristik utamanya adalah memiliki warna cokelat natural.

Tips Menentukan Marmer yang Tepat untuk Rumah

Tips Menentukan Marmer yang Tepat untuk Rumah

Marmer adalah material bangunan yang memiliki sejumlah kelebihan. Selain kokoh dan tahan lama, perawatan permukaan marmer juga tidak terlalu sulit. Namun, sebelum memutuskan jenis marmer yang tepat untuk hunian, perhatikan beberapa tips berikut ini.

A. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Marmer yang dominan berwarna cerah akan menciptakan kesan lapang pada ruangan. Karena itu, jenis marmer seperti ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang berukuran tidak terlalu besar. Selain itu, ruangan untuk beraktivitas seperti ruang tamu dan ruang keluarga bisa memakai marmer berwarna cerah.
Untuk kamar tidur, Anda sebaiknya memilih jenis marmer dengan warna gelap. Hal ini untuk menciptakan kesan sejuk pada ruangan. Begitu pula di dapur, marmer berwarna gelap lebih disarankan karena noda tidak mudah terlihat.

B. Sesuaikan dengan Perabotan Rumah

Selanjutnya, Anda juga perlu menyesuaikan jenis marmer yang akan digunakan dengan perabotan di rumah. Jika sebagian besar perabotan rumah terbuat dari kayu, sebaiknya hindari menggunakan marmer berwarna senada.
Tampilan ruangan akan lebih menarik jika Anda memilih marmer berwarna putih atau krem. Setiap jenis marmer juga memiliki pola yang beragam. Hal ini perlu diperhatikan agar tetap serasi dengan desain ruangan.

C. Sesuaikan dengan Bujet yang Tersedia

Berapa bujet yang telah dipersiapkan untuk memasang marmer di rumah? Hal ini perlu diperhatikan sejak awal karena harga setiap jenis marmer berbeda-beda. Namun, harga dan produk yang akan didapatkan biasanya berbanding lurus. Karena itu, jika ingin membangun rumah yang tampak elegan dengan marmer yang cantik, persiapkan bujet yang lebih tinggi.

Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan saat memilih jenis marmer untuk bangunan rumah. Anda bisa mengecek koleksi marmer yang tersedia di MM Galleri lebih dulu sebelum menentukan pilihan. Menawarkan corak dan motif yang beragam, Anda dapat merancang hunian dengan desain sesuai keinginan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.