Pintu menjadi elemen yang sangat penting bagi setiap rumah, mulai dari rumah yang kecil hingga rumah berukuran besar. Khusus untuk rumah mewah, pintu menjadi bagian yang akan mendapatkan perhatian lebih karena akan mempengaruhi nilai estetika dan keindahan dari rumah tersebut.

Dari banyaknya faktor yang harus diperhatikan dari pintu untuk sebuah rumah mewah, salah satu yang terpenting adalah ukurannya. Mengenali ukuran pintu untuk rumah mewah memang menjadi bagian yang harus diperhatikan karena tentunya akan berpengaruh terhadap penampilan rumah secara keseluruhan. Maka dari itu, anda juga harus mengenali ukuran pintu yang tepat untuk rumah mewah agar anda bisa menentukan ukuran pintu yang tepat. Inilah beberapa ukuran pintu untuk rumah mewah yang harus anda ketahui:

1. Lebar

Hal pertama yang harus anda perhatikan dari ukuran pintu utama untuk rumah mewah adalah lebarnya. Sudah menjadi stigma umum kalau ukuran pintu utama pada rumah mewah biasanya lebih lebar dibandingkan pintu pada umumnya. Ukuran yang lebih lebar ini akan memberikan kesan mewah ketika pertama kali anda melihatnya dari luar. Bahkan kesan mewah ini masih akan terasa begitu anda masuk ke dalam rumahnya melalui pintu yang lebih lebar tersebut. 

Umumnya, lebar pintu pada rumah mewah berkisar antara 90 cm sampai 120 cm untuk pintu single. Bagi pintu ganda, ukurannya bisa lebih besar mencapai 180 cm sampai 240 cm. Pastinya ukuran tersebut bergantung pada desain dan kebutuhan. 

Selain pintu utama, pintu interior di dalam rumah mewah juga pastinya lebih besar dari kebanyakan pintu pada umumnya. Ukuran ideal untuk pintu rumah pada rumah mewah umumnya berkisar antara 80 cm sampai 90 cm. Namun, bergantung lagi pada kebutuhan desain dan besarnya ruangan. Tentu saja ada ruangan yang membutuhkan pintu interior berukuran lebih besar.

Jenis pintu terakhir yang harus diperhatikan kelebarannya pada rumah mewah adalah pintu kamar mandi. Biasanya tidak ada perbedaan terlalu mencolok antara ukuran kamar mandi pada rumah mewah dan rumah standar. Lebar pintu kamar mandi pada rumah mewah umumnya sekitar 60 cm hingga 75 cm.  

2. Tinggi

Setelah mengenali ukuran lebar pintu pada rumah mewah, selanjutnya anda juga harus mengetahui ukuran tinggi pintu untuk rumah mewah. Pintu standar biasanya memiliki tinggi yang kurang lebih sekitar 200 cm hingga 210 cm menyesuaikan tinggi dari manusia yang akan melewatinya. Namun, ukuran pintu untuk rumah mewah bisa melebihi ukuran tersebut. 

Ukuran yang lebih tinggi dipilih untuk memberikan kesan yang mewah, megan, dan elegan. Pintu yang lebih tinggi hingga mencapai 300 cm bisa menciptakan efek dramatis serta memberikan ruang yang besar dan banyak bagi dekorasi pintu. 

Pintu ganda untuk rumah mewah tentu memiliki ukuran yang berbeda dibandingkan pintu biasa. Ukurannya juga lebih besar bisa mencapai 300 cm. Tentu saja tujuannya untuk menciptakan kesan mewah dan elegan. Pintu ganda akan lebih cocok untuk rumah mewah dengan plafon yang tinggi. 

3. Ketebalan

Lebar dan tinggi memang menjadi pengukuran yang paling utama untuk mengenali pintu yang akan digunakan untuk rumah mewah. Namun, anda juga harus memperhatikan ketebalannya karena berpengaruh terhadap kekokohan dari pintu tersebut. Umumnya pintu utama pada rumah mewah memiliki ketebalan kurang lebih sekitar 4 cm hingga 5 cm bergantung pada tinggi dan lebar dari pintu tersebut. 

Semakin tebal pintu, maka bisa memberikan rasa aman yang semakin baik. Selain itu, kestabilan pintu yang tebal juga lebih baik dibandingkan pintu yang tipis sehingga lebih aman untuk penghuni rumah. Kesan mewah juga tampak lebih bagus pada pintu yang lebih tebal. 

Sedangkan pintu interior pada rumah mewah pastinya memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan pintu utama. Pintu interior pada rumah mewah biasanya memiliki ketebalan sekitar 3 cm hingga 4 cm yang membuatnya tampak lebih ramping. Namun dengan ketebalan tersebut, pintu interior juga masih kuat dan kokoh. Untuk pintu interior, ketebalan tersebut juga membuat desain dari pintu tetap menawan. 

4. Desain Khusus

Pada rumah mewah, biasanya pintu yang digunakan memiliki ukiran dan ornamen yang sulit serta detail. Ukiran dan ornamen tersebut pastinya membuat pintu harus memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari lebar, tinggi, hingga ketebalan. Desain khusus pada pintu rumah tidak hanya menambah keindahan, tetapi juga menunjukkan karakter dan kepribadian dari pemilik rumah sehingga memang harus diperhatikan. 

Selain dengan desain dan ornamen khusus, pintu pada rumah mewah juga sering menggunakan panel kaca sebagai desainnya. Tambahan kaca ini akan memberikan kesan elegan dan modern pada rumah mewah. Selain itu, penggunaan kaca juga akan membuat pencahayaan alami lebih mudah masuk ke dalam rumah. 

Tentunya anda harus memperhatikan ukuran kaca yang digunakan agar bisa menyesuaikan dengan ukuran pintu. Biasanya kaca akan berukuran lebih kecil dibandingkan keseluruhan desain untuk menjaga keseimbangan kaca dan material lainnya dalam pembuatan pintu mewah. 

Desain khusus lainnya yang membutuhkan perhitungan tepat adalah pintu geser atau pintu lipat. Kedua jenis pintu tersebut dapat menghemat ruang dan memberikan kesan modern pada rumah mewah. Namun, ukuran pintu harus tepat agar pintu tersebut dapat berfungsi dengan tepat. 

5. Bahan Berkualitas Tinggi

Hal terakhir yang harus diperhatikan untuk menentukan ukuran pintu rumah mewah setelah mengetahui lebar, tinggi, ketebalan, dan desain khusus yang dibutuhkan adalah penggunaan bahan. Tentunya anda ingin menggunakan bahan yang berkualitas tinggi untuk membuat pintu pada rumah mewah anda. Salah satu bahan berkualitas tinggi yang bisa menjadi pertimbangan anda adalah Marmer. 

Marmer memang suatu bahan alami yang berkualitas tinggi dengan elemen detail untuk pintu rumah mewah. Selain itu, Marmer juga bisa memberikan kesan mewah dan elegan pada tampilan depan rumah. Didukung dengan desain interior yang bagus dari Marmer, maka keseluruhan rumah akan tampak lebih mewah dan elegan. 

Marmer sangat cocok menjadi bahan untuk dijadikan pintu pada rumah mewah karena material yang satu ini sangat mudah untuk dibersihkan serta dirawat. Dengan posisi yang menghadap keluar ruangan, maka anda membutuhkan pintu yang mudah dibersihkan dan dirawat. 

Sebagai palang pintu utama, maka pintu pada rumah mewah juga harus kuat dan kokoh. Marmer sendiri merupakan material yang kuat dan tahan dalam berbagai kondisi cuaca. Hal ini bisa terjadi karena Marmer sendiri merupakan batuan yang terbentuk secara alami selama ratusan juta tahun dengan melalui proses suhu yang sangat ekstrim. 

Tentunya anda harus menemukan Marmer yang berkualitas agar bisa membuat pintu rumah mewah yang bagus. Anda bisa menemukan Marmer dengan kualitas terbaik di MM Galleri, sebuah produsen Marmer yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun.

CALACATTA PAONAZZO

Mengetahui ukuran pintu untuk rumah mewah memang sangat penting karena akan mempengaruhi desain keseluruhan rumah. Maka dari itu, ketahui lebar, tinggi, ketebalan, desain khusus, serta bahan yang akan anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *