Artificial stone atau batu buatan merupakan batu yang dibuat oleh manusia dengan mengikuti karakteristik dari batu alam sehingga sering menjadi pilihan lain sebagai bahan konstruksi dalam membangun rumah atau bangunan. Berbagai macam artificial stone yang paling umum digunakan adalah quartzite, engineered stone, dan masih banyak lain.

Manfaat artificial stone juga ada banyak, seperti menjadi lantai, dinding, countertop dapur, fasad bangunan, dan berbagai jenis dekorasi di dalam ruangan. Keunggulan artificial stone juga tidak kalah dari batu alam. Inilah beberapa keunggulan artificial stone terbaru yang harus anda ketahui:

1. Estetika yang Menarik

Keunggulan utama dari batu alam adalah tampilannya yang dinilai memiliki nilai estetika menarik. Artificial stone atau batu buatan juga memiliki tampilan yang tidak kalah menarik dari batu alam karena memang batu buatan dibuat berdasarkan batu alam.

Selain itu, batu buatan bahkan dibuat dengan teknologi canggih sehingga polanya bisa disesuaikan dengan keinginan. Bahkan anda bisa membuat artificial stone sesuai dengan desain dari batu marmer, granit, dan berbagai jenis batu alam lainnya.

2. Memiliki Ketahanan yang Tinggi

Punya ketahanan yang tinggi terhadap tekanan, goresan, suhu ekstrem, dan benturan juga menjadi keunggulan lainnya dari artificial stone. Proses pembuatan artificial stone yang dibakar dalam suhu yang sangat tinggi dan tambahan bahan sintetis membuat batu buatan sangat padat dan solid sehingga tidak mudah rusak.

Bahkan soal ketahanan, artificial stone bisa dibilang lebih bagus dibandingkan beberapa batu alam. Maka dari itu, anda bisa mengganti penggunaan batu alam dalam bidang konstruksi menjadi artificial stone.

3. Tekstur yang Keras

tekstur artificial stone yang keras

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau artificial stone memiliki ketahanan yang sangat tinggi sehingga bisa menahan berbagai tekanan. Karena itu, tidak heran kalau artificial stone memiliki tekstur yang keras dan sangat padat. 

Tekstur yang keras tersebut memungkinkan artificial stone untuk bisa menahan berbagai goresan dan tekanan sehingga sangat cocok dijadikan countertop dapur yang biasanya bergesekan dengan benda tajam.

4. Memiliki Perawatan yang Mudah

Perawatan yang cukup sulit menjadi salah satu kelemahan dari penggunaan batu alam dalam bidang konstruksi. Kelemahan yang satu ini dapat ditutupi dengan terciptanya artificial stone. Cukup menggunakan air bersih dan produk pembersih saja sudah cukup untuk membersihkan artificial stone. 

Jika artificial stone atau batu buatan terkena noda atau kotoran, cukup bersihkan menggunakan lap basah saja. Merawat artificial stone atau batu buatan memang sangat mudah sehingga bisa menjadi pengganti batu alam yang ideal. 

5. Variasi Warna Sesuai Kebutuhan

Keunggulan lainnya dari artificial stone dibandingkan batu alam adalah tampilannya yang lebih fleksibel. Tidak seperti batu alam yang memiliki tampilan yang tetap, desain tampilan artificial stone dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Para produsen dapat mencampurkan berbagai pigmen warna dalam proses pembuatan artificial stone sehingga menciptakan desain batu buatan yang diinginkan. 

Tentu saja hal ini akan membuat anda semakin mudah membuat dekorasi ruangan sesuai dengan yang anda inginkan. Terlebih lagi anda tidak perlu memusingkan tampilan yang anda karena tampilan artificial stone bisa disesuaikan dengan keinginan. 

6. Ketahanan Terhadap Cuaca Ekstrem

Banyak yang mengatakan kalau artificial stone tidak akan memiliki ketahanan yang sama dengan batu alam yang asli. Namun, batu buatan tetap memiliki ketahanan yang sangat bagus. Salah satu ketahanan artificial stone yang sudah teruji adalah mampu menahan suhu yang ekstrim. 

Bahkan artificial stone dapat menahan hujan, embun beku, dan paparan sinar UV. Tentu saja keunggulan yang satu ini membuat artificial stone sangat berguna digunakan sebagai fasad bangunan, lantai atau dinding luar ruangan, dan sebagai bahan pembuatan teras. 

Tampilan artificial stone yang dinilai memiliki nilai estetika tinggi juga akan tetap terjaga, meski sedang terpapar cuaca yang sangat ekstrem. Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan artificial stone sebagai eksterior. 

7. Permukaan Halus dan Non-Poros

Jika menggunakan batu alam, anda tidak akan bisa mengatur tampilan dan permukaan batu tersebut sesuka hati. Terkadang ada beberapa batu alam yang berpori dengan permukaan yang kasar. Sedangkan artificial stone memiliki permukaan yang halus sebagai salah satu keunggulannya. 

Memang permukaan artificial stone juga bisa dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan keinginan anda. Bahkan artificial stone bisa dibuat menjadi lebih halus tanpa ada pori sama sekali. 

Hal ini tentu saja membuat artificial stone atau batu buatan menjadi lebih bersih dan higienis karena bakteri juga tidak akan bisa menembus batu buatan ini sama sekali. Maka dari itu, anda tidak perlu takut menggunakan batu buatan atau artificial stone sebagai eksterior, seperti fasad bangunan. 

8. Tidak Mudah Kena Jamur (Lembab)

Kalau berbicara soal kebersihan, batu buatan atau artificial stone sedikit lebih unggul dibandingkan jenis batu alam karena batu buatan memang didesain agar lebih bersih dan higienis. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau batu buatan atau artificial stone tidak memiliki pori sama sekali sehingga tidak akan ada bakteri yang bisa menembusnya. Selain tahan terhadap bakteri, artificial stone atau batu buatan juga tidak mudah terkena jamur meski dalam keadaan lembab. 

Kenapa jamur tidak mudah tumbuh pada batu buatan atau artificial stone? Jamur tidak akan tumbuh pada artificial stone karena memang batu buatan ini terbuat dari bahan sintetis yang tidak disukai oleh jamur. Bahan sintetis sendiri akan membuat jamur atau lumut sangat sulit berkembang. 

Makanya, anda bisa menggunakan artificial stone pada ruangan yang cukup lembab. Anda bisa menggunakan artificial stone atau batu alam dalam kamar mandi, dapur atau luar ruangan yang mungkin saja akan sering terkena hujan. 

9. Mudah Dipasang atau Diaplikasikan

Pada umumnya, artificial stone dijual dengan berbagai ukuran tebal, panjang, dan lebar. Anda bisa menemukan artificial stone atau batu buatan dalam ukuran yang kecil hingga ukuran yang sangat besar sekalipun. Anda bisa membeli artificial stone atau batu buatan dalam ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Biasanya artificial stone memang dibuat dalam bentuk lembaran sehingga sangat mudah dipasang dan diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan dalam bangunan. Bukan tidak mungkin anda bisa memasang artificial stone sebagai dinding, lantai, hingga dekorasi lainnya di dalam maupun luar ruangan. Maka dari itu, tidak heran kalau harga pemasangan artificial stone juga lebih murah dibandingkan memasang batu alam. 

Artificial stone atau batu buatan memang menjadi salah satu material yang cukup menarik sebagai bahan bangunan, terlebih lagi setelah anda melihat semua kelebihan dari batu buatan ini. Ketahanan yang sangat baik, tampilan yang bervariasi, sehingga lebih mudah dirawat memang menjadi daya tarik tersendiri bagi batu buatan atau artificial stone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *