...

Batu marmer adalah batu alam yang terbentuk dari perubahan batu kapur yang terkena suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Karena terbentuk dari batu kapur dan terkena tekanan yang sangat tinggi, batu alam yang satu ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Kekuatan batu marmer yang sangat tinggi membuatnya sangat mudah digunakan untuk berbagai hal. Apa manfaat marmer yang harus anda ketahui? Inilah beberapa manfaat batu marmer yang harus anda tahu sebelum membelinya:

1. Keindahan Estetika

Manfaat dari marmer pertama yang paling dicari orang adalah keindahan estetika. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau batu marmer merupakan batu alam yang terbentuk secara alami. Karena terbentuk secara alami, tidak ada motif dari batu marmer yang bisa ditebak ataupun dibuat. Terbuat secara alami membuat motif dari batu marmer sangat terbatas sehingga membuat nilainya semakin mahal.

Proses pembentukan dalam waktu yang cukup lama akan membuat batu marmer mengalami perubahan bentuk seperti kristal. Beberapa warna batu marmer adalah putih, abu-abu, hitam, hijau, merah, biru, dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang membuat batu marmer unik adalah corak garis tipis dengan warna yang berbeda dari warna dasarnya.

Batu marmer memang dinilai memiliki nilai estetika yang sangat indah dan sering dijadikan bahan untuk membuat gedung indah, seperti hotel, tempat ibadah, pembuatan patung, dan lain sebagainya. Selain indah, motif batu marmer juga sangat banyak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.  

2. Tingkat Ketahanan

Batu alam yang satu ini terkenal memiliki ketahanan yang sangat kuat. Hal ini bisa terjadi karena memang dalam proses pembentukannya, batu marmer sering terkena tekanan dan suhu yang sangat tinggi di dalam bumi. Proses ini membuat batu yang satu ini sangat solid.

Karena tingkat ketahanan yang sangat tinggi, batu marmer sering dimanfaat menjadi pondasi dasar dalam pembuatan pondasi dasar konstruksi. Anda bisa memanfaatkan batu marmer untuk membuat pondasi sebuah rumah atau gudang lainnya

3. Kekuatan Bahan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau batu marmer memiliki ketahanan yang sangat kuat. Proses pembentukannya dalam suhu yang sangat tinggi membuat batu marmer memiliki kekuatan yang sangat baik. Batu marmer memang akan sulit dihancurkan. Terlebih dengan perawatan yang tepat akan membuat batu alam yang satu ini bisa digunakan seumur hidup.

Marmer memang terbuat dari kalsium karbonat, sebuah mineral yang memang terkenal sangat kuat. Kalsium sendiri merupakan salah satu mineral yang membentuk tulang kita dan anda tahu kalau tulang manusia cukup kuat.

Selain itu, komposisi bahan lainnya yang menyusun batu marmer juga sangat kuat sehingga akan membuat marmer tidak mudah hancur.

4. Kepadatan Relatif Tinggi

Pembakaran dalam tingkat yang tinggi memang bisa membuat suatu objek menjadi lebih padat dan solid. Hal ini juga lah yang terjadi kepada batu marmer. Suhu yang sangat tinggi membuat batu marmer memiliki kepadatan yang relatif tinggi. Hal ini membuat batu marmer sangat sulit untuk dihancurkan.

5. Penggunaan yang Beragam

Setelah membahas beberapa keunggulan batu marmer pada poin sebelumnya, saatnya untuk membahas manfaat dari batu marmer. Batu alam yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Inilah beberapa manfaat dari penggunaan batu marmer:

a. Konstruksi Bangunan

Salah satu keunggulan dari batu marmer yang paling sering disinggung adalah kekuatan, kepadatan, dan ketahanannya. Hal inilah yang membuat batu marmer sering dimanfaatkan menjadi konstruksi suatu bangunan. Batu marmer dapat dimanfaatkan untuk menjadi konstruksi rumah, hotel, tempat ibadah, dan berbagai bangunan lainnya.

Namun, tentu saja penggunaan batu marmer sebagai konstruksi bangunan harus dipasang secara benar. Tidak hanya itu, masih butuh bahan lain agar batu alam ini dapat menjadi bahan konstruksi yang kokoh.

b. Furniture

Batu marmer juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan furniture di dalam rumah. Anda bisa membuat meja, kursi, hingga lemari dengan menggunakan batu marmer. Tentu saja harga furniture yang dibuat menggunakan marmer jauh lebih mahal.

Kalau anda menggunakan furniture yang terbuat dari batu marmer, maka pastikan melakukan perawatan yang benar agar furniture tersebut tetap dalam keadaan baik dan dapat digunakan seumur hidup.

c. Dekorasi

Kelebihan utama dari batu marmer adalah keindahan estetika. Dengan kelebihan tersebut, anda bisa memanfaatkan batu marmer sebagai dekorasi sebuah ruangan. Batu marmer dapat dibuat menjadi vas bunga, tampilan di dinding, dan hal lain sebagainya yang membuat ruangan semakin indah.

Anda bahkan bisa membuat batu-batuan dari marmer yang diletakkan di taman sehingga membuat taman menjadi lebih cantik. Kalau ingin memperbagus dalam ruangan dengan marmer, maka anda bisa menggunakannya sebagai langit-langit ruangan.

d. Batu Nisan

Batu nisan juga bisa dibuat dari bahan marmer. Marmer dengan keindahan serta ketahanan yang kuat akan membuat batu nisan terlihat lebih cantik dan tidak akan mudah rusak.

6. Daya Tahan Terhadap Panas

Seperti yang sudah sering dijelaskan sebelumnya kalau batu marmer mengalami proses pembentukan dari panas yang sangat ekstrim sehingga daya tahan batu alam yang satu ini terhadap panas juga sangat teruji.

Dengan manfaat yang satu ini, batu marmer sangat cocok sebagai bahan dasar untuk membuat perapian. Tidak hanya itu, batu alam yang satu ini juga cocok untuk dijadikan meja dapur yang memang membutuhkan bahan yang kuat terhadap panas. Namun, anda harus berhati-hati karena batu marmer tidak kuat terhadap asam sehingga cukup rentan kalau menjadi bahan pembuat ruangan dapur.

Karena cukup terhadap panas, batu marmer juga cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat rumah atau bangunan lainnya di negara dengan daerah tropis, salah satunya adalah Indonesia.

7. Memiliki Sifat Penyaringan

Manfaat lainnya dari batu marmer yang kurang diketahui oleh banyak orang adalah sifat penyaringan. Batu alam yang satu ini memang memiliki sifat penyaringan yang akan membuat ruangan menjadi lebih nyaman untuk ditempati.

8. Nilai Investasi

Manfaat utama dari batu marmer adalah keindahan estetika. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau batu marmer terbentuk secara alami sehingga motif yang terbentuk juga tidak bisa dipilih. Ada beberapa motif marmer yang cukup mudah ditemukan, tetapi ada juga motif batu marmer yang sangat langka.

Motif marmer yang langka tersebut akan semakin mahal di mata para kolektor batu marmer. Karena itu, tidak salah kalau menyebut batu marmer sebagai salah satu investasi. Batu alam yang satu ini memang memiliki nilai investasi yang bisa semakin meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Batu marmer bisa anda manfaatkan untuk banyak hal, mulai dari konstruksi pembangunan, dekorasi, batu nisan, hingga investasi. Kalau anda ingin membangun desain interior menggunakan batu marmer, maka anda bisa menghubungi MM Galleri yang menyediakan batu marmer asli dengan kualitas terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.