...

Batu dekton merupakan salah satu jenis batu buatan yang dibuat oleh manusia dengan teknologi canggih. Disebut sebagai batu alam tiruankarena memang terbuat dari mineral yang terdapat dari alam. Setidaknya ada 20 mineral alam yang membentuk batu dekton sehingga memiliki keunggulan dari berbagai batu alam.

Keunggulan batu dekton memang ada banyak sekali karena memang terbuat dari mineral alami yang sangat banyak. Karena keunggulan ini, batu dekton sering kali dimanfaatkan dalam bidang arsitektur. Inilah beberapa keunggulan dari batu dekton yang perlu anda ketahui: 

1. Tahan Terhadap Berbagai Cuaca

Ada beberapa jenis batu buatan yang memang terbukti bisa bertahan menghadapi berbagai cuaca, termasuk cuaca ekstrem. Beberapa dekton yang memiliki kelebihan ini adalah batu granit, batu marmer, batu candi, dan masih banyak lagi. Kesamaan dari semua batu alam tersebut adalah mineral yang terkandung di dalamnya. 

Mineral pada berbagai batu tersebut juga ada pada dekton sehingga membuat dekton tidak gampang rusak dihadapkan pada berbagai cuaca. Biasanya ada beberapa bahan bangunan yang gampang rusak begitu terkena panas matahari yang sangat ekstrem belakangan ini dalam waktu yang sangat lama. 

Sedangkan dekton dapat bertahan menghadapi suhu yang sangat panas tersebut. Selain tahan menghadapi panas, dekton juga terkenal mampu menghadapi hujan yang sangat lebat. Dekton memang terkenal memiliki kelebihan dari air. 

2. Tahan Sinar UV

Masih berkaitan dengan ketahanan terhadap cuaca, batu dekton juga tahan terhadap sinar UV atau sinar ultraviolet. Sinar UV sebaiknya dihindari karena memang memiliki beberapa dampak buruk, baik bagi manusia maupun bahan bangunan. 

Untuk manusia, sinar UV dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit sehingga sekarang banyak produk pelindung kulit dari sinar UV. sedangkan pada bahan bangunan, sinar UV dapat mengubah susunan kimia sehingga menyebabkan bahan bangunan menjadi mudah mengelupas hingga pada akhirnya menjadi retak. 

Untungnya, batu dekton tahan terhadap sinar UV sehingga membuatnya tidak mudah rusak meski terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Dekton memang terbuat dari beberapa bahan yang sangat kebal terhadap matahari. Anda tidak perlu khawatir tentang kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV kalau anda menggunakan dekton. 

3. Tahan Terhadap Goresan

Kelebihan lainnya dari batu dekton yang harus anda perhitungkan adalah batu buatan yang satu ini tahan terhadap goresan. Batu dekton memang terkenal memiliki kekuatan yang sangat baik dalam menghadapi tekanan, suhu ekstrem, hingga goresan benda tajam yang biasanya bisa menggores beberapa jenis batu alam. 

Dengan kelebihan yang satu ini, batu dekton sangat cocok digunakan sebagai meja dapur yang biasanya memang banyak menggunakan benda tajam. Tidak hanya itu saja, dekton juga cocok dijadikan dinding rumah karena memang memiliki kekuatan yang sangat bagus. 

Dekton bisa memiliki ketahanan yang bagus terhadap goresan karena memang memiliki mineral yang dapat menahan goresan. Sebelum memasang dekton, anda bisa melakukan tes ketahanan goresan terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya. 

4. Tidak Menyerap Cairan & Noda

Berbicara tentang kekuatan dekton dalam menghadapi cuaca ekstrem, termasuk hujan yang lebat ternyata disebabkan karena dekton memang tidak menyerap cairan atau noda sama sekali. 

Biasanya ada beberapa jenis batu buatan yang menyerap air sehingga bisa meninggalkan bercak, seperti batu kapur yang akan menjadi kotor kalau terkena air dalam waktu yang cukup lama. Ada pula beberapa jenis batu yang tidak tahan terhadap cairan kimia, seperti batu marmer. 

Sedangkan batu dekton tidak akan menyerap cairan atau noda sehingga tidak akan meninggalkan bekas noda sekalipun terkena benda cair ataupun benda kimia tertentu. Hal ini akan membuat rumah anda selalu tampak bersih. 

5. Warna & Pola Variatif

Karena dibuat oleh manusia, batu dekton umumnya memiliki warna dan pola yang variatif. Anda bisa meminta batu dekton dengan warna dan pola yang anda inginkan. Selain itu, anda juga bisa menentukan warna dan pola yang sesuai dengan keinginan anda. 

Kelebihan yang satu ini tidak akan dapatkan pada batu buatan yang lain karena memang batu alam terbentuk dari proses alami. Sedangkan batu buatan, seperti halnya Dekton memiliki keistimewaan untuk memilih pola dan warna yang variatif. 

6. Ukuran Dimensi yang Besar

Selain pola dan warna, ukuran dimensi batu dekton juga bisa diatur sesuai dengan keinginan anda. Kalau anda membutuhkan dekton dengan ukuran dimensi yang besar, maka anda bisa membuat batu dekton sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. 

Hal ini akan sangat memudahkan anda dalam pemasangan dekton. Dengan menentukan ukuran yang sesuai, maka pekerjaan memasang dekton juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. 

7. Struktur yang Kuat & Tinggi

Batu dekton terbuat dari 20 mineral alam, salah satunya adalah kuarsa. Kuarsa sendiri merupakan serpihan yang terdapat di kerak atau permukaan bumi. Biasanya, kuarsa memiliki bentuk yang mirip seperti kristal tembus cahaya atau transparan. Selain itu, kuarsa juga terbuat dari silika. Silika merupakan senyawa yang lebih mungkin lebih anda kenal dengan nama silikon. 

Karena terbuat dari kuarsa, batu dekton memiliki struktur yang sangat kuat dalam menghadapi tekanan. Anda dapat menguji kemampuan kekuatan dekton sekaligus untuk menguji kualitasnya. Dekton yang memang berkualitas akan sangat sulit dihancurkan, meski menggunakan alat. 

Maka dari itu, dekton mulai banyak dimanfaatkan sebagai pondasi dalam membangun sebuah bangunan atau rumah. Dekton sering dimanfaatkan dalam membuat lantai, dinding, meja, kursi, tangga, anak tangga, berbagai furniture, dan dekorasi lainnya. 

8. Tahan Terhadap Api

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau dekton memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap cuaca yang sangat panas dan juga tahan terhadap sinar UV. Maka tidak heran kalau dekton juga tahan terhadap api. Batu buatan yang satu ini memang bisa tahan kalau anda bakar dalam suhu yang sangat tinggi sekalipun. 

Maka dari itu, dekton sangat cocok dijadikan bahan untuk membuat ruangan dapur yang memang lebih rentan terbakar karena terdapat kompor. Penggunaan dekton di dapur akan membuat anda menjadi lebih aman. 

9. Cocok Untuk Penggunaan Interior & Eksterior

Dari kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, dekton sangat tepat digunakan dalam desain interior ataupun eksterior. Dalam desain interior, batu dekton bisa digunakan sebagai lantai atau dinding di dalam ruangan. Selain itu, dekton juga bisa digunakan sebagai berbagai furniture. 

Untuk luar ruangan, dekton bisa digunakan sebagai pelapis rumah anda, lantai teras, tiang teras, dan tembok pagar. Karena tahan dari berbagai cuaca dan sinar UV, maka bangunan rumah anda akan lebih aman. 

Itulah beberapa kelebihan dari dekton yang harus anda ketahui. Pastikan anda memang memilih dekton yang berkualitas. Kalau anda ingin mencari dekton berkualitas, maka anda bisa menghubungi MM Galleri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.