...

Seperti halnya Marmer, Granit juga sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Penggunaan batu Granit memberikan keindahan eksterior dan interior bangunan, termasuk juga dalam meningkatkan estetika dan kemewahan ruangan dapur. Proses pembentukan Granit berbeda dengan Marmer, dimana Granit terbentuk melalui pendinginan magma di dalam bumi, sering ditemukan di daerah sekitar gunung berapi.

Berbeda dengan Marmer yang terbentuk melalui tekanan atau panas tinggi, Granit terbentuk melalui proses pendinginan magma di dalam bumi. Karena itu, batu ini lebih mudah dijumpai di daerah sekitar gunung berapi. Tepatnya Granit terdiri dari mineral kuarsa dan feldspar yang berukuran besar, memberikan karakteristik warna pada batu Granit timbul dari kandungan mineral tersebut.

Penggunaan Granit dalam dapur memberikan sejumlah manfaat dan keunggulan, terutama bila dibandingkan dengan material lain seperti Keramik. Dalam konteks ini, berikut adalah beberapa manfaat dan keunggulan batu Granit untuk mempercantik dapur rumah Anda.

1. Tahan Panas

Dapur merupakan area di mana semua kegiatan memasak dilakukan. Baik itu menggoreng, menumis, memanggang, merebus, dan kegiatan lainnya. Setelah pemakaian lama, meja dan dinding dapur selalu terpapar panas yang dihasilkan saat memasak.

Teknik memasak makanan tertentu juga sering menggunakan api besar yang menyambar permukaan dinding. Oleh karena itu, interior dapur rentan mengalami kerusakan dan memerlukan renovasi dalam jangka waktu tertentu.

Disinilah peran Granit bekerja. Batu ini memiliki keunggulan tertentu untuk dapur rumah, yaitu sifatnya yang tahan panas. Sifat ini dipengaruhi oleh asal mula Granit sebagai batuan yang berasal dari lelehan magma. Proses pembentukan granit melibatkan suhu yang sangat tinggi, mencapai 1230 derajat Celcius, membuatnya sangat kuat dan tidak mudah rapuh atau rusak saat terpapar panas ketika memasak. Panas yang dihasilkan dari kegiatan memasak jauh tidak sebanding dengan panas magma yang menjadi bahan dasar terbentuknya Granit.

2. Keragaman Pola dan Warna

Keelokan merupakan alasan utama yang mendorong penggunaan batu Granit dalam merancang sebuah bangunan. Ragam warna alami dan motif yang beragam pada batu Granit menjadikannya menarik dan mempesona saat diterapkan dalam ruangan. Keberadaan batu ini memberikan sentuhan keindahan yang elegan dan bermutu tinggi pada bagian dalam maupun luar rumah.

Dengan menggunakan Granit di area dapur, Anda akan menciptakan sebuah dapur yang cantik dan mewah. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah pemilihan warna dan penempatan batu tersebut di dapur. Jenis-jenis Granit yang bisa menjadi alas permukaan meja dapur diantaranya African Red, Nero Absolute, Lemurian Blue, Rosso Gamma, dan Fantasy Black.

3. Anti Air

Batu Granit yang diperoleh dari sumber alam memiliki karakteristik pori-pori yang memungkinkannya menyerap air. Karakter ini dapat diidentifikasi melalui pengamatan tingkat absorpsi air pada permukaan batu Granit. Penting untuk dicatat bahwa kemampuan absorpsi air dapat bervariasi antara jenis batuan yang berbeda. Dalam konteks ini, batu Granit menunjukkan kemampuan absorpsi air sekitar 0,4%, sebuah nilai yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Marmer yang memiliki kemampuan absorpsi sekitar 0,2%.

Peningkatan tingkat absorpsi air pada batu Granit dapat mempengaruhi berbagai aspek penggunaannya, terutama dalam konteks konstruksi dan desain interior. Pengertian ini dapat membantu dalam pemilihan bahan yang sesuai untuk aplikasi tertentu, mempertimbangkan faktor kelembaban dan daya serap air.

4. Tahan Gores

Keunggulan Granit Nero Absolute

Ruang dapur juga rentan terhadap tumpahan sisa makanan atau zat yang dapat mengotori meja dapur. Terutama saat proses mengolah bahan mentah menjadi hidangan.  Noda yang muncul terkadang sulit dihilangkan karena dapat berupa benda cair atau benda padat seperti sambal, butiran nasi, dan remah remah roti. Selain itu, meja dapur sering digunakan untuk memotong atau mencincang, sehingga rentan tergores.

Meskipun terlihat sepele, kedua masalah tersebut dapat berpengaruh signifikan terhadap penampilan interior dapur dalam jangka kedepan. Namun, dengan menggunakan batu Granit, kedua masalah tersebut tidak perlu menjadi perhatian lagi. Cukup dengan membersihkannya secara rutin karena Granit memiliki sifat kedap air dan tidak mudah menyerap noda. Selain itu, kekuatan Granit menjadikannya tahan terhadap goresan dan lecet.

5. Mudah Dibersihkan

Melanjutkan dari poin sebelumnya, Seiring dengan karakteristiknya yang tahan terhadap kotoran dan sulit menyerap noda, meja dapur berbahan Granit memiliki kemudahan dalam proses pembersihannya. 

Pertama, bersihkan debu dan kotoran ringan dari permukaan meja dengan kain lembut yang sudah dibasahi. Selanjutnya, siapkan cairan pel atau bisa juga menggunakan sabun cuci piring dan teteskan kepada kain lembut tadi. Selanjutnya lap seperti biasa permukaan meja agar nodanya hilang. Terakhir, gunakan kain kering untuk mengeringkan permukaan meja Granit yang telah dibersihkan dengan sabun tersebut.

6. Kokoh dan Tahan Lama

Sifat yang tangguh dan kokoh pada granit merupakan suatu keunggulan jika dibandingkan dengan bahan material lainnya. Granit terbentuk melalui proses pembekuan magma yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama, menghasilkan sejumlah besar mineral alami yang kemudian mengkristal menjadi batuan. Keadaan ini memberikan Granit kepadatan yang tinggi, sehingga menjadikannya sangat kokoh dan kuat. Granit memiliki kekuatan dalam menopang berbagai benda mencapai kekuatan 7200 PH.

Kerusakan atau retak pada keramik dapur seringkali terjadi akibat penggunaan berbagai peralatan. Namun, risiko ini menjadi jarang ketika mejanya menggunakan bahan Granit. Baik meja maupun dinding dapur yang terbuat dari Granit akan tetap bertahan lama tanpa mengalami perubahan warna atau bentuk.

7. Membuat Ruangan Tampak Lebih Mewah 

Granit memiliki daya tarik estetika yang tinggi. Dengan daya tariknya yang luar biasa, meja ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyiapkan makanan, tetapi juga sebagai karya seni fungsional yang meningkatkan keindahan ruang tersebut.

Kombinasi warna dan pola alami pada meja Granit menciptakan tampilan yang mewah dan elegan di dapur apapun jenisnya. Keindahan ini bukan hanya sekadar peningkatan visual, tetapi juga menambah nilai estetika dan nilai rumah secara keseluruhan. Meja dapur Granit dapat menjadi elemen desain yang menonjol, meningkatkan daya tarik ruang dapur dan secara efektif meningkatkan nilai properti jika dilihat dari segi estetiknya.

Dalam mendesain suatu ruangan dalam rumah, penggunaan batu alam diperbolehkan jika tujuannya untuk membuat ruangan menjadi lebih indah, menarik, dan estetik. Baik menggunakan Marmer ataupun Granit keduanya memberikan nilai lebih baik bagi faktor keindahan maupun faktor harga jual rumah.

Masing-masing Granit yang dijual tersedia dengan berbagai ukuran dan karakteristik yang bisa disesuaikan dengan konsep dan desain yang diinginkan. Untuk itu, Anda bisa mengunjungi pusat distribusi batu alam MM Galleri yang terletak di Surabaya dan Jakarta untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai batu alam, mulai dari macam-macamnya, hingga teknik perawatan yang sudah tentu berguna bagi Anda dalam menambah referensi dalam mencari batu Granit untuk dijadikan meja dapur.

Jadi ayo! Kunjungi MM Galleri sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.