...

Batu Limestone atau batu kapur merupakan batu alam yang terbentuk karena dua proses, yaitu proses biologi dan proses kimiawi. Batu alam yang terbentuk karena proses biologi biasanya terjadi ketika cangkang hewan berkumpul dan mengendap. sedangkan proses pembentukan secara kimia terjadi saat terjadi endapan kalsium karbonat.

Ada banyak contoh batu ini, seperti chalk, coquina, dan travertine. Batu Limestone atau batu kapur juga memiliki keunggulan yang membuatnya sangat menarik. Banyak sekali keunggulan batuan limestone yang membuatnya sering digunakan dalam bidang arsitektur.

Seberapa Menariknya Limestone Untuk Kebutuhan Arsitektur

Limestone atau batu kapur terdiri atas kalsium karbonat. Senyawa yang biasanya juga terdapat pada cangkang hewan, seperti kepiting, kerang, dan lain sebagainya ini sangat dominan membentuk batu kapur.

Karena senyawa tersebut, batu kapur atau limestone memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Tidak hanya itu saja, limestone atau batu kapur juga memiliki tampilan yang cukup halus. Beberapa jenis limestone, seperti travertine, juga memiliki tampilan dengan nilai estetika yang sangat tinggi.

Kekuatan, tekstur, dan penampilan yang membuat batu kapur atau batu limestone sangat menarik untuk kebutuhan arsitektur. Batu alam yang satu ini bisa digunakan sebagai lantai, dinding, hingga anak tangga untuk sebuah bangunan.

Berikut Keunggulan Limestone

Sebelumnya anda sudah mengetahui beberapa hal yang membuat batu limestone atau batu kapur sangat menarik untuk digunakan dalam bidang arsitektur. Kini, anda juga harus mengetahui keunggulan dari limestone berikut ini:

Berikut Keunggulan Limestone

a. Tekstur Halus

Limestone atau batu kapur terdiri atas 3 jenis, yaitu chalk, coquina, dan travertine. Dari ketiga jenis batu limestone tersebut, chalk dan travertine memiliki tekstur yang sangat halus. Namun, cukup berpasir. 

Tekstur yang halus ini sangat memudahkan penggunaan limestone dalam bidang arsitektur. Proses pengolesan dan pemasangan juga akan jadi lebih gampang karena tekstur yang halus. Maka dari itu, limestone atau batu kapur bisa dijadikan lantai atau dinding di dalam ruangan indoor di dalam rumah anda.

Dengan tekstur yang halus tersebut, anda tidak perlu menggunakan lapisan lagi untuk menutupi bagian yang tidak halus ketika akan menggunakannya sebagai lantai atau dinding. Memang tekstur yang halus membuat batu alam yang satu ini sangat mudah untuk digunakan dalam bidang arsitektur.

b. Pola & Warna Bervariasi

Karena terbentuk secara alami, anda juga tidak bisa memilih pola atau warna yang anda inginkan pada batu ini. Namun, hal inilah yang membuat batu limestone atau batu kapur ini memiliki keunikan tersendiri. 

Meski anda tidak bisa memilih sendiri pola dan warna pada batu kapur atau limestone, tetapi batu yang satu ini tetap memiliki pola dan warna yang bervariasi. Salah satu jenis limestone yang memiliki keindahan dan nilai estetika yang cukup tinggi adalah batu travertine.

Pada umumnya batu limestone atau batu kapur memiliki warna yang netral, seperti putih, abu-abu, cokelat, krem, dan beberapa warna gelap lainnya. Dengan warna yang lebih netral, anda akan lebih gampang menyatukan batu kapur dengan beberapa bahan lainnya sehingga bisa menyesuaikan dengan tema desain yang anda usung. 

Batu limestone atau batu kapur juga memiliki pola yang cukup variasi, seperti garis lurus, bergelombang, dan bercak. Pola pada batu kapur akan sangat menyatu dengan warna dasarnya sehingga bisa membuat tampilan desain menjadi lebih bagus. Inilah yang membuat batu kapur cukup menarik sebagai lantai, dinding, dan beberapa dekorasi lainnya di dalam rumah. 

c. Batu yang Kuat & Tahan Lama

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau batu kapur merupakan batu yang cukup kuat dan memiliki umur yang panjang. Hal ini terbukti dari kandungan batu kapur yang didominasi oleh kalsium karbonat, sebuah senyawa yang juga membentuk cangkang hewan. Anda bisa bayangkan betapa kerasnya cangkang kepiting atau kerang. Sedangkan batu kapur atau limestone memiliki kekuatan ratusan kali lipat dari cangkang kerang karena memang sudah terakumulasi dari cangkang tersebut. 

Karena kekuatan inilah yang membuat batu kapur atau limestone sangat menarik sebagai bahan arsitektur. Seperti yang anda ketahui, pastilah membutuhkan bahan yang kuat kalau ingin membangun sebuah bangunan atau rumah. Sebuah bangunan akan jauh terasa lebih aman kalau menggunakan bahan yang kuat, seperti batu kapur. Tidak jarang batu kapur atau limestone sering dicari untuk dijadikan lantai, dinding, tangga, anak tangga, tiang bangunan, hingga pagar. 

Ditambah dengan perawatan yang tepat, batu kapur akan menjadi batu dengan umur yang sangat panjang. Batu alam yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan perawatan yang sangat sulit. Anda hanya membutuhkan kain bersih untuk merawat batu kapur agar tetap memberikan nilai estetika yang tinggi. 

Anda tidak perlu menggunakan air untuk membersihkan batu kapur karena memang batu yang satu ini mampu menyerap air. Bila menyerap air terlalu sering, biasanya batu kapur atau limestone akan meninggalkan bercak noda sehingga justru mengganggu penampilannya. 

d. Mudah Dibentuk Untuk Berbagai Macam Gaya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau batu limestone atau batu kapur memiliki tekstur yang halus. Hal ini membuat batu kapur sangat mudah dibentuk untuk berbagai macam gaya sehingga bisa disesuaikan dengan tema yang anda inginkan. Kelebihan yang satu ini memang salah satu yang membuat batu limestone menarik digunakan dalam bidang arsitektur. 

e. Efek Termal

Efek termal merupakan salah satu respon suatu bahan material terhadap panas yang diterima oleh bahan material tersebut. Beberapa bahan bangunan dapat mengantarkan panas dengan baik sehingga membuat ruangan di dalamnya menjadi semakin panas. Sebagian lagi tidak memiliki ketahanan yang kuatt dalam menghadapi panas. 

Sedangkan batu kapur memiliki ketahanan yang sangat kuat dalam menghadapi panas sehingga tidak akan gampang rusak. Selain itu, batu kapur atau limestone juga tidak mengantarkan panas dengan baik yang berarti ruangan di dalam bisa tetap terjaga dari panas. 

f. Ketersediaan yang Luas

Anda tidak perlu kehabisan stok untuk mendapatkan batu kapur karena memang ketersediaannya yang sangat luas di permukaan bumi. Hampir seluruh perairan, seperti danau atau laut akan menghasilkan batu kapur. Selama ada kalsium karbonat, maka batu kapur masih tetap akan ada. 

g. Perawatan Mudah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau merawat batu kapur sangatlah gampang. Anda hanya perlu membutuhkan beberapa alat dan sedikit perawatan untuk membuat umur batu kapur menjadi sangat panjang. 

Penggunaan Limestone yang Berkualitas

Limestone atau batu kapur memang menawarkan banyak sekali kelebihan, tetapi anda tetap harus memilih batu kapur yang berkualitas untuk digunakan. Anda dapat melihat kualitas batu limestone dari tekstur, penampilan, dan kekuatannya. Anda bisa mencari batu kapur yang berkualtias di MM Galleri. MM Galleri menyediakan berbagai batu alam dengan kualitas tinggi.

Itulah beberapa hal tentang batu limestone yang harus anda ketahui, terutama tentang kelebihannya. Anda bisa segera menghubungi MM Galleri untuk berkonsultasi lebih lanjut sebelum memasang batu kapur atau limestone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.