Salah satu cara agar rumah menjadi lebih nyaman  adalah dengan menggunakan ubin atau lantai dari porselen. Namun tahukah Anda apa saja keunggulan porselen yang terkenal memiliki daya tahan sekaligus estetika tinggi ini?

Pada umumnya, untuk keperluan lantai sebagian orang akan menggunakan material keramik biasa, marmer hingga granit. Tapi sampai saat ini masih jarang rumah yang menggunakan material porselen untuk lantai. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan material terbaik untuk lantai, mari cari tahu keunggulan porselen disini!

Porselen adalah sebuah material yang terbuat dari bahan lempung murni yang bersifat tahan api seperti kaolin, silika, dan alumina. Porselen diproses melalui suhu yang sangat tinggi yakni sekitar 1.200-1.400 derajat celcius.

Bahan baku berkualitas dan proses pembuatan yang panjang ini akhirnya membuat porselen terbentuk menjadi material yang sangat kuat. Sehingga harga porselen juga sedikit lebih mahal dibanding keramik biasa.

Selain kuat, porselen juga memiliki berbagai keunggulan lainnya yang sangat menarik. Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan dan bisa membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan material porselen. Nah, berikut ini merupakan 7 kelebihan dari porselen yang wajib Anda ketahui.

1. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca Ekstrem

Indonesia merupakan negara yang dengan iklim tropis yang sering mengalami cuaca ekstrem, terutama di masa pergantian musim kemarau ke musim hujan. Hal ni biasanya membuat suhu jadi lebih lembab, sehingga bangunan dan lantai rawan rusak. Tapi dengan menggunakan porselen, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai risiko tersebut.

Seperti yang telah disampaikan, porselen dibuat dengan proses yang cukup panjang dan menggunakan suhu tinggi. Hal tersebut membuat porselen menjadi material yang kuat, sehingga tidak akan mudah rusak meski terkena perubahan cuaca ekstrem. Demikian, pergantian dari suhu panas ke dingin secara tiba-tiba  tidak akan membuat permukaan porselen pecah atau keropos.

Selain itu porselen juga terkenal tahan air, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk area luar bangunan misalnya teras rumah. Material ini tidak akan rusak meski berada di area yang lembab asalkan Anda membersihkannya secara rutin.

2. Permukaan yang Keras dan Tahan Terhadap Goresan dan Noda

Keunggulan berikutnya yang dimiliki oleh material porselen adalah permukaan yang keras dan tahan terhadap goresan serta noda. Porselen merupakan material yang memiliki kepadatan tinggi, sehingga permukaannya pun keras. 

Dengan permukaan seperti ini, maka benda tajam tidak akan mudah menembus porselen dan tidak akan menimbulkan goresan. Selain itu karena strukturnya yang sangat padat, maka porselen menjadi material yang tidak mudah kotor karena noda membandel. 

Noda yang menempel pada permukaan porselen bisa dibersihkan dengan mudah dan tidak akan menembus ke dalam. Anda bisa membersihkannya hanya dengan peralatan sederhana seperti kain lap kering maupun basah.

Baca Juga: Mengenal Porcelain (Porselen) Bahan Mediterraneo

3. Tersedia Berbagai Pilihan Warna dan Motif

Untuk membuat tampilan bangunan jadi lebih cantik, tentu Anda harus menggunakan material dengan warna yang sesuai. Nah, jika Anda ingin mempercantik tampilan lantai, penggunaan porselen adalah keputusan yang tepat.

Pasalnya, berbeda dengan keramik, porselen tersedia dalam warna dan motif yang sangat beragam, sehingga Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan konsep desain interior rumah.

Mulai dari warna gelap seperti hitam dan abu-abu hingga warna terang seperti putih bisa Anda temukan. Nah, khusus bagi Anda yang ingin mencari motif dan warna porselen salah satunya Mediterraneo yang menarik, Anda bisa mengunjungi MM Galleri. Di sini Anda bisa mendapatkan porselen kualitas terbaik dengan warna dan motif yang unik seperti porselen mediterraneo yang begitu khas.

4. Kekuatan Kompresi yang Tinggi

Keunggulan porselen lainnya yang wajib Anda ketahui adalah kekuatan kompresinya yang tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa kekuatan kompresi ini sangat berpengaruh terhadap awet atau tidaknya sebuah material. Kekuatan kompresi yang tinggi pada porselen, membuat material ini jadi jauh lebih awet dan tidak mudah rusak.

5. Tingkat Ketahanan Terhadap Api

Tingkat ketahanan terhadap api yang tinggi termasuk salah satu kelebihan dari porselen dibandingkan material lain. Ketika terkena api permukaan porselen tidak akan mengalami kerusakan.

Dengan demikian porselen merupakan material yang bisa Anda gunakan untuk area bangunan yang sering terpapar suhu panas. Misalnya Anda bisa mengaplikasikan material ini untuk keperluan dapur di rumah.

6. Mudah Dalam Pemasangan

Porselen termasuk salah satu material yang pemasangannya cukup mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu. Meskipun permukaannya keras Anda tidak perlu khawatir karena porselen bisa dipasang dengan mudah sesuai kebutuhan. Namun tentunya yang terpenting adalah lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui jenis porselen yang dibutuhkan.

7. Tidak Memerlukan Perawatan yang Intensif

Terakhir keunggulan porselen yang tidak kalah menarik adalah tidak memerlukan perawatan yang intensif. Perawatan bangunan yang menggunakan material porselen tergolong mudah dan bisa dilakukan dengan peralatan standar. Misalnya untuk lantai dari porselen, Anda bisa membersihkannya dengan kain pel biasa.

Jangan lupa juga untuk menggunakan sabun atau cairan pembersih khusus untuk porselen. Penggunaan cairan pembersih khusus ini bertujuan untuk menjaga porselen supaya tetap bersih dan terlihat mengkilap. Selain itu cairan pembersih yang dirancang khusus juga tidak akan membuat warna porselen memudar.

Banyak sekali bukan keunggulan yang dimiliki material porselen? Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera membeli dan menggunakannya untuk hunian Anda. Bagi Anda yang masih bingung dimana bisa mendapatkan porselen berkualitas, Anda bisa langsung mengunjungi MM Galleri.

Dapatkan Porselen Kualitas Terbaik Hanya di MM Galleri

MM Galleri menyediakan berbagai material batuan berkualitas untuk hunian Anda. Di sini Anda bisa menemukan porselen kualitas terbaik dengan pilihan motif dan warna yang sangat beragam seperti porselen mediterraneo. Porselen mediterraneo sendiri merupakan jenis porselen yang istimewa karena terbuat dari 94% kuarsa murni.

Sebelum melakukan pembelian, Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Pada sesi konsultasi Anda bisa menanyakan jenis porselen apa saja yang tersedia dan menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Selain itu Anda juga bisa bertanya tentang jenis porselen mana yang sebaiknya digunakan, sesuai dengan kebutuhan bangunan.

Bukan hanya porselen kami juga menyediakan berbagai batuan lainnya seperti marmer, dekton, granit, dan banyak lagi. Jadi Anda bisa mendapatkan berbagai macam batuan untuk bangunan dengan mudah hanya dari satu tempat.

Mengenai kualitas tidak perlu khawatir, karena MM Galleri merupakan perusahaan spesialis batuan sejak tahun 1992. Setelah mengetahui sederet keunggulan porselen, jangan tunggu lama lagi, segera hubungi MM Galleri sekarang juga untuk mendapatkan material porselen berkualitas untuk hunian Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *