Batu traverine adalah batu alam yang terbentuk karena proses endapan dari air mineral, terutama dari air panas. Endapan berupa kalsium karbonat yang akhirnya menghasilkan batu travertine. Batu travertine memiliki bentuk yang unik, yaitu berlubang dan berpori.

Sejak zaman dahulu, batu travertine sering dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi suatu banguna. Batu yang satu ini memang sering digunakan sebagai lantai dan dinding. Tentu saja anda harus tahu keunggulan batu ini sebagai lantai dan dinding. Inilah keunggulan penggunaan untuk lantai outdoor dan dinding outdoor:

1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Biasanya, anda akan menggunakan keramik untuk lantai. Salah satu kekurangan menggunakan keramik sebagai lantai, terutama lantai teras outdoor adalah tidak tahan terhadap cuaca yang ekstrem. Sedangkan batu travertine untuk lantai teras depan rumah lebih cocok karena batu ini memiliki sifat tahan terhadap cuaca yang ekstrem.

Karena melalui proses pembentukan yang cukup panjang, batu travertine memiliki karakteristik yang tahan terhadap cuaca ekstrem. Batu alam yang satu ini mampu menahan hujan deras, suhu yang sangat dingin, hingga cuaca yang sangat panas.

Batu travertine sangat cocok digunakan di daerah dengan iklim tropis, terutama Indonesia yang mengalami peningkatan dan perubahan cuaca yang tidak pasti belakangan ini.

2. Tahan Terhadap Tekanan Beban Berat

Bahan komposisi yang menyusun batu travertine hanyalah satu mineral saja, yaitu kalsium karbonat. Anda pasti sudah mengetahui kalau kalsium merupakan mineral dominan yang membentuk tulang kita dan anda tahu seberapa kerasnya tulang.

Maka dari itu, batu travertine yang tersusun atas kalsium karbonat memiliki kelebihan tahan terhadap tekanan dari beban yang berat. Memang kekuatan batu travertine masih kurang kalau dibandingkan batu marmer atau granit, tetapi tetap bisa bertahan dari beban yang sangat berat.

Bahkan dengan perawatan yang tepat, batu travertine dapat bertahan hingga ratusan tahun. Meski kuat, memang batu travertine masih butuh perawatan agar bisa bertahan dalam waktu yang lama.

3. Anti Rayap dan Goresan

Rayap merupakan musuh alami bagi furniture atau perlengkapan rumah. Hewan yang satu ini bahkan bisa menghabisi satu rumah yang berisi kayu. Rumah yang sudah diserang oleh rayap biasanya akan sangat sulit untuk ditangani karena rayap berkembang biak dengan sangat cepat.

Menggunakan batu travertine sebagai lantai dan dinding memiliki keunggulan aman dari rayap karena batu yang satu ini memiliki ketahanan yang sangat kuat. Terlebih lagi kalau anda melapisinya menggunakan resin. Resin sendiri merupakan lapisan yang berasal dari senyawa organik yang biasanya digunakan untuk melapisi perabotan rumah tangga.

Selain anti rayap, batu travertine juga anti gores. Batu travertine memang memiliki daya tahan terhadap goresan yang cukup tinggi karena mengandung mineral yang sangat kuat pula. Namun, akan lebih baik kalau anda merawat batu travertine dengan baik.

4. Beragam Warna & Polanya

Meski tidak memiliki warna sebanyak batu granit atau marmer, tetapi warna batu travertine juga cukup beragam. Biasanya batu travertine memiliki warna yang netral, seperti putih, abu-abu, cokelat, dan krem. Dengan variasi warna yang netral, batu travertine cocok dipadukan dengan warna apapun. Hal ini akan membuat anda menjadi lebih mudah memadukannya dengan dekorasi lain di dalam atau luar ruangan.

Selain warna, batu travertine juga memiliki pola yang cukup beragam. Pada umumnya batu travertine memang memiliki pola yang berlubang. Banyaknya lubang pada batu travertine tergantung dari proses terbentuknya batu ini. Selain berlubang atau berpori, batu travertine juga memiliki pola yang berserat.

5. Tekstur Permukaan

Keunggulan lainnya dari penggunaan batu travertine sebagai dinding atau lantai adalah tekstur permukaannya. Dengan pola yang berlubang dan berserat, batu travertine memiliki tekstur permukaan yang bergelombang. 

Tekstur yang bergelombang ini sangat berguna sebagai lantai kamar mandi untuk mengurangi kelicinan. Tidak hanya itu, tekstur permukaan seperti ini akan membuat ruangan outdoor terlihat lebih natural dan indah.

6. Tampilan Hangat & Elegan

Anda sudah mengetahui kalau batu travertine memiliki pola yang berlubang dan berserat. Kalau anda melihatnya secara langsung, maka anda tahu bahwa batu yang satu ini memiliki tampilan yang hangat dan elegan.

Batu travertine memang terkenal memiliki tampilan dengan kesan yang mewah sehingga sering digunakan untuk membangun bangunan mewah sejak zaman dahulu.

7. Anti Slip & Panas

Anda juga sudah mengetahui kalau batu travertine memiliki tekstur yang bergelombang, efek dari lubang yang ditimbulkan selama proses pembentukannya. Karena bergelombang, manfaat yang diberikan oleh nati travertine adalah tidak licin.

Tidak hanya itu saja, batu travertine juga merupakan penghantar panas yang buruk. Ini berarti batu travertine anti panas sehingga lebih cocok untuk ruangan yang berada di daerah yang sangat cukup panas. Batu travertine akan menjaga suhu ruangan tetap hangat, meski kondisi cuaca sedang panas.

8. Harga Terjangkau

Keunggulan batu travertine ada sangat banyak, mulai dari tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan terhadap tekanan berat, anti gores, anti rayap, dan memiliki tampilan dengan nilai estetika yang tinggi. Dari segala kelebihan tersebut, harga batu travertine masih cukup terjangkau. Kalau dibandingkan dengan harga batu marmer atau batu granit, maka batu travertine jauh lebih murah. 

Bagi anda yang memiliki budget terbatas dalam membangun desain interior ataupun outdoor. Namun, ingin menggunakan lantai atau dinding dari batu alam untuk memberikan kesan indah, maka bisa mencoba untuk menggunakan batu travertine. Meski harga batu travertine jauh lebih murah, tetapi batu yang satu ini tetap bisa memberikan keindahan dalam suatu ruangan. 

Harga batu travertine sangat dinamis bergantung pada ukuran dan jasa pemasangan yang anda minta. Namun, umumnya jauh lebih murah dibandingkan batu alam lainnya. Anda dapat mengetahui harga batu travertine dengan lebih lengkap dengan menghubungi MM Galleri.

9. Cocok Untuk Semua Konsep Bangunan

Batu travertine memang memiliki bentuk yang sangat unik kalau anda bandingkan dengan batu alam yang lain. Dengan tampilan yang berlubang dan berserat, serta memiliki tekstur yang bergelombang, batu yang satu ini nyatanya sangat cocok untuk semua konsep bangunan. Batu alam yang satu ini memang bisa digunakan untuk semua konsep bangunan karena memiliki warna yang netral, seperti putih, abu-abu, cokelat, dan krem. 

Maka dari itu, orang pada zaman Romawi Kuno tidak ragu menggunakannya sebagai bahan bangan terkenal pada saat itu. Meski perkembangan teknologi pada saat itu belum terlalu canggih, tetapi tetap bisa memanfaatkan batu travertine dengan optimal. 

Tidak hanya digunakan pada saat zaman Romawi Kuno saja, batu travertine nyatanya masih digunakan untuk membangun bangunan terkenal di Amerika dan Eropa. Hal ini menandakan kalau batu yang ini memang bisa digunakan untuk semua konsep bangunan, mulai dari zaman dahulu hingga kini. Anda bisa memanfaatkan batu travertine sebagai lantai atau dinding untuk indoor ataupun outdoor.

Itulah beberapa keunggulan dari batu travertine yang harus anda ketahui. Dengan banyak keunggulan tersebut, anda masih bisa menghemat pengeluaran karena batu travertine memiliki harga yang murah. Untuk memastikan harga dari batu alam yang satu ini, segera hubungi MM Galleri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *