Marmer adalah salah satu material terbaik untuk menghiasi lantai rumah yang mengusung keindahan dan kemewahan. Lantai yang dibalut marmer akan terlihat sangat bagus dan berkelas. Sifat dingin marmer yang alami juga dapat menyejukkan ruangan. Kelebihan utama marmer sebagai material pelapis dinding terletak dari estetika dan keindahannya. Penggunaan material ini dapat meningkatkan nilai bangunan karena kesan mewah yang dihadirkan oleh marmer tersebut. Sudah sewajarnya bila rumah yang menggunakan marmer akan dihargai lebih tinggi dibandingkan bangunan yang tidak menggunakannya. 

 

Pemilihan material lantai memang tidak sesederhana kelihatannya. Normal bila Anda masih ragu untuk menggunakan marmer sebagai lapisan pada lantai rumah Anda, karena membangun rumah bukan perkara simpel yang hanya dinikmati sesaat saja, melainkan perkara besar yang menyangkut jangka waktu yang lama. Estetika rumah yang dibangun merupakan tujuan awal dari pemilihan material. Oleh karena itu, MM Galleri akan merekomendasikan marmer sebagai material lantai Anda karena setidaknya ada 7 keunggulan yang akan Anda terima. 

Lantai Marmer

Satu : Dapat Digunakan di Semua Ruangan.

Marmer dapat Anda gunakan dimana saja, mulai dari ruang tamu , dapur , kamar , teras dan ruangan lainya. Motifnya yang bervariasi memudahkan Anda untuk memilih variasi marmer sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, marmer yang bersifat tahan lama juga dapat sangat membantu bila ditempatkan pada ruangan outdoor. Hal ini dikarenakan marmer dapat melindungi kerangka bangunan utama dari kondisi berbagai macam cuaca serta memberikan nilai estetika lebih pada exterior rumah. 

 

Pada interior rumah, selain memberikan nilai lebih pada nilai estetika dan kesan mewah pada rumah, perawatan yang begitu mudah dapat menjaga nilai rumah tersebut. Kilau pada marmer juga dapat menambah nilai estetik dan mewah suatu ruangan. Lantai marmer banyak dipilih sebagai pemanis tampilan rumah. Hal ini tidak dapat dipungkiri, karena keindahan pola dan corak lantai marmer dapat seketika menjadikan rumah Anda terlihat lebih menarik. Dengan menggunakan lantai marmer, rumah Anda akan terlihat lebih mewah dan cantik. 

 

Dua : Memiliki Banyak Variasi

Marmer terdiri dari banyak ragam, contohnya Marmer Architectural yang banyak digunakan oleh arsitektur dunia untuk membuat bangunan kokoh dengan sentuhan artistik modern sesuai dengan komponen arsitektur bangunan tersebut. Marmer Ruin yang berasal dari tambang kristal yang mengendap sehingga memiliki tekstur yang sangat halus. Marmer Onyx yang terbentuk dari zat organik dan kalsit, memiliki tekstur yang halus, mulus dan semi transparan, terlihat sangat mewah. Marmer Limestone dengan motif yang natural, warna beige, coklat muda dan abu yang soft dan corak yang simpel. Limestone ini memiliki tekstur yang halus, sehingga mudah dibersihkan, tahan terhadap lumut dan tidak licin saat basah. Karakter ini mendukung penggunaannya di bagian kamar mandi dan kolam renang. Marmer Breccia yang memiliki corak yang sangat tegas dengan tekstur yang agak kasar untuk memberi kesan berani dan mencolok sehingga cocok untuk digunakan di tempat yang luas atau untuk menambah estetika eksterior rumah. Marmer Cipolin yang menampilkan kesan berani dan anti-mainstream, dengan tekstur yang cenderung kasar dengan pola abstrak. Beberapa diantaranya terlihat seperti lapisan kue dan garis horizontal yang tidak beraturan. Marmer Statuary yang merupakan batu alami paling populer di  kalangan desainer interior karena warnanya yang klasik, cenderung berwarna putih, putih gading, keabuan yang pada dasarnya menunjukkan kemilau mewah dan mengkilap. Beberapa desainer interior kelas dunia selalu menggunakan marmer ini untuk menghiasi lantai rumah karena permukaan nya yang selalu menampilkan kesan bersih mengkilap membuat rumah terasa nyaman dan higienis.

 

Tiga : Dapat Dipasang Sesuai Keinginan

Beragam variasi marmer yang memang sudah terlihat cantik tersebut ternyata masih dapat dimaksimalkan kecantikannya dengan metode pemasangan yang benar. Metode pemasangan marmer yang tepat dapat memaksimalkan efek estetik dari tampilan marmer yang akan dipasang. Semua jenis marmer dari berbagai warna dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan. Dari warna bening seperti gelas hingga motif atau pola yang terbentuk dari mineral berkilau yang alami, baik dari marmer berwarna gelap hingga berwarna terang dapat dipadankan dengan motif lainnya yang beragam bentuknya sehingga menciptakan pola yang berbeda meskipun dalam satu ruangan yang sama. Berikut ini merupakan beberapa metode pemasangan marmer untuk memaksimalkan keindahannya, yakni : 

Veil Matching (Metode yang menyamakan guratan pada marmer, menyejajarkan garis hingga dan menghasilkan tampilan serasi yang unik) 

Layered Effect (Metode yang memberikan efek berlapis pada marmer dengan cara memotong marmer ke dalam lempengan lempengan kecil dengan ukuran yang disesuaikan dengan luas permukaannya dan ditempelkan bervariasi dari atas ke bawah dan diposisikan secara acak sehingga menimbulkan nuansa abstrak yang menarik).

Random (Metode yang membuat tampilan dinding dengan komposisi yang acak tanpa perlu menyamakan guratan marmer)

Portraits (Metode yang menggunakan marmer dalam potongan besar dan menatanya di dinding dengan latar yang kontras dan setiap potongannya diberi bingkai dengan warna dan desain klasik seperti perak ataupun emas sehingga marmer tampak seperti pajangan mewah.)

 

Empat : Memberikan Efek Terang dan Mendukung Pencahayaan

Marmer dikenal sangat baik dalam memantulkan cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya lampu. Sifatnya yang memancarkan kilau eksotis menambah semarak keindahan dan kemewahan  ruangan. Penggunaan marmer yang tepat akan menambah daya tarik ruangan menjadi lebih elegan, unik dan mewah. 

 

Lima : Mudah Dirawat dan Tahan Lama

Marmer bersifat sangat kuat, kokoh dan tahan lama. Di antara beragam jenis batu alam, marmer banyak dipakai sebagai material bangunan megah dari peradaban Romawi dan Yunani kuno yang masih bertahan hingga sekarang. Bangunan marmer tersebut mampu bertahan selama ribuan tahun dan keindahannya masih terlihat sampai sekarang. Selain itu, Batu ini tidak membutuhkan perawatan ekstra dengan teknik yang merepotkan. Hal pertama yang perlu dilakukan saat Anda membeli marmer adalah memberi lapisan pelindung atau melakukan proses coating pada permukaan marmer saat pemasangannya. Lapisan coating akan melindungi marmer agar air tidak mudah terserap oleh pori-pori marmer, tidak mudah tergores dan tidak pudar warnanya. Sisanya, Anda hanya perlu membersihkan marmer dari debu atau kotoran secara rutin. Jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, Anda bisa memoles dan memberikan coating lagi pada permukaan marmer. Motif dan warna marmer akan kembali berkilau tanpa perlu membeli marmer baru. Selanjutnya, keindahan dan kemewahan marmer bisa dinikmati dalam jangka panjang.  

 

Enam : Bersifat Dingin dan dapat Menyejukkan Ruangan

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan memiliki cuaca yang cenderung panas dan kering. Alasan inilah yang mendasari banyak arsitek menyarankan untuk menggunakan marmer sebagai pelapis lantai hunian di Indonesia. Marmer pada dasarnya memiliki sifat dingin, sejuk dan menyerap kelembaban sehingga dapat menjadi solusi bagi hunian elite di kota besar yang padat dan memiliki suhu udara yang cenderung panas. Selain itu, lantai marmer juga dimanfaatkan oleh negara tropis agar terasa lebih sejuk. Salah satu contohnya penggunaan lantai marmer pada bangunan masjid di Arab Saudi agar terasa lebih sejuk.

 

Tujuh : Dapat Memberi Efek Khusus Pada Tiap Ruangan

Marmer adalah batu yang unik karena dapat membawa kesan tersendiri pada setiap ruangan. Pemilik rumah dapat menentukan kesan apa yang ingin ditonjolkan, maka desainer akan menyesuaikan warna marmer dengan kesan yang diharapkan. Contohnya, marmer berwarna cerah dapat memberi kesan ruangan lebih lapang karena sifatnya yang memantulkan cahaya seperti cermin. Warna cerah seperti ini sangat cocok untuk dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga. Untuk menonjolkan kesan sejuk dan tenang, Anda dapat memilih warna yang cenderung gelap seperti abu-abu, hitam atau coklat tua. Marmer berwarna gelap juga dapat digunakan di daerah dapur, untuk mencegah terjadinya noda yang tidak diinginkan akibat aktivitas memasak. Nuansa bersih dan nyaman dapat dipancarkan oleh marmer berwarna putih di bagian lantai dan dinding sehingga sangat wajar jika warna ini dominan dipakai di kamar mandi. Warna putih mengkilap lebih mudah untuk dipadukan dengan warna wastafel atau dudukan toilet agar serasi dan membuat pengguna kamar mandi merasa nyaman. Jika Anda menyukai perabot besar, maka marmer warna gelap tidak cocok dipasang di area ini karena akan menimbulkan kesan sempit. Warna marmer yang didominasi oleh krem kecoklatan sangat cocok dengan perabot berwarna netral seperti putih dan perpaduan ini akan menghasilkan nuansa alami yang membuat nyaman. 

 

Pemilihan material marmer sebagai salah satu bahan bangunan rumah Anda, sebaiknya dipertimbangkan secara matang. Ketujuh keunggulan yang sudah dijabarkan diatas dapat menjadi alasan kuat bagi Anda untuk segera berdiskusi dengan desainer interior rumah Anda dan langsung berkonsultasi dengan supplier batu alami terbesar di Indonesia seperti MM galleri. MM Galleri dapat memberikan masukan sesuai dengan karakteristik dan kesesuaian jenis marmer yang tersedia dan langsung dapat menyuplai sejumlah yang Anda butuhkan sehingga rumah idaman Anda dapat segera dibangun sesuai keinginan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *