Granit adalah jenis batu-batuan yang umum digunakan sebagai bahan bangunan. Batu granit terbentuk dari magma yang membeku secara bertahap dan dalam waktu yang panjang. Dilihat dari terminologi, granit adalah batuan beku yang memiliki sifat asam.

Warna batu granit adalah abu-abu, putih, atau kombinasi keduanya. Ada juga yang berwarna merah muda atau jingga. Warna batu granit dipengaruhi oleh proses kimia yang terjadi serta jenis mineral yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa alasan batu granit cocok sebagai bahan bangunan.

Memiliki Banyak Motif

Granit memiliki banyak motif sehingga terkesan lebih unik sebagai bahan bangunan. Bahkan, detail motif granit yang satu dengan yang lain biasanya memiliki perbedaan. Salah satu contohnya, granit dengan motif salsa yang memiliki ciri khas putih dan akses garis hitam.

Motif granit lain adalah motif element yang didominasi oleh warna abu kasar. Motif element menciptakan kesan modern industrialis jika diterapkan pada hunian, baik pada dinding maupun lantai. Selain itu, ada berbagai motif granit lain yang menarik untuk dipertimbangkan.

Tahan Air

Salah satu keunggulan granit sehingga menarik dijadikan sebagai bahan bangunan adalah tahan air. Karena sifat tersebut, granit bisa digunakan untuk ruangan yang sering terpapar air atau basah, misalnya teras rumah, kamar mandi, dan dapur.

Granit bisa tahan air karena memiliki lapisan pelindung. Lapisan ini bisa menutup celah-celah batu granit sehingga tidak bisa ditembus oleh partikel air. Walaupun sering terkena air, granit pun tidak mudah rusak atau kualitasnya berkurang.

Kuat dan Tahan Lama

Batu granit merupakan jenis batu-batuan yang tergolong kuat dan tahan lama. Batu ini sangat sulit untuk dihancurkan. Ketika diaplikasikan sebagai bahan bangunan, granit pun bersifat tahan lama.

Bukan hanya itu, batu granit juga antigores. Ketika terkena benda yang tajam, tidak ada jejak yang tertinggal. Tampilan interior maupun eksterior yang menggunakan batu granit pun akan tetap mulus dan bagus.

Menciptakan Kesan Mewah

Material: Star White

Keunggulan lain dari batu granit adalah menampilkan kesan mewah, terutama jika digunakan pada interior ruangan. Tampilan yang bersih dan mengilap membuat bagian rumah terlihat lebih elegan dan berkelas.

Tidak heran jika batu alam ini sering digunakan untuk lantai ruang tamu atau ruang keluarga. Didukung oleh desain interior yang menarik dan pencahayaan yang tepat, ruangan akan tampak sempurna.

Menariknya, granit tidak membutuhkan perawatan yang ekstra untuk membuatnya tetap bagus. Anda hanya perlu membersihkannya setiap hari supaya bebas dari kotoran dan tetap mengkilap.

Memiliki Banyak Fungsi

Granit adalah batu alam yang memiliki banyak fungsi. Bukan hanya sebagai material untuk lantai, tetapi juga untuk lapisan dinding rumah. Bahkan granit bisa dipakai untuk membangun pagar. Batu alam ini juga bisa didesain menjadi furnitur meja dan kursi.

Supaya penggunaannya lebih tepat, sesuaikan finishing batu granit dengan kegunaannya. Finishing flamed misalnya cocok untuk pagar rumah karena hasilnya yang kasar. Ada juga finishing polish untuk meja tamu atau dapur karena memiliki tekstur halus dan mengkilap.

Nah, untuk memilih granit yang cocok untuk rumah Anda, jangan lupa kenali dan pelajari lebih dahulu jenis-jenis granit yang ada. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian warna granit dengan elemen lain, misalnya dinding.

Selain itu, gunakan tema yang tepat untuk setiap ruangan. Granit berwarna terang lebih tepat dipakai di ruang beraktivitas, sedangkan granit berwarna gelap untuk ruang beristirahat.

Demikian sejumlah alasan yang membuat Anda perlu mempertimbangkan batu granit sebagai bahan bangunan. Untuk mendapatkan pilihan material yang berkualitas, Anda bisa mengecek koleksi MM Galleri. Motif dan corak yang tersedia sangat bervariasi. Orisinalitasnya juga terjamin sehingga hasil bangunan memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *