...

Dapur  merupakan lokasi favorit banyak orang, karena disitulah terletak pusat kehidupan sebuah rumah. Sejak jaman dahulu hingga saat ini, dapur merupakan ruangan yang sering digunakan oleh penghuninya. Di era modern ini desain dapur semakin berkembang mengikuti kebutuhan pasar, berbagai fungsi dapur semakin dikembangkan sesuai kebutuhan agar aktivitas di dapur dapat semakin hidup dan menyenangkan. Kebutuhan konsumen akan desain dapur yang minimalis semakin meningkat karena perubahan gaya hidup masyarakat dari budaya yang cukup rumit ke arah budaya simpel yang fleksibel dan minimalis. Semakin simpel sebuah dapur, semakin sedikit perabotan yang dibutuhkan sehingga perabotan bisa selaras dengan desain kitchen setnya. 

Dapur minimalis adalah dapur yang mengusung tatanan simpel dan identitas minimalis yang bersifat sederhana dan praktis. Dengan konsep yang menyatukan estetika dan efisiensi, dapur minimalis bertujuan untuk membuat ruang gerak tetap lapang dengan mengefisiensikan meja, basin dan alat masak lainnya sehingga semua tetap fungsional dengan minim barang. Dapur simpel seperti inilah yang dapat membuat keluarga muda dapat tetap memasak, menyantap hidangan dengan nyaman di tempat yang sama tanpa mengalami distraksi. Berikut adalah 6 alasan mengapa kitchen set minimalis menjadi incaran banyak orang hingga saat ini.

 

Satu : Hadirkan Kesan Luas, Rapi, Mewah

Keunggulan penting dari dapur minimalis adalah selalu terlihat luas, rapi dan mewah. Hal inilah yang membuat orang lebih suka memilih jenis desain ini. Selain itu dapur minimalis akan mudah dibersihkan sesuai dengan kebutuhan. Dapur minimalis Anda akan bebas dari tumpukan barang yang kotor sehingga membuat tampilan dapur lebih enak dilihat. Jika ruangan dapur terlihat rapi dan luas tentu Anda bisa semakin leluasa dan bahagia saat memasak dirumah.

Konsep penataan dapur minimalis bertujuan untuk memberikan banyak ruang gerak semaksimal mungkin agar pengguna dapat bebas bergerak sambil memasak. Rahasia dapur  minimalis ini adalah dengan menghadirkan banyak laci dan lemari tambahan di bagian atas dan bawah. Tempat penyimpanan ini berfungsi untuk mengorganisir barang sesuai dengan frekuensi pemakaiannya. Untuk barang yang sering dipakai biasanya diletakkan di bagian yang mudah dijangkau dan barang lainnya yang jarang dipakai, diletakkan di bagian yang agak tersembunyi, agar hanya barang tertentu yang dipakai setiap hari di lingkungan dapur. Hasilnya pun adalah gaya dekorasi rumah yang luwes dan tidak berlebihan namun memiliki banyak manfaat maksimal. Namun dapur minimalis tidak hanya berhenti pada penampilan fisik semata tetapi juga dapat membantu pemiliknya untuk memiliki kesan mewah yang menawan.

Dua : Sisa Ruang Dapat Digunakan Semaksimal Mungkin

Dapur minimalis dibuat secara sengaja untuk memanfaatkan ruang yang sempit untuk menyimpan banyak barang sehingga ruangan yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk hal lain. Hunian Anda akan terkesan lebih lapang dan ada sisa space untuk meletakkan meja makan, pantry atau ruang santai di dekatnya. Jadi penghuni dapat menyantap kudapan sambil bersantai di daerah dapur dan sekitarnya. Dapur minimalis ini juga memiliki arti pada penggunaan alat yang seefektif mungkin sehingga dapur terlihat lapang karena minim barang. Walaupun jumlah perabotannya minim, tetapi kegiatan memasak tetap berjalan baik karena ditopang oleh perkakas serbaguna yang saat ini sudah banyak ditemukan di pasaran. Jadi dapur minimalis tetap dirancang untuk memiliki manfaat yang maksimal. 

Tiga : Sesuai dengan Gaya Hidup Keluarga Yang Dinamis

Masyarakat di era modern cenderung memiliki gaya hidup yang dinamis dan sangat fleksibel, jarang masak di rumah dan lebih banyak beli makanan di luar, maka dapur minimalis adalah pilihan terbaik. Cocok untuk terlalu sibuk untuk memasak, karena akan jarang digunakan, tetapi fungsi umum dapur tetap bisa diakses setiap saat jika diinginkan. Dapur minimalis memiliki aturan tersendiri untuk menyimpan stok makanan. Perhatikan cara penyimpanan, masa kadaluarsa dan metode penggunaannya agar dapur tidak penuh dan rentan serangga sehingga beresiko merusak stok makanan. Oleh karena itu, pastikan jumlah stok makanan sesuai dengan kebutuhan dan tidak perlu berlebihan. 

Dapur yang efisien dan hemat ruang akan menjadi sangat efisien bagi keluarga yang sibuk dan banyak beraktifitas di luar rumah. Pemanfaatan ruang yang minimalis memberikan ruang yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Agar tetap terasa lapang di area yang terbatas, setiap benda harus punya rak atau tempat tertentu dan tidak dibiarkan terpampang di luar sehingga menyebabkan dapur terasa sempit. Untuk benda- benda dapur yang jarang digunakan, simpanlah di rak yang paling tinggi. Semakin sering sebuah alat dapur digunakan, maka akan semakin mudah aksesnya demi kegiatan masak yang lebih efisien. 

 

Empat : Minim Maintenance, Mudah Dibersihkan

Konsep desain dapur yang minimalis akan membuat Anda tidak perlu sering membersihkan dapur jika tidak digunakan. Perawatan yang dilakukan juga cukup sederhana. Anda hanya perlu membersihkanya dengan menggunakan cairan khusus dan lap kering. Setelah memasak biasakan untuk membersihkan bagian yang kotor. Dengan begitu Anda bisa terus memelihara kebersihan dan keindahan dapur untuk bisa menunjang kenyamanan seluruh anggota keluarga. Semakin mudah dapur dibersihkan, maka orang akan semakin nyaman dan suka beraktivitas di dapur. Anda bisa lebih leluasa untuk mengolah resep baru untuk membuat masakan yang enak.

Dapur minimalis memiliki ciri meja yang senantiasa terlihat bersih dan bebas dari tumpukan barang, termasuk pisau, oven, microwave, mesin kopi dan lain sebagainya. Di kitchen set minimalis, hanya akan ada 1 atau 2 dekorasi yang biasanya punya fungsi misalnya tempat tisu atau wadah penyimpanan lain yang serbaguna. Perawatan yang dibutuhkan oleh dapur minimalis adalah perawatan dasar yang sederhana. Dengan desain simpel, countertop kitchen set minimalis yang tidak memiliki banyak perabot di atasnya akan sangat mudah untuk dibersihkan. Tanpa teknik tertentu, dapur cukup dibersihkan setelah digunakan, perabotan dicuci dan dikembalikan ke tempatnya masing-masing, dan semua peralatan dirapikan setelah memasak, maka dapur minimalis Anda akan segera kembali ke kondisi awalnya. Akan jauh berbeda jika Anda memiliki dapur konvensional yang complicated, maka proses maintenance dan membersihkannya akan menjadi sangat melelahkan karena jumlah perabotan yang terlalu banyak dan menyita banyak waktu. 

Lima : Comfy, Bebas Stress, Worry Free

Sifat minimalis yang mengedepankan kebersihan, keteraturan, kerapihan dan keindahan dalam kesederhanaan membuat penghuni lebih bahagia, nyaman dan tenang. Dapur yang bersih, perabotan yang simpel, maintenance yang mudah akan membantu banyak orang untuk segera menyelesaikan aktivitas memasak tanpa harus stress melihat banyak perabotan kotor dimana-mana. Tumpukan piring, gelas, alat masak lainnya yang tidak terorganisir biasanya akan membuat orang yang melihatnya merasa pusing, gerah, kesal. Namun penggunaan konsep minimalis yang memang didesain untuk memberikan tempat penyimpanan yang proporsional akan membangkitkan semangat penghuni untuk segera membereskan segala sesuatu segera setelah memasak untuk menjaga kebersihan dan kerapihannya. 

Enam : Hemat Biaya dan Fungsional

Kitchen Set yang minimalis mengusung konsep yang sederhana sehingga tentu dapat menghemat banyak uang, tenaga dan usaha dibanding kitchen set glamour lainnya. Pemanfaatan perangkat dapur yang secukupnya membuat dapur lebih fungsional karena diisi oleh perangkat yang berfungsi efektif, efisien bahkan dapat berperan ganda demi memenuhi kebutuhan pengguna. Peralatan yang simpel dan terbatas sangat membantu dalam menghemat waktu saat memasak karena aktivitas memasak akan lebih cepat dengan perkakas yang praktis dan serbaguna. Spot khusus untuk menyimpan perabotan agar lebih terorganisir, rapi dan bersih. Di era modern seperti ini, banyak inventor yang cerdik dalam berinovasi dan kreatif membuat alat serbaguna yang berfungsi untuk membuat kegiatan di dapur menjadi semakin mudah. Akibatnya, banyak perabotan yang hanya memiliki 1 fungsi mulai ditinggalkan. Contonya: daripada memiliki seperangkat pisau dapur, saat ini pengguna lebih suka untuk memiliki sebilah pisau dapur yang memang berkualitas dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sama halnya dengan peralatan dapur lainnya, selama benda tersebut berfungsi secara umum, itu sudah cukup sehingga printilan yang tidak terlalu dibutuhkan seperti penyaring telur atau pencuci sayur khusus tidak lagi dibutuhkan. Ini semua akan membantu Anda dalam menghemat uang dan waktu, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk membeli perangkat dapur yang berlebihan. Anda pun rumah akan mudah memilih perabotan yang memang digunakan pada saat memasak, sehingga menghemat waktu. Tidak perlu repot menggunakan gelas- gelas yang berbeda saat ingin menikmati minuman yang berbeda. Dapur minimalis yang efektif juga akan mencukupi kebutuhan setiap anggota rumah dengan perkakas yang sudah biasa digunakan oleh setiap orang.

Dengan menerapkan desain dapur minimalis sederhana, Anda bisa mendapatkan keindahan dan kenyamanan sekaligus. Untuk mencari referensi tentang desain dapur yang menarik, Anda bisa mengunjungi website MM Galleri. Disana Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang desain dapur yang sesuai dengan kebutuhan. Temukan lagi berbagai alternatif bahan table top atau kitchen set yang efisien dan cocok untuk dekorasi rumah ala konsep interior pilihanmu di MM Galleri, termasuk untuk dapur minimalis. Kami siap membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.