Batu alam sering digunakan sebagai bahan konstruksi suatu bangunan, mulai dari lantai, dinding, furniture, hingga dekorasi lainnya. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh batu alam, seperti kekuatan dan keindahan yang membuatnya sering digunakan. Salah satu batu alam yang dinilai memiliki keindahan nilai estetika adalah batu onyx. 

Memang batu onyx tidak sering terdengar seperti batu granit atau batu marmer. Namun, batu onyx juga memiliki keindahan dan kelebihan lainnya yang tidak kalah dengan batu alam lainnya. Mari mengenal lebih dalam batu onyx yang sangat dicari karena bisa memberikan keindahan tambahan untuk bangunan. 

Oleh karena itu, batu onyx sering kali digunakan dalam acara besar di Yunani. Bahkan saat perang dulu, batu onyx sangat sering dibawa karena dianggap dapat memberikan perlindungan atau peruntungan. 

Apa Itu Onyx Batu Alam?

Batu onyx atau onyx stone adalah merupakan batu alam yang terbentuk karena proses endapan. Original onyx stone atau batu onyx yang masih original terbentuk dari endapatan silika yang terjadi di dalam rongga lava. Silika sendiri merupakan senyawa kimia yang biasa kita kenal dengan nama silikon. 

Kalau berbicara tentang batu alam yang satu ini, pasti banyak yang mengingat black onyx stone atau batu onyx yang berwarna hitam. Namun, sebenarnya batu onyx masih memiliki warna yang lain. Beberapa warna batu onyx yang lain adalah cokelat, hijau, merah, orange, dan putih. 

Yang membuat batu onyx tampak indah karena batu yang satu ini tembus akan cahaya, meski batu onyx sendiri tidak terlihat transparan dan masih memiliki warna. Selain tampilannya, batu onyx juga memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. 

Nama batu onyx sendiri berasal dari kata Yunani yang berarti kuku macan karena memang saat pertama kali ditemukan batu yang satu ini memiliki bentuk warna krem yang tembus pandang dan berukuran cukup besar, mirip seperti kuku macan. Namun, orang Yunani percaya kalau batu yang satu ini merupakan potongan dari kaki Dewi Yunus. 

Keunggulan Onyx Batu Alam

Keunggulan Onyx Batu Alam

Ada banyak manfaat dan keunggulan menggunakan batu alam yang satu ini sebagai konstruksi suatu bangunan, terutama dekorasi suatu ruangan. Bagi anda yang masih ragu menggunakan batu onyx, inilah beberapa keunggulan menggunakan batu onyx yang harus anda ketahui:

a. Tampilan Menarik & Elegan

Salah satu keunggulan yang membuat batu onyx sering digunakan sebagai dekorasi suatu rumah atau bangunan terkenal adalah tampilannya yang dinilai banyak orang sangat menarik dan elegan. Pada dasarnya batu onyx memiliki warna hitam, merah, putih, hijau, cokelat, dan orange. 

Warna dasar ini semakin bagus dengan pola tipis, tapi dinilai tegas oleh sebagian orang. Corak atau pola pada batu onyx berbeda-beda, ada yang garis tipis dan bintik kecil. Namun, umumnya corak atau pola pada batu onyx berwarna putih. Adanya tampilan corak dan pola ini yang membuat batu onyx menarik dan elegan. 

Ada banyak jenis batu Onyx dengan tampilan yang berbeda-beda, seperti:

  • Multicolor Onyx Lighting
  • Tiger Onyx
  • Green Onyx
  • Wooden Onyx
  • Honey Onyx
  • Volcano Onyx
  • Ultraviolet Onyx

Multicolor onyx lighting terkenal memiliki corak gelombang dengan warna dasar cokelat. 

Tiger onyx memiliki warna yang didominasi emas dan putih, green onyx berwarna hijau dengan corak yang sulit diidentifikasi, wooden onyx berwarna cokelat dan cukup mirip seperti kayu, honey onyx berwarna orange dengan corak garis, volcano onyx berwarna merah dengan garis putih, sedangkan ultraviolet onyx berwarna ungu dengan corak yang cukup besar. 

Semua jenis batu onyx memiliki tampilan yang sangat menawan dan elegan. Anda mungkin akan kesulitan untuk memilih batu onyx yang terbaik dari semua jenis batu yang sudah disebutkan.

b. Transparansi

Kelebihan lain dari batu onyx yang membuatnya sering dicari adalah transparansi yang membuatnya tembus cahaya. Transparansi ini yang membuat batu onyx semakin tampak indah dan elegan. Dengan tampilannya yang transparan, banyak yang menggunakan batu onyx sebagai dekorasi suatu ruangan. 

Contohnya saja seperti honey onyx yang sering dijadikan dekorasi mengingat warna orange yang menyala begitu tertembus matahari akan membuat ruangan tampak lebih elegan serta mewah. Bahkan ruangan sederhana saja bisa jadi tampak mewah karena batu onyx. Selain itu, batu onyx juga cocok digunakan untuk keperluan desain interior maupun eksterior. 

c. Kekerasan Tinggi

Batu onyx memang lebih terkenal karena penampilannya yang bisa memukai banyak orang sehingga lebih sering dimanfaatkan sebagai dekorasi suatu ruangan dan perhiasaan. Namun, sebenarnya batu alam yang satu ini memiliki kekerasan yang cukup kuat sebagai pondasi atau konstruksi suatu bangunan. 

Kalau soal kekuatan, memang batu alam lain, seperti batu granit atau batu marmer lebih terkenal. Sebenarnya kekuatan batu onyx juga tidak boleh diremehkan karena memang batu onyx juga cukup sulit untuk dihancurkan. 

Batu onyx memang memiliki tampilan yang halus dan elegan, tetapi kekuatannya juga tidak boleh diremehkan. Selain silika, batu onyx juga terbuat dari kalsium karbonat. Kalsium karbonat sendiri merupakan senyawa yang juga membentuk tulang dan benda keras lainnya. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kekuatan dari batu onyx. 

d. Membutuhkan Perawatan

Batu onyx memiliki tampilan yang sangat memanjakan mata. Untuk mempertahankan tampilan tersebut, tentu saja batu onyx membutuhkan perawatan. Namun, perawatan untuk batu onyx tidaklah terlalu sulit. 

Anda bisa menggunakan air bersih dan kain katun halus untuk membresihkan batu onyx. Setelah selesai membersihkan batu onyx menggunakan air bersih dan produk membersih, anda harus lap batu onyx menggunakan kain katun yang halus. Batu onyx sangat mudah menyerap air sehingga berisiko meninggalkan noda air. Maka dari itu, usahakan untuk selalu mengelap batu onyx hingga kering selah membersihkannya. 

e. Dipoles & Diukir Sesuai Kebutuhan

Di tangan yang tepat, batu onyx dapat dipoles dan diukir sesuai dengan kebutuhan. MM Galleri bisa membantu anda untuk memoles dan mengukir batu onyx sesuai dengan kebutuhan dekorasi ruangan di rumah anda. 

Pengaplikasian Untuk Kebutuhan Arsitektur

Sifat tembus pandang yang dimiliki oleh batu yang satu ini membuatnya sangat cocok dijadikan backlit. Backlit merupakan dinding yang memiliki sumber cahaya dari arah belakangnya. Menggunakan batu onyx sebagai dekorasi backlit akan sangat cocok dan membuat ruangan tampak lebih elegan. 

Bukan hanya sebagai backlit dinding saja, tetapi batu onyx juga bisa digunakan sebagai backlit meja, kursi, wastafel, dan berbagai hal lainnya yang memang membutuhkan keindahan yang lebih elegan. 

Pemilihan Onyx yang Berkualitas

Agar bisa memiliki ruangan yang makin elegan dengan batu onyx, tentu saja anda harus memilih jenis dan kualitas yang terbaik. Anda bisa mendapatkan batu onyx dengan kualitas terbaik di MM Galleri. Selain menyediakan batu onyx berkualitas, MM Galleri juga akan membantu anda untuk memasang batu onyx sesuai dengan keinginan anda. 

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui tentang batu onyx. Batu yang satu ini memang memiliki kelebihan dalam hal tampilan dibandingkan batu alam lainnya. Jangan lupa menghubungi MM Galleri untuk sekedar berkonsultasi mengenai batu onyx. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *