Marmer merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan bangunan. Marmer sendiri tersedia dalam berbagai jenis dengan harga dan pola yang berbeda. Salah satu marmer yang bisa menyajikan kemewahan adalah marmer Statuario premium. Marmer ini termasuk ke dalam jenis marmer putih bersama dengan jenis lainnya seperti marmer Carrara dan Calacatta.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengenal marmer Statuario premium mulai dari asal hingga cara perawatannya!

  1. Asal Batuan Ini 

Marmer Statuario berasal dari sumber yang sama dengan Marmer Carrara, yaitu daerah pertambangan di pegunungan di Kota Carrara Tuscany, Italia. Kota Carrara Tuscany sendiri terkenal sebagai pusat penambangan Marmer dunia. Selain tiga jenis Marmer yang telah disebutkan, Carrara Tuscany yang memiliki lebih dari enam ratus titik pertambangan, juga menghasilkan ratusan jenis Marmer lainnya yang diekspor ke berbagai penjuru dunia.

Marmer satu ini banyak digunakan baik untuk keperluan komersial maupun residensial (keperluan perumahan). Marmer Statuario merupakan jenis Marmer dengan permintaan yang cukup tinggi. Hal ini berkebalikan dengan ketersediaannya. Batuan ini termasuk langka dan sangat terbatas, sehingga susah ditemui di pasaran. Dengan kelangkaannya itu, Statuario menjadi batu Marmer termahal yang pernah ada.

Sebagai Marmer dengan harga termahal, Marmer Statuario premium juga memiliki sejumlah kelebihan seperti:

  • Mudah dipasang.
  • Memiliki bobot yang terbilang ringan.
  • Dapat membantu mengatur suhu di dalam rumah. Marmer Statuario akan menyimpan kehangatan saat udara dingin dan memberikan kesejukan saat udara panas.
  • Mudah dibersihkan. 
  • Tahan terhadap noda, panas, serta goresan.
  1. Tampilan dan Corak

Marmer Statuario memiliki ciri khas yaitu dasar warna putih dengan corak mirip urat yang berwarna abu-abu dan emas yang memanjang serta saling bertumpuk. Warna dan corak inilah yang memberikan kesan elegan dan mewah sekaligus. Bila dibanding dua jenis Marmer lainnya, Marmer Statuario bisa dikatakan memiliki kualitas premium dan lebih eksklusif.

Terdapat dua jenis Marmer Statuario premium, yaitu Bianco Statuario dan Statuario Venato. Statuario Veneto merupakan Marmer Statuario premium dengan warna putih cerah dengan corak urat  berwarna abu-abu gelap yang banyak dan bertumpuk. Warna dasar dan corak pada Statuario Venato bisa terbilang kontras sehingga sangat cocok untuk ruangan dengan penerangan cukup.  

Jenis kedua yaitu Bianco Statuario. Jenis Marmer Statuario ini terbilang lebih eksklusif bila dibandingkan dengan Statuario Venato. Hal ini membuat Bianco Statuario memiliki harga yang lebih mahal. Bianco Statuario umumnya berwarna putih susu dengan corak urat berwarna abu-abu yang bercabang. Corak urat pada Bianco Statuario umumnya lebih tegas dan lebih tebal dibanding Statuario Venato. 

  1. Pola yang Unik

Pola urat pada Marmer Statuario ini terbilang unik. Oleh karena itu, Marmer satu ini akan sulit digantikan oleh Marmer jenis lainnya bahkan oleh jenis Marmer yang memiliki warna dan motif yang hampir sama, yaitu Calacatta. Hal itu dikarenakan Statuario memiliki desain yang sedikit berbeda pada permukaannya.

  1. Penggunaan Marmer Statuario Premium

Marmer Statuario merupakan batu dengan kesan mewah dan eksklusif. Penggunaannya tentu akan memberikan dukungan estetika yang tak ternilai. Berikut beberapa penggunaan Marmer Statuario premium:

1. Marmer Statuario Premium di Jalan Masuk Rumah

Jalan masuk dari pintu ke dalam rumah (entryway) merupakan tempat yang tepat untuk menggunakan Marmer Statuario premium sebagai ubin untuk melapisi lantai. Begitu pintu dibuka, setiap orang yang masuk baik pemilik rumah ataupun tamu  akan langsung disuguhi kesan mewah yang memanjakan mata.

2. Marmer Statuario Premium di Dapur

Marmer Statuario premium dapat diterapkan pada dapur dengan berbagai keperluan. Marmer Statuario premium dapat digunakan sebagai cladding untuk backsplash (tembok di belakang wastafel, tempat cuci piring, atau kompor) di dapur. Tak hanya memberikan kesan mewah,  Marmer Statuario premium juga membuat dapur terbebas dari noda karena mudah untuk dibersihkan serta tahan terhadap noda. 

Selain dapat digunakan sebagai cladding backsplash, Marmer Statuario premium juga bisa digunakan sebagai pelapis lantai dan countertop pada meja makan.

3. Marmer Statuario Premium di Kamar Mandi

Marmer Statuario premium juga dapat diterapkan di kamar mandi. Marmer ini bisa dijadikan cladding untuk backsplash di sekitar bak mandi, atau bisa juga sebagai lantai kamar mandi. Marmer Statuario premium akan memberikan dua manfaat di kamar mandi, yaitu menunjang estetika serta kebersihan dan sanitasi karena ketahanannya dengan kelembaban.

4. Marmer Statuario Premium di Ruang Keluarga/Ruang Tamu

Marmer Statuario premium dapat digunakan sebagai lantai untung ruang keluarga atau ruang tamu. Penggunaan Marmer ini dapat menggabungkan nuansa hangat dan elegan. Estetika pada ruang tamu dengan lantai Marmer Statuario premium akan lebih terasa dengan lemari dan sofa berwarna hitam atau putih.

5. Marmer Statuario Premium di Kolam Renang 

Marmer Statuario premium adalah salah satu solusi bagi yang menginginkan tampilan mewah pada kolam renang. Marmer ini dapat digunakan sebagai tembok dan lantai kolam renang, atau sekadar mempercantik pinggiran untuk memberikan kesan eksklusif.

6. Marmer Statuario Premium untuk Teras/Luar Ruangan

Marmer Statuario lebih sering digunakan untuk interior rumah. Namun bukan tak mungkin jenis Marmer ini digunakan untuk estetika pada teras atau keperluan outdoor. Di teras, Marmer Statuario premium dapat dijadikan lantai. Sementara itu di luar ruangan, Marmer ini dapat menjadi cladding untuk tembok luar atau fasad rumah dan akan memberikan tampilan mewah bagi siapa saja yang melihatnya.

Perawatan Marmer Statuario Premium

Sebagai material yang berkualitas dan mewah, Marmer Statuario premium tentu memerlukan perawatan yang tepat. Berikut cara merawat Marmer Statuario premium:

1. Gunakan Castile Soap atau Bahan Pembersih yang Aman

Tips pertama untuk merawat Marmer Statuario premium adalah pembersihan menggunakan castile soap. Castile soap adalah sabun dari minyak zaitun yang tidak diberi tambahan bahan apa pun seperti parfum, paraben, soda, dan lain-lain yang dapat merusak Marmer. Selain castile soap, bahan lain yang aman untuk digunakan sebagai pembersih antara lain yaitu baking soda dalam bentuk pasta atau larutan hidrogen peroksida.

2. Rajin Memoles Marmer

Marmer yang telah terpasang akan terlihat kusam setelah jangka waktu tertentu. Marmer yang kusam dapat disebabkan oleh debu, goresan, dan noda yang menempel. Hal ini tentu akan mengurangi estetika dari Marmer itu sendiri. Oleh karena itu, Marmer perlu dipoles secara rutin. Memoles Marmer bisa dilakukan dengan menggunakan krim atau pembersih Marmer serta kain microfiber sebagai alatnya.

3. Jangan Taruh Barang Panas di Atas Marmer 

Meski merupakan material yang tahan panas, Anda tidak disarankan untuk menaruh panci atau benda lain yang panas di atas Marmer. Sebab, panas tinggi akan bereaksi dengan pernis pada Marmer yang membuatnya mudah kusam dan tidak mengkilap. 

Uraian di atas, Anda kini dapat mengenal Marmer Statuario premium secara lengkap. Tertarik untuk menggunakannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *