Jendela merupakan komponen yang sangat penting dalam rumah, baik rumah sederhana ataupun rumah mewah. Fungsi utama jendela memang sebagai sirkulasi udara serta pencahayaan alami ketika siang hari. Namun, jendela menjadi bagian yang harus diperhatikan kalau anda sedang mendesain sebuah rumah mewah. 

Model jendela yang baik akan menambah nilai kemewahan serta keunikan dari sebuah rumah mewah. Maka dari itu, pemilihan model jendela sangatlah penting untuk rumah mewah. Setidaknya ada 8 jenis jendela yang bisa anda pilih untuk mendesain rumah mewah, seperti berikut ini: 

1. Jendela Kaca Tinggi

Model jendela pertama yang bisa anda gunakan pada rumah mewah adalah jendela kaca yang tinggi. Kalau anda perhatikan, banyak rumah mewah yang menggunakan kaca tinggi dengan memanfaatkan tingginya plafon pada rumah tersebut. Jendela kaca yang tinggi akan menambah keindahan dan membuat rumah tersebut tampak elegan dari dalam atau luar rumah. 

Selain menambah kesan mewah, model yang satu ini juga memungkinkan rumah mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal pada siang hari. Tentu saja anda bisa menghemat listrik lebih banyak pada siang hari. 

2. Jendela Berpintu Geser

Bukan hanya menjadi jendela biasa saja, tetapi jendela juga bisa anda manfaatkan sebagai pintu dengan menjadikannya jendela pintu geser. Pintu geser atau sliding door dengan bahan kaca menjadi pilihan yang sangat tepat untuk rumah mewah, terutama jika terhubung langsung ke taman atau kolam renang. 

Jendela berpintu geser sangat praktis dan membuat ruangan sangat efisien. Selain itu, model jendela yang satu ini juga menawarkan transisi yang mulus antara ruang dalam rumah dan ruang luar rumah. Kebanyakan rumah dengan gaya minimalis dan modern banyak yang menggunakan jendela berpintu geser agar membuat rumah terlihat lebih luas.

3. Jendela Panorama

Jendela panorama biasa lebih dikenal dengan nama jendela dinding karena memang fungsinya menggantikan dinding secara keseluruhan. Dengan menggunakan jendela panorama, maka anda tidak perlu menggunakan suatu dinding lagi sehingga bisa menciptakan kesan yang mewah dan elegan pada suatu rumah. 

Karena menggantikan fungsi dinding, maka jendela panorama juga memiliki model yang tinggi sehingga pencahayaan akan masuk secara maksimal ke dalam rumah. Model jendela yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat kalau pemandangan di sekitar rumah cukup menakjubkan. 

Banyak yang mengatakan bahwa jendela panorama merupakan pilihan yang sangat berani dalam sebuah desain arsitektur rumah mewah. Namun, tidak ada salahnya anda menggunakan model jendela yang satu ini agar menciptakan kesan yang lebih elegan. 

4. Jendela Onyx

Pilihan model jendela lainnya yang tepat untuk rumah mewah adalah jendela dengan tambahan batu Onyx. Batu Onyx sendiri merupakan batu alam dengan nilai estetika yang sangat mahal karena memiliki corak serta warna yang sangat indah. Namun, letak keunikan dari batu Onyx ada pada transparansi terhadap cahaya. Jadi, cahaya masih bisa menembus batu alam yang satu ini. 

Penggunaan batu Onyx pada jendela akan membuat cahaya yang masuk menyerupai dengan warna batu onyx yang digunakan sehingga akan menciptakan kesan yang mewah dan elegan di dalam rumah. Pencahayaan yang baik akan membuat suasana yang hangat. 

Semakin berkualitas batu Onyx yang digunakan pada jendela, maka akan semakin bagus pula pencahayaan alami yang akan masuk ke dalam rumah. Ada banyak aspek yang perlu anda perhatikan ketika memilih batu Onyx, seperti tekstur, warna, corak, dan kekuatannya.

Pastikan anda menggunakan batu Onyx dengan tekstur yang halus. Hal ini akan membuat cahaya yang masuk tetap lurus. Selain itu, pilihlah batu onyx dengan warna dan corak yang anda inginkan. 

Mencari batu Onyx dengan kualitas yang sudah disebutkan sebelumnya tidaklah sulit karena ada MM Galleri, perusahaan produsen dan distributor berbagai batu alam. MM Galleri menyediakan batu Onyx dengan kualitas premium dan akan membantu anda memilih batu Onyx yang sesuai dengan gaya dekorasi keinginan anda. Bukan hanya itu saja, MM Galleri juga akan membantu memasang jendela Onyx. 

5. Jendela Palladian

Model jendela lainnya yang sangat tepat untuk rumah mewah adalah jendela palladian, terutama kalau anda menyukai gaya dekorasi klasik. Jendela palladian memiliki desain yang simetris dengan keberadaan arka di tengah serta dua jendela samping yang lebih rendah.

Jenis jendela yang satu ini sangat cocok sebagai penghubung suatu ruangan dengan ruang tamu atau teras rumah. Penggunaan jendela palladian akan menambah kesan klasik pada suatu rumah. 

6. Jendela Bulat atau Oval

Seperti namanya, model jendela bulat atau oval tentu saja memiliki bentuk melingkar. Dengan model jendela seperti ini, rumah bisa terlihat memiliki desain yang unik dan terkesan tidak kaku. Desain yang tidak biasa ini akan membuat rumah terlihat lebih segar daripada desain garis lurus dan sudut tajam yang biasanya diterapkan dalam berbagai rumah. 

Jendela bulat atau oval akan menambah kesan artistik dan kelembutan pada rumah. Anda dapat menggunakan jendela bulat dengan ukuran yang kecil, sedang, hingga besar sesuai dengan kebutuhan. 

7. Jendela Transom

Jendela yang satu ini merupakan salah satu jenis jendela yang paling umum ditemukan di berbagai rumah mewah. Model jendela transom merupakan jenis jendela yang biasanya ditempatkan diatas pintu atau bahkan jendela lainnya. Bukan hanya berfungsi sebagai tambahan saja, tetapi jendela transom juga memiliki fungsi sebagai jalan masuknya pencahayaan alami serta sirkulasi udara. 

Keuntungan lainnya menggunakan jendela transom adalah tidak mengorbankan privasi karena letaknya yang lebih tinggi. Biasanya para arsitektur menggunakan jendela transom untuk menambah ketinggian visual dan detail pada rumah mewah. 

8. Jendela Mozaik

Kebanyakan model jendela memang merupakan jendela biasa yang bening dan tembus pandang. Jika anda bosan dengan model jendela tersebut, maka anda bisa mencoba menggunakan jendela mozaik. 

Model jendela yang satu ini biasanya dibuat dengan menggunakan kaca berwarna atau kaca patri sehingga akan menawarkan keindahan. Dari luar, jendela mozaik akan terlihat seperti karya seni dan orang luar akan kesulitan melihat ke arah dalam rumah. Namun, orang di dalam rumah tetap bisa melihat ke luar rumah dengan baik. 

Jendela mozaik juga menawarkan pencahayaan alami dari sinar matahari yang terpantul melalui warna dan pola yang diterapkan. Tentu saja hal ini akan menimbulkan efek visual yang bagus dan mampu meningkatkan nilai estetika. 

Banyaknya model jendela yang bisa anda pilih mungkin akan membuat anda kebingungan. Maka dari itu, sesuaikan dengan gaya dekorasi yang anda inginkan. Banyaknya pilihan model jendela ini sebenarnya juga menguntungkan karena anda bisa lebih fleksibel dalam menyesuaikan pemilihan model jendela sesuai keinginan anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *