Penggunaan porselen untuk bangunan telah populer dalam berbagai penerapan desain dan arsitektur. Namun, benarkah bahan lapisan tersebut memiliki sejumlah keunggulan yang mendukung Anda dalam mewujudkan desain impian hingga memberi manfaat perlindungan?

Dalam artikel berikut ini Anda akan mendapat uraian mengenai penggunaan porselen untuk bangunan, mulai dari lapisan lantai hingga furniture. Porselen merupakan salah satu bahan lapisan yang mudah ditemukan di pasar. Dalam memilih porselen yang tepat, penting juga diperhatikan mengenai kualitas desain dan ketahanan produk. Simak uraian selengkapnya. 

1. Sebagai Lantai karena Ketahanannya Terhadap Goresan

Sebagai lapisan yang paling rawan terhadap goresan dan paling sering bersentuhan dengan aktivitas, lantai memerlukan pelapisan khusus.

Porselen adalah pilihan yang baik untuk melapisi lantai karena memiliki beberapa keunggulan. Porselen cenderung tahan terhadap goresan dan noda, menjadikannya pilihan yang baik untuk lantai. Porselen sangat kuat dan tahan lama. Ini membuatnya cocok untuk lalu lintas berat dan area yang sering digunakan.

Penggunaan porselen untuk bangunan didukung oleh berbagai gaya, tekstur, dan warna. Anda dapat menemukan pilihan yang sesuai dengan desain interior ruangan Anda. Terlebih lagi, lantai merupakan salah satu elemen utama dalam desain ruangan. Oleh karena itu, pemilihan desain porselen yang sesuai dengan desain ruangan secara keseluruhan amatlah penting diperhatikan. 

2. Lapisan Dinding dalam Berbagai Ruangan

Penggunaan porselen untuk bangunan juga dapat diterapkan untuk melapisi dinding. Porselen glasir atau porselen dinding adalah jenis porselen yang dirancang khusus untuk dinding. Mereka memiliki beberapa keunggulan sebagai bahan pelapis dinding. Porselen dinding biasanya lebih tipis dan lebih ringan daripada porselen lantai, tetapi tetap kuat dan tahan lama untuk digunakan di dinding.

Porselen glasir memiliki lapisan permukaan yang tahan noda, sehingga mudah untuk membersihkan noda atau percikan yang mungkin muncul di dinding. Seperti porselen lantai, porselen dinding juga tersedia dalam berbagai gaya, tekstur, dan warna.

Pilihlah yang sesuai dengan desain interior secara keseluruhan. Porselen glasir tahan terhadap kelembaban, sehingga cocok untuk dinding di kamar mandi, dapur, atau area lain yang mungkin terkena air.

Baca Juga: Mengenal Porcelain (Porselen) Bahan Mediterraneo

3. Melapisi Tangga dalam Rumah atau Bangunan

Melapisi tangga dengan porselen bisa memiliki beberapa manfaat, terutama jika sesuai dengan kebutuhan dan desain ruangan. Porselen adalah material yang sangat kuat dan tahan lama. Melapisi tangga dengan porselen dapat meningkatkan ketahanan terhadap lalu lintas berat. Misalnya jika tangga digunakan untuk ruangan yang terbuka publik. 

Porselen glasir tahan terhadap noda dan cenderung mudah dibersihkan. Ini bisa menjadi keuntungan besar di area dengan tingkat lalu lintas yang tinggi. Tangga sering kali terkena kelembaban dari sepatu atau cuaca. Porselen tahan terhadap air, sehingga dapat menjaga penampilan tangga lebih lama. Hal tersebut semakin maksimal jika dipilih dengan pertimbangan model tangga yang dirancang. 

4. Penggunaan Eksterior dalam Fasad Bangunan

Jika Anda mencari sentuhan desain yang berbeda untuk dekorasi fasad bangunan, pertimbangkanlah bahan porselen. Porselen tidak hanya dapat mendukung interior saja. Porselen dapat dimanfaatkan untuk fasad bangunan sehingga dikenal dengan istilah porselen eksterior, atau “porselen luar ruangan”.

Porselen eksterior adalah material yang dirancang khusus untuk digunakan pada bagian luar bangunan. Secara umum bahan ini memang menawarkan ketahanan tertentu terhadap sejumlah ancaman perawatan eksterior.

Porselen eksterior tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, termasuk hujan, salju, panas, dan dingin ekstrem. Ini menjadikannya pilihan yang tahan lama untuk eksterior bangunan. Porselen yang secara khusus dibuat untuk eksterior umumnya tidak mudah memudar atau mengalami perubahan warna akibat paparan sinar UV.

Ini menjaga penampilan bangunan selama bertahun-tahun. Porselen juga tahan terhadap korosi dan memiliki ketahanan yang baik terhadap keretakan, menjadikannya pilihan yang kokoh dan tahan lama.

Baca Juga: Keunggulan Porselen Untuk Bangunan

5. Untuk Lantai Teras atau Halaman Luar

Penggunaan porselen untuk bangunan bagian eksterior tentu juga dapat mendukung desain teras atau halaman luar bangunan. Sebagaimana Anda pahami, bagian luar bangunan adalah bagian yang penting sebab menjadi wajah yang pertama kali akan menarik minat.

Area ini tentu amat perlu didesain dengan tampilan yang cantik dan sesuai dengan impresi idaman Anda. Apakah Anda menginginkan tampilan yang mewah, hangat, klasik, atau modern? 

Tampilan luar bangunan bisa menjadi lebih maksimal dengan pelapisan porselen untuk teras. Selain sejumlah keunggulan yang telah disinggung sebelumnya, porselen adalah bahan yang telah memiliki banyak eksplorasi dan inovasi pola, gaya, hingga tekstur permukaan. Anda hanya perlu menemukan produk porselen yang paling memenuhi dengan selera Anda.

6. Melapisi Tepian Kolam Renang

Porselen adalah bahan yang tidak menyerap air. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk area yang sering terkena air, seperti kamar mandi dan dapur.

Oleh karena itu, terkadang bahan ini juga dipertimbangkan untuk melapisi kolam renang. Terutama jika menimbang ragam pola porselen yang sangat banyak. Anda bisa menemukan pola cantik yang paling cocok dengan desain kolam renang impian.

Meski demikian penting dipahami bahwa bahan porselen cenderung memiliki permukaan yang licin. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan konsultasi atau survei mandiri terhadap jenis porselen yang Anda pilih. Penempatan aplikasi porselen di area kolam juga amat menentukan sejauh apa bahan ini akan mendukung desain kolam renang terbaik. 

7. Digunakan dalam Elemen Dekoratif

Penggunaan porselen untuk bangunan pada umumnya diterapkan untuk melapisi sisi permukaan penuh. Namun, itu bukan satu-satunya pilihan. Anda sangat dibebaskan untuk mengatur penerapan porselen sebagai elemen dekoratif.

Anda bisa merancang pola khusus yang ingin dibentuk pada sisi bangunan yang Anda inginkan. Pola tersebut dapat didekorasi dengan porselen yang relatif mudah dipotong. 

Inilah saatnya berkreasi dengan porselen pada lantai, dinding, dan berbagai area bangunan lainnya. Untuk menerapkan hal ini, tentu dibutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman. Tim yang tepat akan membantu Anda mewujudkan pola dekoratif porselen sesuai yang Anda inginkan. 

8. Untuk Elemen Furniture

Porselen sering digunakan sebagai elemen dekoratif dalam furnitur. Misalnya ditempelkan pada permukaan kayu atau logam, atau dalam mozaik untuk menghiasi permukaan furniture. Pilihan lain yang akan menambah kesan unik dan istimewa dalam ruangan adalah mengaplikasikan porselen untuk menghias meja makan atau meja kopi. 

Pilihan lainnya adalah dengan memanfaatkan porselen sebagai tombol atau pegangan pada laci, komode, atau lemari. Ini memberikan sentuhan estetika yang unik pada furnitur. Porselen juga digunakan untuk membuat tatakan lampu meja atau lampu gantung. 

Untuk mewujudkan desain idaman Anda, pemilihan  produk porselen memegang peranan penting. Jika Anda membutuhkan referensi jenis produk porselen berkualitas, arahkan pilihan Anda pada produk Mediterraneo.

Bicara mengenai penggunaan porselen untuk bangunan, selain unggul dalam hal corak dan warna, Mediterraneo juga menawarkan ketahanan produk porselen kualitas terbaik. Dapatkan produk Mediterraneo asli melalui Tim MM Gallery. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *