...

Granit merupakan salah satu batu alam yang mengalami proses pemanasan dan pembekuan yang panjang sehingga sering disebut sebagai batu beku juga. Sedangkan keramik merupakan produk bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat dengan proses pemanasan pada suhu yang sangat tinggi.

Baik granit dan keramik sama-sama sering dimanfaatkan untuk pembangunan rumah, baik desain interior atau eksterior. Lalu, apa beda granit dan keramik? Baik granit dan keramik memiliki perbedaan yang cukup mencolok. 

Mengenal Keramik Sebagai Bahan Buatan Manusia

Sebelum membahas perbedaan granit dan keramik lebih dalam, anda harus mengenal keramik terlebih dahulu. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau granit merupakan batu alam yang berarti terbentuk secara alamiah.

Berbeda dengan batu alam, keramik merupakan produk yang diciptakan oleh manusia. Bahan dasar pembuatan keramik adalah tanah liat yang dibakar pada suhu yang sangat tinggi. Proses pembakaran tersebut membuat sifat tanah liat menjadi solid dan kuat.

Perbedaan keramik dan granit yang harus anda ketahui pertama kali adalah keramik dibuat oleh manusia, sedangkan granit merupakan batu alam yang terbentuk secara alamiah. 

Perbedaan Karakteristik Keramik Dengan Granit

Beda granit dan keramik juga dapat anda lihat dari karakteristiknya. Karena melalui proses pembentukan yang berbeda, maka pasti ada perbedaan karakteristik antara keramik dan granit. Karakteristik ini yang harus anda ketahui agar bisa mengetahui beda keramik dan granit.

Proses pembentukan batu alam dimulai ketika magma di dalam perut bumi mulai terangkat sampai ke permukaan bumi. Di permukaan bumi, magma tersebut mengalami penurunan suhu sehingga mengering dan membeku. Dengan proses pembentukan yang sangat panjang tersebut, mineral yang terkandung dalam batu granit juga beragam.

  • Batu granit mengandung kuarsa, feldspar, dan plagioklas. Kuarsa adalah mineral yang biasanya ditemukan pada kerak bumi dengan ketahanan yang cukup kuat dengan tampilan tembus pandang. Feldspar merupakan mineral yang mendominasi di kerak bumi. Feldspar juga cukup kuat dengan tampilan yang beragam. Sedangkan plagioklas adalah mineral campuran antara kalsium dan natrium.
  • Dari komposisi tersebut, batu granit memiliki tampilan yang beragam. Namun, umumnya berwarna cerah seperti putih, abu-abu, hingga krem. Batu granit juga memiliki tampilan yang indah dengan adanya corak tertentu.
  • Sedangkan keramik terbuat dari tanah liat yang dibakar. Selain tanah liat, biasanya juga ada tambahan pasir dan batu kerikil. Dari komposisi tersebut, keramik biasanya memiliki tampilan berwarna merah dengan tekstur yang cukup halus hingga sedang.

Keunggulan Bahan Granit vs Keramik

Apa beda keramik dan granit selanjutnya yang harus anda ketahui? Perbedaan antara batu alam dan batu buatan ini ada pada keunggulan masing-masing. Anda bisa melihat keunggulan antara batu granit dan keramik berdasarkan umur, kemudahan dalam perawatan, dan ketahanan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau batu granit terbentuk dari proses alamiah dalam waktu yang cukup panjang. Hal ini membuat batu granit memiliki ketahanan yang sangat kuat dalam menghadapi berbagai hal hingga membuat umurnya sangat panjang. Bahkan batu granit bisa digunakan seumur hidup kalau anda melakukan perawatan dengan tepat.

  • Soal merawat batu granit sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu membersihkan batu granit menggunakan air bersih dan produk kebersihan. Lap batu granit dengan kain yang sudah dibasahi oleh air dan produk kebersihan tersebut. Setelah itu, bilas dengan air bersih lagi dan keringkan dengan kain lembut.
  • Ketahanan batu granit terhadap air dan bakteri juga menjadi keunggulannya. Dengan ketahanan ini, anda tidak perlu pusing mengganti batu granit lagi. Maka wajar saja kalau harga batu granit sangat tinggi.
  • Berbeda dari batu granit, keramik tidak memiliki ketahanan yang sama kuatnya. Keramik sedikit lebih mudah rusak jika berbenturan dengan benda keras sehingga umurnya juga lebih terbatas. Hal ini dikarenakan keramik hanya terbentuk dari tanah liat yang dibakar. 
  • Namun, perawatan untuk keramik juga tidak kalah mudah dibandingkan merawat batu granit. Anda hanya perlu membersihkan keramik menggunakan air bersih dan produk pembersih. Setelah itu lap keramik menggunakan kain lembut dan bersih.

Kualitas Tampilan Granit vs Keramik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau granit merupakan batu alam yang terbentuk secara alamiah. Karena terbentuk secara alami, tampilan dari batu granit juga alami atau tidak bisa anda ubah sama sekali. Tampilan batu granit yang tidak bisa diubah menandakan kalau batu granit memiliki tampilan yang terbatas.

Berbeda lagi dengan keramik yang dibuat oleh manusia. tampilan utama dari keramik adalah warna merah gelap, tetapi tampilan keramik bisa diubah sesuka hati. Bahkan tampilan keramik juga bisa mengikuti tampilan dari batu granit.

Bila membandingkan kualitas granit dan keramik, maka tampilan granit memang terlihat lebih berkualitas dengan warna dan corak yang sangat cocok. Tetapi, keramik memiliki keunggulan lain dimana tampilannya bisa diubah.

Meski tampilan dari batu granit tidak bisa diubah, tetapi batu granit juga memiliki beragam tampilan bergantung dari jenis batu granit yang anda lihat. Pada umumnya granit memiliki warna putih, hitam, abu-abu, krem, dan lainnya. Tampilan batu granit semakin bagus dengan tambahan corak, seperti bintik, garis tipis, dan lain sebagainya.

Tingkat Ketahanan & Kekuatan Granit vs Keramik

Jika anda mencari batu yang sangat kuat sehingga bisa menjadi bahan konstruksi sebuah bangunan, maka batu granit sangat cocok bagi anda. Batu granit memang terkenal memiliki kekuatan, sangat awet, dan super solid. 

Keramik juga memang kuat, tetapi tidak sekuat batu granit. Kekuatan keramik memang lebih lemah sehingga lebih mudah hancur. Maka dari itu, keramik tidak bisa terlalu diandalkan sebagai bahan konstruksi bangunan.

Kekuatan batu granit memang jauh di atas keramik sehingga harga yang ditawarkan juga jauh lebih mahal, tetapi bukan berarti keramik tidak bermanfaat. Keramik juga masih digunakan sebagai bahan bangunan, terlebih karena harganya yang lebih murah.

Selain dari kekuatan, anda juga harus melihat perbedaan granit dan keramik dari ketahanan. Granit cenderung lebih tahan gores dan noda dibandingkan keramik. Namun, tetap saja anda harus melakukan perawatan secara hati-hati pada granit ataupun keramik.

Penggunaan Pada Ruangan Granit vs Keramik

Sebenarnya tidak ada hal yang berbeda dari manfaat antara granit dan keramik. Keramik pada umumnya digunakan sebagai lantai atau dinding. Sama seperti keramik, granit juga biasanya dimanfaatkan sebagai lantai dan dinding.

Namun, manfaat granit lebih banyak dari keramik karena ketahanan dan tampilan yang lebih berkualitas. Granit juga sering dimanfaatkan untuk bahan furniture, countertop, dekorasi ruangan, dan lain sebagainya.

Itulah perbedaan antara batu granit dan keramik yang harus anda ketahui. Baik keramik dan granit tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tergantung dari kebutuhan anda. Anda bisa menghubungi MM Galleri terlebih dahulu untuk berkonsultasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.