Beragam pilihan marmer tersedia untuk Anda yang ingin menghias dan mempercantik bangunan. Kini, Anda bisa memilih marmer lokal atau marmer import untuk menghias bangunan Anda.

Marmer import dinilai memiliki kualitas yang lebih tinggi karena berasal dari luar negeri. Marmer ini dilihat memiliki kualitas tinggi dan bisa menambah prestise. Padahal, hal tersebut tidak semestinya benar. 

Marmer lokal Indonesia juga memiliki kualitas yang baik dan corak yang menarik. Sehingga, baik marmer impor maupun marmer lokal, keduanya memiliki nilai yang sama untuk menjadi pilihan dalam mempercantik bangunan.

Lebih lengkapnya, simak pembahasan tentang marmer lokal dan marmer impor dalam ulasan di bawah ini!

Mengenal Marmer Lokal

Marmer lokal berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Magelang yang menjadi penghasil marmer terbesar. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memang memiliki perbukitan yang kaya akan mineral seperti marmer.

Setiap daerah tersebut memiliki karakteristik marmernya tersendiri. Di Magelang, misalnya, marmer yang dihasilkan adalah marmer berwarna merah. Marmer ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Magelang dan di Italia.

Ketahui Tentang Marmer Import

Selain marmer lokal, Anda juga bisa memilih marmer import. Marmer ini dihasilkan dari luar Indonesia. Negara-negara yang banyak menghasilkan marmer adalah Italia.

Menggunakan marmer import memang memberikan prestise tersendiri. Marmer import biasanya memiliki ragam corak yang tidak ditemui di marmer lokal. Bahkan, ada pula corak marmer impor yang tergolong langka.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk membeli marmer import. Sebab, kini Anda sudah bisa mendapatkan marmer import dari distributor marmer di seluruh Indonesia. Salah satu distributor marmer import adalah MM Galleri yang menyediakan beragam motif, jenis, dan ukuran marmer dari luar negeri.

Apakah Keduanya Berkualitas?

Baik marmer lokal maupun marmer import, keduanya merupakan marmer berkualitas. Marmer yang diperoleh dari dalam dan luar negeri ini memang tidak menunjukkan perbedaan kualitas, hanya tempat asalnya saja yang berbeda. Selain itu, corak marmer juga akan berbeda karena beberapa corak tertentu memang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu, baik itu di dalam atau di luar negeri.

Namun, jika melihat biaya yang harus dikeluarkan, marmer import tentu lebih mahal daripada marmer lokal. Ini karena marmer impor membutuhkan biaya produksi dan pengiriman yang besar. Sementara itu, marmer lokal tidak membutuhkan biaya produksi dan pengiriman yang tinggi. 

Tips Memilih Marmer Import dan Marmer Lokal

Dalam memilih marmer lokal terbaik atau impor, Anda harus mempertimbangkan beberapa kriteria. Kriteria tersebut adalah warna dan corak, tekstur permukaan, distributor resmi, ukuran marmer, dan kebutuhan bangunan. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Warna dan Corak

Marmer memiliki warna dan corak yang beragam. Warna dan corak ini akan mempengaruhi harga marmer.

Semakin serasi warna suatu marmer, maka semakin berkualitas pula marmer tersebut. Akibatnya, harganya akan meningkat.

Sementara itu, corak marmer ditentukan dari bagaimana marmer dipotong. Sebelum marmer dipotong, biasanya akan dilakukan pemetaan pola agar menghasilkan corak yang indah. Corak inilah yang akan menentukan kualitas suatu marmer. Semakin indah coraknya, semakin berkualitas dan semakin mahal pula harganya.

Anda juga perlu menyesuaikan warna dan corak marmer dengan kebutuhan ruangan. Jika Anda menginginkan kesan mewah dan elegan pada ruangan, Anda bisa menggunakan marmer dengan corak mozaik atau papan catur. Selain itu, jangan lupa memadupadankan warna dan corak marmer dengan warna cat ruangan.

2. Tekstur Permukaan

Ada marmer yang memiliki tekstur permukaan halus, ada pula yang kasar. Semakin halus tekstur permukaan suatu marmer, maka kualitasnya semakin baik. Namun, harganya juga tentu akan meningkat.

Untuk mengetes tekstur marmer, Anda bisa meraba permukaannya. Ketika Anda menyentuh marmer berkualitas, permukaannya akan terasa halus dan tanpa tonjolan. Anda juga bisa melihat permukaannya agak mengkilap.

3. Distributor Resmi

Memilih tempat membeli marmer juga merupakan hal yang penting. Sebab, setiap tempat marmer memiliki variasi marmer dan pelayanan yang berbeda.

Baik marmer lokal maupun marmer import, Anda bisa mendapatkannya dari distributor marmer. Untuk marmer yang berasal dari luar negeri, pastikan memilih distributor resmi yang memiliki lisensi untuk menjual marmer import. Hal ini penting untuk menjaga Anda agar tetap mendapatkan marmer yang asli.

Distributor marmer rekomendasi untuk Anda adalah MM Galleri. MM Galleri merupakan distributor yang menyediakan marmer impor dan lokal berkualitas dengan beragam variasi.

4. Ukuran Marmer

Terdapat dua jenis ukuran marmer, yaitu marmer slab dan marmer tiles. Ukuran marmer slab lebih besar daripada marmer tiles.

Marmer slab memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 150 x 250 sentimeter. Tebalnya berkisar antara 1.8 hingga 2 sentimeter.

Sementara itu, ukuran marmer tiles ada yang 30 x 30 sentimeter, 40 x 40 sentimeter, dan 60 x 60 sentimeter. 

Perlu dicatat bahwa ukuran marmer juga menentukan harganya. Marmer yang tebal dan besar tentu harga jualnya lebih tinggi. Namun, kualitasnya akan sepadan dengan harga yang Anda bayar. Ini karena marmer yang lebih tebal akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: Rekomendasi Marmer yang Cocok Untuk Lantai dan Dinding

5. Sesuaikan dengan Bangunan

Pemilihan marmer perlu disesuaikan dengan desain dan ukuran bangunan. Tanpa menyesuaikan marmer dengan desain, Anda tidak akan bisa mendapatkan keindahan dari ruangan yang ada. Sementara itu, ukuran marmer yang tidak sesuai dengan luas ruangan akan terlihat tidak cocok. Ruangan yang kecil tentu terlihat aneh jika Anda menggunakan marmer dengan tiles berukuran besar.

Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan desainer interior terkait pemilihan marmer yang sesuai dengan desain dan luas ruangan.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan marmer impor dan marmer lokal. Dapat disimpulkan bahwa kedua marmer tersebut tidak memiliki perbedaan kualitas, hanya ada perbedaan asal dan biaya yang harus dikeluarkan saja.

Namun, marmer import memang memiliki beberapa corak yang tidak ditemui dalam jenis marmer lokal, bahkan tergolong langka. Untuk Anda yang menginginkan marmer dengan corak eksklusif, Anda bisa mempertimbangkan marmer import.

Hanya saja, jangan lupa untuk mempertimbangkan kriteria lain yang penting dalam memilih marmer, yaitu warna dan corak, tekstur permukaan, kesesuaian dengan bangunan, dan ukuran marmer. Lalu, jangan lupa untuk mendapatkan marmer dari distributor resmi yang terpercaya dan memiliki pelayanan baik.

Anda bisa mempercayakan MM Galleri sebagai distributor resmi marmer import dan marmer lokal. MM Galleri memiliki ragam pilihan marmer yang menarik untuk Anda. Kami juga melengkapi variasi marmer tersebut dengan pelayanan optimal—layanan fabrikasi, restorasi, pemasangan, dan personalisasi siap membantu Anda dalam mendapatkan marmer yang Anda inginkan.

Segera cek pilihan marmer impor dan marmer lokal dari MM Galleri di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *