...

Partisi ruangan merupakan sebuah sekat yang berguna untuk memisahkan satu ruangan menjadi dua ruang yang berbeda, seperti satu ruangan besar yang ingin dipisah menjadi ruang tamu dan ruang keluarga. Membuat partisi ruangan harus diperhatikan dengan detail karena turut mempengaruhi desain interior rumah anda. 

Untuk membuat partisi ruangan yang bagus, pastinya anda harus menggunakan bahan yang berkualitas pula. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat partisi ruangan, tetapi sesuaikan lagi dengan gaya desain interior yang anda inginkan. Kalau anda masih bingung, simak rekomendasi bahan untuk membuat partisi ruangan berikut ini: 

1. Marmer

Marmer

Marmer merupakan batu alam yang terbentuk secara alamiah selama ratusan tahun dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Proses pembentukan tersebut membuat Marmer memiliki motif yang unik dan mewah. Setiap jenis Marmer memiliki motif yang berbeda-beda sehingga sangat unik. 

Karena terbentuk dari tekanan dan suhu yang tinggi, maka batu marmer juga bisa menahan beban yang sangat berat. Maka dari itu, Marmer sering dijadikan bahan material dalam dunia desain interior. Namun, Marmer juga ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembuat partisi. 

Marmer yang biasanya menjadi dinding atau lantai ternyata juga bisa menjadi partisi ruangan dengan menggunakan teknologi canggih dari MM Galleri sehingga bisa menghasilkan partisi ruangan yang berkualitas. 

Partisi ruangan berbahan Marmer tentu saja akan memberikan pemandangan yang mewah untuk seluruh ruangan. Selain itu, partisi ruangan berbahan Marmer bisa menambah nilai estetika dan kesan mewah pada ruangan tersebut. 

2. Kaca

Rekomendasi bahan untuk membuat partisi ruangan selanjutnya yang bisa anda coba adalah kaca. Membuat partisi ruangan dengan bahan kaca memberikan banyak sekali keuntungan untuk anda, mulai dari pencahayaan ruangan yang tetap terjaga hingga ruangan yang tetap terasa luas. 

Partisi ruangan dengan bahan kaca memang memang bisa membuat pencahayaan antara dua ruangan yang terpisah tetap penuh karena cahaya tersebut akan tembus pandang hingga ke ruangan lainnya. Selain itu, partisi ruangan berbahan kaca transparan memungkinkan anda untuk tetap melihat ruangan lainnya sehingga tidak ada bagian ruangan yang terpotong dan membuat ruangan tetap terlihat luas. 

Ada banyak model partisi dengan bahan kaca yang bisa anda gunakan, seperti model kaca sliding atau model kaca lipat. Dengan kedua jenis modal tersebut, anda bisa menutupi hampir seluruh ruangan dan tetap bisa membukanya dalam waktu yang cepat kalau dibutuhkan. 

3. Logam

Selain menggunakan marmer dan kaca, anda juga bisa menggunakan logam untuk membuat partisi ruangan. Kalau penggunaan marmer akan membuat partisi ruangan terlihat mewah dan penggunaan kaca membuat partisi ruangan terlihat modern, maka logam akan membuat kesan industri pada partisi ruangan. 

Anda bisa menggunakan berbagai jenis logam sebagai bahan untuk membuat partisi ruangan, mulai dari baja ringan hingga besi. Tentu saja anda harus memperhatikan kualitas dari logam yang anda gunakan karena turut mempengaruhi umur dari partisi ruangan tersebut. Misalnya, partisi ruangan akan sangat mudah berkarat kalau anda menggunakan besi yang tidak berkualitas. 

Partisi ruangan dengan bahan logam memang bisa menimbulkan kesan industri pada dua ruangan yang dipisahkan menggunakan partisi ruangan tersebut. Tentu saja kesan industri akan membuat ruangan yang disekat menggunakan partisi ini memiliki nilai estetika sendiri.

Selain menjadi pemisah antara dua ruangan, anda juga bisa memanfaatkan partisi ruangan dengan bahan logam menjadi gantungan dekorasi atau tanaman. Pastikan menggunakan dekorasi atau tanaman yang sesuai dengan tema desain interior yang anda inginkan. 

4. Gypsum atau Drywall

Rekomendasi bahan pembuat partisi ruangan selanjutnya adalah gypsum. Gypsum atau drywall merupakan bahan yang bisa mengeras dan memang salah satu material dalam bahan bangunan yang cukup populer. Ternyata, gypsum atau drywall juga bisa dimanfaatkan untuk membuat partisi ruangan. 

Kalau dimanfaatkan sebagai partisi ruangan, tentu saja gypsum atau drywall akan sangat kuat sehingga anda tidak perlu khawatir kalau bahan yang satu ini akan rusak dengan mudah. 

Terlebih lagi gypsum atau drywall pada umumnya berwarna putih sehingga anda bisa memadukannya dengan elemen lain di dalam ruangan. Anda bisa kreasikan imajinasi anda dengan menambahkan berbagai dekorasi pada partisi ruangan berbahan gypsum atau drywall. 

5. Bambu atau Rotan

Jika anda menginginkan desain interior dengan gaya natural dan menginginkan sebuah partisi ruangan, maka buatlah partisi ruangan tersebut dari bambu atau rotan. Bambu atau rotan merupakan bahan pembuat partisi yang cukup baik. Kedua bahan tersebut cukup ringan, tetapi sangat kuat untuk menahan beban berat sehingga partisi ruangan tidak akan mudah rusak. 

Selain itu, bambu atau rotan juga memberikan kesan yang alami dan natural pada sebuah ruangan. Anda bisa menambahkan sedikit dekorasi daun pada partisi ruangan berbahan bambu atau rotan tersebut agar terlihat semakin menarik. Tambahan partisi bambu atau rotan tentu saja bisa membuat suatu ruangan menjadi lebih estetik. 

6. Akrilik atau Plastik Transparan

Akrilik atau plastik transparan juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan untuk membuat partisi ruangan. Dengan menggunakan akrilik atau plastik transparan yang tembus cahaya, tentu saja pencahayaan setiap ruangan tidak akan terganggu setelah dipisahkan dengan partisi. Hal ini memungkinkan anda tidak perlu lagi menggunakan sistem pencahayaan yang baru. 

Selain itu, partisi ruangan yang terbuat dari akrilik atau plastik transparan juga akan tampak lebih luas karena seperti tidak ada ruangan yang terpotong. Hal ini tentu saja bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang sebenarnya tidak terlalu ruangan yang sempit. 

Anda bisa menggunakan partisi ruangan berbahan akrilik atau plastik transparan yang mudah dilipat sehingga bisa memudahkan anda dalam membuka atau menutup ruangan lainnya. 

7. Plywood atau MDF

Rekomendasi bahan untuk membuat partisi ruangan terakhir yang harus menjadi pertimbangan anda adalah plywood. Seperti namanya, plywood merupakan lembaran kayu yang cukup tipis sehingga harganya juga lumayan terjangkau. Meski lembaran kayu kecil, tetapi plywood atau MDF bisa membuat partisi ruangan yang kuat. 

Selain kuat, partisi ruangan yang terbuat dari plywood atau MDF juga terlihat lebih natural untuk suatu ruangan sehingga cocok digunakan untuk gaya desain interior yang minimalis dan modern. Anda juga bisa menambahkan berbagai elemen dekoratif pada partisi ruangan yang terbuat dari plywood atau MDF, seperti rak dinding untuk meletakkan sesuatu. 

 

Itulah berbagai rekomendasi bahan untuk membuat partisi ruangan yang dapat menjadi pertimbangan anda. Pilihlah bahan yang sesuai dengan budget serta gaya dekorasi rumah anda. Kalau anda ingin gaya dekorasi yang mewah dan elegan, maka jangan ragu untuk memilih partisi ruangan yang terbuat dari marmer. Untuk mendapatkan partisi ruangan marmer berkualitas, hubungi MM Galleri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.