Countertop adalah istilah yang digunakan untuk menyebut permukaan datar pada meja dapur. Area ini dipakai untuk mempersiapkan bahan makanan yang akan dimasak. Countertop yang berukuran lebar akan membuat pengguna lebih leluasa melakukan aktivitas di dapur.

Namun, bukan hanya dari segi ukuran, material countertop pun perlu diperhatikan karena memengaruhi kegiatan masak-memasak.

Kegunaan Countertop

Countertop di meja dapur perlu dipilih dengan cermat. Hal ini berkaitan dengan manfaat atau kegunaan area tersebut. Apa saja di antaranya?

1.Tempat mempersiapkan bahan makanan

Salah satu manfaat countertop adalah sebagai tempat untuk mempersiapkan bahan makanan. Sebelum memasak, Anda pasti harus memotong atau mengiris bumbu dapur kemudian menghaluskannya. Begitu pula bahan-bahan utama masakan perlu disiapkan lebih dahulu. Di atas countertop yang bagus, kegiatan ini bisa dengan mudah dilakukan.

2.Tempat meletakkan bumbu atau peralatan memasak

Countertop juga berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan bumbu-bumbu yang akan digunakan saat memasak. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mencarinya saat memasak. Begitu pula peralatan memasak, seperti panci, sendok, pisau dan sebagainya bisa ditempatkan di countertop agar lebih mudah diraih.

  • 3.Tempat menghidangkan makanan yang baru matang

Countertop juga berguna sebagai tempat untuk meletakkan hasil masakan setelah matang. Di area ini, Anda bisa menyempurnakan sajian sebelum menghidangkannya di meja makan.

Material yang Disarankan untuk Countertop

Karena memiliki manfaat yang penting dalam kegiatan masak-memasak, material countertop perlu dipilih dengan benar. Jenis material yang direkomendasikan untuk countertop adalah batu alam seperti granit dan marmer.

Ada beberapa keunggulan batu alam, salah satunya memiliki motif atau corak yang beragam dan natural. Karena keunggulan tersebut, tampilan countertop akan terlihat unik dan tidak sama dengan yang lain. Menggunakan batu alam sebagai material countertop, tampilan dapur pun lebih mewah dan elegan.

Selain itu, batu alam seperti granit atau marmer juga lebih tahan panas. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir merusak permukaan ini karena meletakkan panci atau mangkuk berisi hasil masakan yang masih panas. Kelebihan lainnya adalah tahan terhadap goresan sehingga cocok sebagai tampilannya tidak mudah berubah.

Tips Memilih Material Countertop

Supaya area dapur tampak bagus sekaligus fungsional, pemilihan countertop harus tepat. Nah, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk tujuan itu, yaitu:

A.Menyadari kegunaan countertop

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyadari atau menentukan kegunaan countertop di dapur. Umumnya, area ini diperlukan untuk persiapan memasak sehingga permukaannya harus aman dan tidak mudah rusak.

B.Mengenal karakteristik material countertop

Ada beberapa pilihan material untuk countertop selain batu alam. Namun, Anda perlu mengenal karakteristik material tersebut, termasuk kekurangannya. Pertimbangkan apakah faktor kekurangan tersebut akan mengganggu aktivitas memasak nantinya.

C.Menentukan bujet yang tersedia

Setiap jenis material memiliki harga yang berbeda-beda. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan bujet yang tersedia untuk memesan countertop yang sesuai keinginan. Anda juga perlu menyesuaikan faktor ini dengan tingkat ketahanannya. Walaupun mahal, jika lebih tahan lama, Anda tidak akan rugi.

D.Mempertimbangkan segi estetika

Selain fungsinya, countertop juga dapat menjadi salah satu elemen yang mempercantik area dapur. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan faktor estetika saat memilih material ini. Batu alam yang memiliki tampilan unik sangat ideal sebagai bahan membuat countertop.

Inilah kegunaan countertop, material yang umum dipakai untuk membuatnya, serta tips memilih material countertop yang sesuai. Informasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum memesan atau membuat countertop.

Anda juga dapat mengecek beberapa pilihan material dari batu alam yang tersedia di MM Galleri. Produk yang disediakan dijamin original dan berkualitas serta ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, variasinya juga tak kalah menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *