...

Marmer import merupakan salah satu pilihan selain marmer lokal untuk mempercantik ruangan. Marmer ini didapatkan dari berbagai negara di dunia. Namun, pusat penghasil marmer import yang paling terkenal adalah Italia.

Marmer import dan lokal sama-sama memiliki kelebihan yang membuat kedua marmer ini berkualitas. Namun, marmer impor mempunyai keunggulan tersendiri yang membedakannya dengan marmer lokal. Keunggulan-keunggulan inilah yang membuat marmer dari luar negara lebih mahal daripada marmer dalam negeri.

Pada ulasan kali ini, Anda akan memahami lebih jauh mengenai marmer import, mulai dari asalnya, keunggulannya, dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga marmer impor. Tanpa perlu menunggu lama, simak ulasan lengkapnya di sini!

Dari Mana Asal Marmer Import?

Selama ini, Anda mungkin mengenal marmer impor hanya dari Italia. Padahal, kenyataannya terdapat empat negara besar lainnya yang juga menjadi penghasil marmer, yaitu Yunani, Amerika Serikat, Turki, dan Spanyol. Setiap tempat marmer ini memiliki perbedaannya tersendiri.

Misalnya, marmer dari Carrara, Italia. Tambang marmer yang berada di sekitar pegunungan Alpen ini telah digunakan sejak zaman Romawi Kuno. Historinya yang panjang membuat marmer Carrara sangat terkenal sebagai marmer berkualitas. Ciri khasnya adalah memiliki warna putih keabu-abuan dengan pola yang lembut.

Bukan hanya Carrara, Italia juga menjadi asal mula dari marmer kualitas terbaik dunia lainnya seperti Statuario, Calacatta, dan Botticino. Ketiga marmer tersebut merupakan marmer mewah yang bergengsi dengan harga yang tinggi.

Marmer-marmer yang dihasilkan di Yunani antara lain Volakas, Thassos, dan Achilles. Banyak dari marmer tersebut didapatkan dari Gunung Pentelicus, Yunani memiliki warna dasar putih dengan rona kuning yang tampak keemasan. Gunung ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai penghasil marmer, oleh karena itu reputasinya tak main-main. Bahkan, bangunan Parthenon dan Pantheon telah dibangun menggunakan marmer Yunani yang cantik.

Sementara itu, marmer dari Vermont, Amerika Serikat memiliki densitas yang tinggi. Hal ini membuat marmer tidak akan mudah menyerap noda. Warna dari marmer Vermont beragam, mulai dari abu-abu cerah, abu-abu tua, hingga putih. Ada pula urat berwarna abu-abu dan emas lembut yang menambah indah marmer Vermont.

Dari Turki, ada marmer Travertine yang populer di Indonesia. Marmer ini memiliki warna krim dan kecoklatan dengan tebal sekitar 2 sentimeter. Selain itu, ada pula marmer yang memiliki ciri khas unik, yaitu warnanya merah bercorak.

Lalu, ada pula marmer dari Spanyol. Marmer dari negara ini juga terkenal akan kualitas dan prestisenya. Beberapa di antara marmer Spanyol yang paling terkenal adalah Marquina, Alicante, dan Crema Marfil. Marquina memiliki sentuhan elegan dengan warna hitamnya. Alicante, yang umumnya memiliki unsur kemerahan cocok untuk outdoor. Sementara itu, Crema Marfil merupakan marmer yang tahan banting.

Keunggulan Marmer Import

Marmer import memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya berbeda dengan marmer lokal, seperti sebagai berikut:

1. Warna Bervariasi

Mengingat marmer impor diperoleh dari berbagai negara di seluruh dunia, maka variasi warna marmer yang ditemukan pun lebih banyak. Anda bisa menemukan marmer impor dengan warna merah, kuning, putih, hitam, abu-abu, cokelat, bahkan hijau.

Marmer berwarna hijau contohnya adalah marmer Verde Patricia yang diimpor dari India. Marmer ini memiliki warna hijau yang eksotis dengan pola corak alami, memberikan kesan natural namun tetap mewah.

2. Motif Beragam

Marmer import juga memiliki motif yang beragam. Motif pada marmer impor terdiri atas perbedaan pola urat. Ada pola urat memanjang, kembang, awan, spot, dan polos. Motif ini terbentuk sendiri dari alam, namun juga mengalami campur tangan saat proses pemotongan. Cara memotong marmer tertentu akan menghasilkan pola yang unik dan tiada duanya. Beberapa motif marmer bahkan tergolong langka.

Salah satu contoh marmer dengan motif yang unik adalah Calacatta. Marmer ini sangat indah dengan warna dasar putih serat urat tegas berwarna abu dan emas. Perpaduan warna dan urat yang cantik membuat Calacatta menjadi salah satu marmer paling indah dan mewah.

Selain itu, ada pula motif marmer yang mirip seperti air mengalir. Motif ini dimiliki oleh marmer Blue de Savoie. Terdapat dua paduan warna pada marmer ini, yaitu biru dan abu-abu. Marmer ini sangat cocok untuk digunakan di kamar mandi atau ruangan spa.

3. Densitas Rapat

Banyak marmer dari luar negeri memiliki tingkat densitas yang cukup rapat, contohnya marmer dari Turki, Spanyol, dan Amerika. Marmer dari negara-negara tersebut mempunyai pori-pori yang rapat sehingga tidak akan cepat rusak. Ketika terkena air, marmer akan cepat kering.

Apa yang Mempengaruhi Harga Marmer Import Mahal?

Harga marmer import cukup bervariasi. Namun, secara besar, harga marmer internasional ini lebih mahal daripada marmer lokal. Di bawah ini adalah beberapa hal yang memengaruhi harga marmer import mahal.

1. Distribusi

Marmer impor tidak bisa Anda dapatkan dengan mudah. Untuk mendapatkannya, ada serangkaian proses distribusi yang panjang. Setelah marmer diperoleh dari tambang, marmer harus dikelola dengan baik hingga masuk proses pengiriman ke negara tujuan seperti Indonesia. 

Biaya pengelolaan dan pengiriman ini tidak mudah, mengingat perbedaan kurs dan jarak yang jauh antara Indonesia dengan negara penghasil marmer. Akibatnya, harga marmer import pun menjadi mahal.

2. Corak dan Warna

Corak dan warna juga menjadi penentu harga marmer impor. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, marmer impor berasal dari banyak negara. Asalnya yang luas tanpa terbatas jarak membuat corak dan warna yang dihasilkan oleh marmer pun menjadi semakin bervariasi.

Beberapa warna marmer lebih mahal daripada warna lainnya. Warna marmer Italia yang putih lebih mahal karena marmer dengan warna ini tak sering ditemui di alam. Selain itu, warna marmer abu-abu juga memiliki harga yang tinggi karena meningkatnya permintaan.

Sementara itu, corak marmer pada umumnya dihasilkan dari proses yang alami. Namun, proses pemotongan marmer akan menghasilkan corak tertentu. Supaya menghasilkan corak yang cantik, tim profesional harus memotong marmer dengan cara yang tak mudah. Proses pemotongan yang rumit ini terpaksa memakan banyak biaya, membuat beberapa corak marmer harganya menjadi lebih mahal.

3. Jaminan Kualitas

Anda bisa mendapatkan marmer import dari berbagai produsen di Indonesia. Namun, pastikan untuk memilih distributor marmer yang menjanjikan kualitas terjamin seperti MM Galleri.

MM Galleri adalah tempat jual marmer import di Surabaya yang bisa menjadi rekomendasi utama. MM Galleri menyediakan beragam marmer impor yang bervariasi motif, warna, dan teksturnya. Sebagai contoh, MM Galleri memiliki marmer Carrara, Calacatta, dan Statuario dari Italia, Verde dari India, serta Volacas dari Yunani.

MM Galleri tidak hanya menyediakan marmer yang bervariasi. Sebagai pelengkap layanan berkualitas tinggi, MM Galleri juga menyediakan jasa fabrikasi, restorasi, pemasangan, dan personalisasi. Sehingga, Anda bisa mendapatkan marmer dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, segeralah dapatkan marmer import yang asli dan berkualitas hanya di MM Galleri Surabaya. Cek katalog kami di link ini untuk melihat keragaman marmer yang MM Galleri berikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.