...

Salah satu hal yang diperhatikan banyak orang untuk membuat interior rumahnya tampak menawan adalah dengan memilih meja dapur yang memiliki desain memesona. Dekton dapat menjadi salah satu pilihan material untuk meja dapur. Akan tetapi, agar keelokannya tetap terjaga, Anda perlu memperhatikan tips membersihkan material dekton berikut ini.

1. Gunakan Sabun Lembut dan Air Hangat

Dekton dapat mempercantik ruangan Anda, baik di kantor maupun di rumah. Material ini dapat digunakan untuk membuat meja dapur ataupun meja bar. Risiko material dekton untuk terkena noda menjadi lebih besar karena kegunaannya di dapur. Meja dapur sering terkena noda dari minuman, bahan-bahan dapur, hingga goresan dari alat-alat dapur di atasnya.

Meskipun berisiko terkena beragam noda, pada dasarnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan meja dapur Anda yang mempunyai material dekton. Hal ini dikarenakan dekton dapat digunakan dalam kondisi yang berat sekalipun. Material ini memiliki keunggulan, seperti warna dan desainnya tidak memudar jika terkena noda atau bahan lain yang bersifat keras.

Jika Anda menjumpai meja dapur dekton Anda terkena noda atau cipratan lain dari aktivitas di dapur, maka Anda dapat melakukan perawatan sederhana agar bersih seperti semula. Perawatan ini tetap perlu untuk dilakukan meskipun dekton terkenal sebagai material yang sangat kuat dan bisa menahan beragam noda.

Sebagai contoh, jika Anda tidak sengaja menumpahkan sedikit kopi di atas meja dapur dekton, maka Anda cukup mengaplikasikan sabun yang netral ke area yang terkena noda kopi. Kemudian, usaplah bagian tersebut dengan kain microfiber yang lembap. Anda dapat melembapkan kain tersebut dengan cara merendamnya di dalam air hangat, kemudian memerasnya.

Setelah mengaplikasikan sabun netral dan mengusapnya dengan kain lembap, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membiarkan area tersebut selama beberapa menit. Kemudian, setelah beberapa menit, Anda dapat mengusap bagian tadi dengan kain dan mengeringkannya dengan tisu dapur yang Anda miliki.

2. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Kuat

Dekton merupakan material meja dapur yang membutuhkan perawatan yang sangat sedikit. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda dapat membersihkan dekton hanya dengan sabun yang netral dan kain mikrofiber yang lembap. Cara membersihkan seperti itu dapat menjaga material dekton Anda tetap berkilau dan indah selama bertahun-tahun.

Meskipun dekton merupakan material yang kuat dan mudah untuk dirawat, Anda disarankan untuk menghindari pengaplikasian produk dengan kandungan kimia yang kuat. Berbagai merek yang beredar di pasaran mungkin akan merusak meja dapur dekton Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati untuk memilih produk yang sesuai.

Sebagai contoh, Anda perlu menghindari produk yang mengandung bahan kimia asam fluorida. Hal ini dikarenakan asam fluorida dapat merusak permukaan meja dengan bahan material dekton. Hindarilah produk dengan bahan kimia yang kuat agar dapat memperkuat permukaan meja sekaligus meningkatkan masa pakainya.

3. Bersihkan Noda Segera

Dekton biasa digunakan sebagai salah satu material meja dapur. Jika Anda memiliki meja dapur dengan material dekton dan memiliki masalah dengan noda-noda di atas meja, maka Anda perlu memperhatikan beberapa tips membersihkan material dekton dari beragam noda melalui penjelasan berikut ini.

Anda mungkin banyak melibatkan teh, kopi, wine, minyak, dan pewarna makanan dalam aktivitas sehari-hari di dapur. Hal ini meningkatkan risiko meja Anda untuk terkena noda yang berasal dari hal-hal tersebut.

Noda yang berasal dari teh, kopi, wine, minyak, dan pewarna makanan dapat dibersihkan dengan cara mengaplikasikan deterjen ke area yang terkena noda. Anda bisa mengaplikasikan dengan sabun organik dan mengusapnya secara perlahan.

lalu gosok atau usaplah bagian tersebut dengan gerakan memutar secara lembut menggunakan kain mikrofiber atau tissue.

Hal-hal tersebut yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan noda-noda atau cipratan-cipratan tertentu yang ada di atas meja dekton Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat memperoleh tampilan dekton seperti semula. Namun, pastikan untuk segera membersihkan noda tersebut agar tidak semakin memburuk.

4. Hindari Pencuci Berlebihan

Dekton ialah material yang tahan air dan tidak memiliki pori sama sekali. Hal ini berarti bahan-bahan kimia pada pencuci atau pembersih dekton tidak akan bisa menembus permukaan dan menimbulkan kerusakan.

Namun, Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan atau bahkan meninggalkan bahan pencuci keras di atas meja dekton Anda. Pencuci dengan bahan keras dikhawatirkan dapat merusak permukaan dekton. Jadi, pastikan untuk membilas dengan sempurna setelah membersihkan meja dekton menggunakan pembersih.

Anda juga perlu membersihkannya sesuai prosedur dan tidak berlebihan. Pembersihan atau pencucian yang berlebihan pada material dekton akan membuatnya cepat rusak dan membuat usia pakainya menurun.

5. Bersihkan Secara Berkala

Anda memang disarankan untuk tidak membersihkan atau mencuci material dekton secara berlebihan. Namun, bukan berarti Anda tidak membersihkan material ini sama sekali. Anda tetap perlu membersihkan meja dekton Anda secara berkala untuk menjaga kualitasnya.

Pembersihan secara berkala ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan produk pembersih dengan pH netral. Selain itu, Anda juga dapat membersihkan meja dekton dengan spons atau kain lembut setiap harinya secara lembut untuk membantu menjaga meja tetap terlihat baik.

Selain itu, jika Anda menemukan bahwa ada tumpahan noda di atas meja, Anda juga perlu membersihkan noda-noda tersebut dengan segera. Gunakan pembersih yang sesuai dengan sifat dekton dan sesuai dengan noda yang ada. Hal ini berguna untuk meningkatkan efektivitas pembersihan sekaligus menjaga kualitas dekton.

Lima hal tersebut dapat Anda praktikkan dalam merawat dan membersihkan material dekton di rumah Anda sehari-hari. Anda dapat melakukan tips membersihkan material dekton tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Dengan demikian, material dekton yang ada di rumah Anda bisa terjaga kualitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.