...

Membuat kolam renang merupakan salah satu pertimbangan ketika memiliki lahan yang cukup luas di belakang rumah. Dalam pembuatan kolam renang, beberapa hal perlu diperhatikan dan dipertimbangkan agar bisa memberikan hasil terbaik seperti tampilan mewah serta tahan lama. Berikut akan dijabarkan tips membuat kolam renang mewah dan tahan lama 

  1. Desain Kolam Renang yang Menarik

Cara pertama untuk agar kolam renang terlihat mewah adalah menggunakan desain yang menarik dalam pembuatannya. Karena menjadi bagian dari sebuah rumah, desain kolam renang dapat menjadi penunjang estetika secara keseluruhan. Berikut beberapa desain kolam renang yang bisa dipilih

1. Kolam Renang Ala Resort

suasana di halaman belakang rumah bisa dibuat layaknya resor bertemakan alam. Kolam renang bisa didesain tanpa keramik dengan hiasan berupa batu dengan berbagai ukuran di sekelilingnya. Selain itu, tambahkan pula pepohonan serta kursi atau bangku dari kayu dengan warna natural.

2. Kolam Renang Mini dengan Anak Tangga

Kolam renang bisa didesain dengan ukuran kecil dan ditambah anak tangga. Desain kolam renang seperti ini sangat cocok bagi yang ingin sekadar berendam dan menyegarkan tubuh sambil menikmati suasana matahari tenggelam di sore hari.

3. Kolam Renang Hitam

Kolam renang dengan keramik hitam merupakan salah satu inovasi yang sayang dilewatkan. Ini merupakan ide sederhana bagi Anda yang ingin memiliki tampilan anti mainstream untuk kolam renang yang akan dibuat. 

Kolam renang dengan warna hitam sangat cocok untuk dibuat di rumah pada daerah yang berudara dingin. Sebab, warna hitam dapat menyerap panas dari matahari dan membuat air menjadi hangat tanpa perlu menambah biaya.

4. Kolam Renang dengan Tile Bermotif 

Dinding dan lantai kolam renang adalah tempat yang tepat untuk menampilkan estetika. Estetika pada  dinding dan lantai kolam renang bisa diberikan dengan menggunakan tile bermotif. Namun bila menginginkan estetika dengan harga yang lebih terjangkau, gunakanlah tile dengan warna yang berbeda.

5. Kolam Renang dengan Dinding Kaca

Bagi yang memiliki ide untuk membuat kolam renang dengan tipe above ground, maka dinding kaca bisa menjadi salah satu opsi ide yang menarik. Kolam renang dengan dinding kaca memberikan kesan yang berbeda karena akan tampak seperti akuarium raksasa dengan manusia yang berenang di dalamnya.   

  1. Pilih Material yang Tahan Lama

Material merupakan salah satu kunci penting untuk membuat kolam renang yang tahan lama. Salah satu material yang tahan lama dan sangat cocok untuk melapisi kolam renang adalah Lapitec. Lapitec merupakan batu alam yang mengalami proses sinterisasi dalam pembentukannya. Sinterisasi sendiri adalah penggunaan teknologi yang dapat membentuk batu alam dalam hitungan jam.  Material ini hadir dengan ketebalan berbeda, yakni 12 mm, 20 mm, dan 30 mm.

Lapitec dibuat dengan teknologi tinggi dan sangat cocok bagi yang menginginkan ketahanan. Adapun keunggulan Lapitec antara lain yaitu:

  1. Tahan goresan dan noda
  2. Tidak memiliki pori, sehingga menahan kelembaban yang menyebabkan lapuk serta tumbuhnya jamur, lumut, dan bakteri
  3. Tahan terhadap abrasi
  4. Tahan terhadap sinar UV, panas, suhu tinggi, serta suhu yang sangat dingin
  5. Sangat tahan dengan larutan yang bersifat asam kuat maupun basa kuat
  6. Sistem Penyaringan yang Bagus

Kolam renang yang baik disokong oleh sistem penyaringan yang baik pula. Sistem penyaringan kolam renang terdiri dari tiga elemen penting, yaitu pompa dan kabinet elektrik, saringan (filter), dan sistem hidrolik.

Terdapat beberapa jenis filter pada kolam renang, yang bisa dipilih, yaitu:

1. Sand filter: Merupakan jenis filter dengan cara pembersihan (backwashing) paling mudah dan dapat menyaring kotoran hingga ukuran 50 mikron. Namun, filter jenis ini membutuhkan air dalam jumlah yang banyak.

  • 2. Cartridge filter: Terbuat dari polyester dan mampu menyaring hingga ukuran 20 micron. Filter jenis ini disukai karena kemudahannya untuk dipasang dan dibersihkan, serta tidak membutuhkan banyak air.
  • 3. Pocket filter: Filter yang tersedia dalam varian sekali pakai (disposable) atau bisa dicuci. Namun filter jenis ini memerlukan perawatan berkala.
  • 4. Diatomaceous earth filter: Merupakan filter terbaik untuk kolam. Namun pemasangannya membutuhkan biaya besar dan mekanismenya sangat kompleks, sehingga jarang digunakan untuk kolam renang di rumah.
  • 5. Grass filter: Filter yang memiliki kemampuan menyaring seperti sand filter. Namun filter ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sand filter.

Lalu apa sajakah sistem penyaringan kolam renang yang bisa dipilih?

a. Sistem Filtrasi Tradisional

Sistem penyaringan tradisional bisa diterapkan menggunakan cartridge filter atau sand filter. Cartridge filter lebih murah dan hemat daya. Sementara itu, sand filter dapat menyaring lebih baik dan penggunaannya lebih mudah.

b. Sistem Penyaringan Terintegrasi

Sistem penyaringan ini menggunakan Fillwat Compact System dan sangat cocok untuk diterapkan pada kolam yang memiliki volume kurang dari 46 meter kubik. Sistem ini menghemat listrik hingga 30% dan sangat mudah dalam pengelolaannya. Adapun jenis filter yang bisa dipilih yaitu cartridge filter atau pocket filter.

c. Sistem Penyaringan Pre-Assembled

Sistem penyaringan ini memiliki desain yang terinspirasi dari batu karang. Dengan fasilitas elektroliser, sistem penyaringan ini mudah dipasang.

  1. Pencahayaan yang Indah

Pencahayaan juga dapat menunjang estetika pada kolam renang. Agar bisa mendapat pencahayaan yang indah, ikuti tips berikut ini! 

1. Pencahayaan di Bawah Air

Cara pertama untuk memberikan pencahayaan yang indah adalah dengan memberikan pencahayaan di bawah air dengan LED. Pencahayaan di bawah air akan memancarkan warna biru yang keren. Selain menambah estetika, pencahayaan di bawah air juga sangat baik untuk mereka yang hobi berenang di malam hari

2. Lampu Apung

Memberikan pencahayaan yang indah juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan lampu apung. Lampu apung umumnya memiliki tenaga surya yang akan terisi daya pada siang hari dan menyala sebagai lampu pada malam hari.

3. Lampu Berderet

Lampu berderet yang terpasang di kabel dapat menjadi opsi lain pencahayaan yang indah untuk kolam renang sekaligus untuk halaman belakang. Metode pencahayaan ini tergolong mudah tapi perlu perhatian khusus terutama terhadap risiko kehujanan.

  1. Elemen-elemen Tambahan 

  1. 1. Panorama

Estetika pada kolam renang juga dapat ditingkatkan dengan panorama. Ada beberapa pilihan yang bisa menjadi penambah estetika seperti pohon pohon hias dan batu kerikil yang bisa menghiasi sekitaran kolam.

  1. 2. Air Terjun Kecil

Adanya air terjun kecil dapat menunjang estetika dari kolam renang. Air terjun kecil ini dapat dibuat dengan nuansa alam (tembok hitam atau corak batu) atau nuansa modern (tembok dengan keramik).

  1. 3. Sirkulasi

Sirkulasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam membuat kolam renang yang tahan lama. Pertimbangkan jenis air (klorin atau air asin), ukuran, lokasi (indoor atau outdoor), serta kekuatan pompa.

Demikian penjelasan terkait tips membuat kolam renang mewah dan tahan lama. Anda yang ingin membuat kolam renang bisa coba mengikuti tips-tips di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.