Dalam bidang konstruksi, sangat wajar menggunakan batu alam sebagai salah satu bahan materialnya. Namun, batu alam dinilai terlalu mahal, sulit didapatkan, dan butuh perawatan yang lebih sulit sehingga dibuatlah artificial stone atau batu buatan. Artificial stone merupakan batu buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menggantikan batu alam.

Manfaat artificial stone tidak kalah banyak daripada batu alam. Jenis artificial stone atau batu buatan juga cukup banyak sehingga anda harus memilih artificial stone dengan benar. Inilah berbagai cara memilih artificial stone yang harus anda ketahui agar mendapatkan batu buatan yang terbaik:

1. Sesuai Dengan Kebutuhan dan Penggunaannya

Pahami kebutuhan dan penggunaan dalam bangunan atau rumah anda menjadi langkah pertama dalam memilih artificial stone atau batu buatan yang tepat. Anda harus mempertimbangkan pada bagian mana artificial stone atau batu buatan akan digunakan. Dari langkah pertama inilah, anda bisa menemukan artificial stone atau batu buatan yang tepat.

Anda harus mengetahui dimana batu buatan atau artificial stone akan digunakan, sebagai dinding, lantai, countertop, fasad bangunan, atau dekorasi lainnya. Dari mengetahui kebutuhan ini, anda akan mengetahui jenis dan ukuran artificial stone yang anda butuhkan. 

Misalnya kalau anda sedang mencari artificial stone untuk countertop dapur, maka anda harus memilih artificial stone yang tahan terhadap goresan dan panas. Kalau anda sedang memilih batu buatan sebagai bahan kolam renang, maka anda harus mencari artificial stone yang tahan terhadap air sehingga tidak menimbulkan noda.

2. Pertimbangkan Ketahanan dan Kekerasan

Ketahanan dan kekerasan menjadi faktor paling penting dalam memilih material untuk konstruksi suatu bangunan. Batu alam sering kali dipilih menjadi material sebuah bangunan karena memang terkenal memiliki ketahanan dan kekerasan yang berkualitas. Begitu juga dengan beberapa jenis artificial stone. 

Anda harus mempertimbangkan artificial stone atau batu buatan dengan ketahanan dan kekerasan yang kuat, terutama untuk ruangan yang sering dilalui banyak orang, seperti lantai ruangan komersial. Selain itu, anda harus mempertimbangkan ketahanan artificial stone terhadap goresan kalau mau digunakan sebagai countertop dapur.

3. Memilih Warna, Pola dan Tekstur yang Sesuai

Hal lain yang harus diperhatikan ketika anda ingin membangun sebuah bangunan adalah tampilannya. Keunggulan utama dari artificial stone atau batu buatan adalah desain yang fleksibel sehingga bisa mengikuti warna, pola, dan tekstur yang anda inginkan. Bahkan artificial stone atau batu buatan dapat dibuat dengan desain yang mirip seperti batu marmer, granit, dan batu alam lainnya. 

Maka dari itu, anda harus memilih warna, pola dan tekstur yang tepat agar bisa mendapatkan desain rumah yang sesuai. Kalau anda ingin menggunakan artificial stone dengan desain yang halus, maka terrazzo bisa menjadi salah satu pilihan karena batu buatan yang satu ini memiliki tekstur yang sangat halus dengan desain tampilan yang sangat kuat. 

4. Kualitas dan Sertifikasi

Memilih material konstruksi yang berkualitas sangat penting untuk menjaga keawetan dan keamanan suatu bangunan. Material yang tidak berkualitas tentu sangat berisiko membuat suatu bangunan mengalami kerusakan yang lebih cepat. Dalam memilih artificial stone, anda juga harus memilih berdasarkan kualitas yang terbaik. 

kualitas artificial stone atau batu buatan dapat dibuktikan dari sertifikasi yang disediakan oleh produsen. Perusahaan pembuat artificial stone atau batu buatan yang dapat dipercaya pasti akan menyediakan sertifikasi untuk membuktikan kalau artificial stone atau batu buatan yang dibuatnya memiliki kualitas yang terbaik. 

Setiap kali akan membeli artificial stone atau batu buatan, pastikan anda mengecek sertifikasi terlebih dahulu untuk memastikan kalau batu buatan tersebut diproses menggunakan komposisi dan teknologi yang berkualitas. Hal ini menjadi jaminan kalau artificial stone yang anda beli memiliki ketahanan, keawetan, dan persyaratan yang berkualitas. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk meminta sertifikasi setiap anda membeli artificial stone atau batu buatan.

5. Cermati Komposisinya

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ketika memilih artificial stone atau batu buatan adalah melihat komposisinya. Pada umumnya artificial stone terbuat dari komposisi kuarsa, resin, dan pigmen warna, serta beberapa bahan sintetis tambahan lainnya. 

Dengan mengetahui komposisi kandungan artificial stone, anda bisa mengetahui kualitas yang dihasilkan. Maka dari itu, jangan pernah malu atau malas bertanya tentang komposisi dari artificial stone atau batu buatan yang akan anda beli.

Selain itu, pastikan kalau artificial stone atau batu buatan yang anda beli tidak mengandung bahan yang berbahaya atau bahan yang tidak ramah terhadap lingkungan. Hal terakhir yang harus anda perhatikan dalam komposisi bahan artificial stone atau batu buatan adalah besaran komposisinya karena turut mempengaruhi kualitas artificial stone atau batu buatan yang dihasilkan.

6. Perhatikan Perawatan dan Pemeliharaannya

Tips selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika akan memilih artificial stone atau batu buatan adalah perawatan dan pemeliharaannya. Ada beberapa jenis artificial stone yang tidak membutuhkan perawatan yang rumit, tetapi ada pula batu buatan yang butuh perlakuan khusus.

Pada umumnya, anda hanya membutuhkan air bersih dan produk pembersih ringan untuk membersihkan artificial stone atau batu buatan. Bahkan anda hanya perlu menggunakan lap basah untuk menyingkirkan debu atau kotoran dari permukaan artificial stone. Namun, ada juga beberapa jenis artificial stone atau batu buatan yang membutuhkan penyegelan secara berkala.

Maka dari itu, anda harus memastikan perawatan yang tepat untuk artificial stone yang anda beli. Jangan ragu untuk bertanya perihal panduan dalam merawat artificial stone atau batu buatan yang akan anda beli karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan tampilan artificial stone dalam jangka panjang.

7. Harga dan Jaminan

Tips terakhir yang harus anda perhatikan ketika membeli artificial stone adalah harga dan jaminan. Pastinya anda memiliki anggaran tertentu ketika akan membangun rumah atau membeli artificial stone atau batu buatan yang baru. Pastikan anda tidak membeli artificial stone yang terlalu mahal atau yang tidak berkualitas.

Sebenarnya harga artificial stone atau batu buatan sangat bervariasi tergantung dari jenis brand, jenis artificial stone, dan kualitas yang anda beli. Selain itu, penjual yang baik juga pasti akan memberikan jaminan untuk artificial stone yang anda beli. 

Salah satu produsen yang menjual artificial stone dengan kualitas yang terbaik. Namun, dengan harga yang sesuai adalah MM Galleri. Karena memberikan artificial stone yang berkualitas, MM Galleri berani memberikan jaminan kualitas. 

Itulah beberapa tips terkait pemilihan artificial stone yang harus anda ketahui agar tidak salah dalam memilihnya. Anda harus berhati-hati dalam memilih artificial stone atau batu buatan agar tidak membuat kualitas suatu bangunan jadi menurun. Segera hubungi MM Galleri untuk mendapatkan artificial stone terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *