TV masih menjadi teknologi yang dibutuhkan dalam setiap rumah, meski sudah banyak teknologi yang lebih canggih. Namun, masih banyak orang yang menonton TV pada waktu tertentu. Biasanya TV terletak berbagai ruangan di dalam rumah, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Agar setiap ruangan yang berisi TV tetap bagus, tentu saja harus ada meja kabinet TV yang bagus.

Agar anda mendapatkan kabinet TV yang bagus, maka anda harus memilih bahan meja yang tepat. Maka dari itu, anda harus memperhatikan berbagai hal dan tips untuk memilih bahan meja kabinet TV yang bagus. Inilah beberapa tips memilih bahan meja kabinet TV yang tepat untuk menjaga stabilitas TV serta menjaga gaya dekorasi ruangan:

1. Marmer

Marmer merupakan batuan yang terbentuk secara alami dalam proses yang sangat panjang hingga mencapai ratusan tahun. Proses yang panjang tersebut membuat Marmer memiliki warna dan pola yang sangat indah, mewah, dan elegan. Karena terbentuk secara alami, warna dan pola dari Marmer juga berbeda dari satu dan yang lain sehingga membuatnya tampak sangat unik. 

Karena tampilannya yang cukup mewah dan elegan, tidak jarang banyak orang yang memanfaatkannya. Marmer sering kali dimanfaatkan dalam bidang desain interior dalam bentuk berbagai keperluan, mulai dari sebagai lantai, dinding, hingga berbagai perabotan lainnya. 

 

 

 

Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan Marmer sebagai bahan meja kabinet TV. Penggunaan Marmer sebagai meja kabinet TV akan membuat perabotan tersebut tampak lebih mewah dan elegan. Bukan hanya itu saja, seluruh ruangan juga akan tampak lebih bagus dan memiliki nilai estetika yang bagus. 

Selain itu, anda juga harus memilih bahan yang stabil dan memiliki nilai visual yang indah. Marmer sendiri merupakan bahan yang cocok dengan keunggulan dari segi motif dan membuat Marmer cocok dijadikan bahan meja kabinet TV. 

Tentu saja anda harus mencari Marmer asli dan terbaik agar bisa digunakan sebagai bahan meja kabinet TV. Salah satu hal yang harus anda perhatikan agar bisa menemukan Marmer terbaik adalah membeli dari distributor dan produsen terbaik.

MM Galleri merupakan salah satu produsen dan distributor Marmer terbaik asli dari Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Dengan pengalaman yang panjang tersebut, MM Galleri bisa menyediakan Marmer berkualitas sesuai dengan kebutuhan anda. 

Berbagai warna dan pola Marmer bisa anda temukan di MM Galleri. Selain itu, MM Galleri juga memiliki tim profesional yang akan membantu anda untuk mengukur hingga memasang Marmer sebagai bahan meja kabinet TV.

Baca Juga: Berapa Ukuran Kabinet TV yang Ideal?

2. Kayu Solid

Kayu masih menjadi bahan yang sangat penting dalam pembuatan perabotan, termasuk kabinet TV. Ada banyak alasan yang membuat kayu sangat cocok dijadikan bahan meja kabinet TV, mulai dari penampilan hingga kekuatannya. 

Penampilan dari kayu memang sangat tepat dimanfaatkan sebagai meja kabinet TV karena warna coklat yang netral sehingga cocok dipadukan dengan warna apa saja di dalam ruangan. Warna yang netral ini tidak akan mengganggu gaya desain yang anda inginkan pada suatu ruangan. 

Selain penampilan, kekuatan dari kayu juga membuatnya sangat cocok dijadikan bahan meja Kabinet TV yang harus menahan berat dari TV. Namun, anda juga harus memilih jenis kayu yang tepat agar memiliki kekuatan yang tepat dalam menahan beban dari TV.

Salah satu jenis kayu yang cukup kuat untuk menahan beban TV adalah kayu solid, sebuah kayu yang cukup padat dan kuat sehingga tidak mudah rusak. Bahkan kayu solid akan sangat tepat menahan beban yang sangat berat dari TV berukuran besar. 

3. MDF (Medium-Density Fiberboard)

Medium-Density Fiberboard atau MDF merupakan produk kayu yang dibuat dari serat kayu sehingga membentuk material dengan kerapatan sedang. Biasanya MDF terbuat dari sisa kayu solid yang sudah digunakan menjadi berbagai keperluan. Meski bukan kayu yang utuh, tetapi MDF tetap terbuat dari serat kayu yang kuat sehingga kekuatannya tetaplah kuat.

MDF memiliki kelebihan dari segi harga dibandingkan kayu solid sehingga bisa menjadi pertimbangan anda. Meski lebih murah, MDF tetap memiliki kekuatan yang tidak kalah dibandingkan kayu solid sehingga cocok dijadikan bahan meja kabinet TV. Kebanyakan MDF juga dipadatkan dengan resin sehingga permukaannya menjadi lebih halus dan stabil untuk menopang TV. 

Kelebihan lainnya dari MDF adalah bahan yang satu ini mudah dibentuk menjadi berbagai desain dan gaya yang anda inginkan. Tentu saja kelebihan ini akan sangat berguna agar anda bisa membuat kabinet TV yang sesuai dengan keinginan. 

4. Plywood

Alternatif bahan kayu lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan meja kabinet TV selain MDF adalah plywood, sebuah bahan yang terbuat dari lapisan kayu tipis yang direkatkan secara bersamaan sehingga menjadi bahan yang tebal dan kuat. Bahan yang satu ini menawarkan fleksibilitas dan kekuatan untuk menopang beban dari TV. 

Plywood merupakan bahan yang tidak mudah melengkung sehingga konsisten dan stabil sebagai meja kabinet TV. Strukturnya yang kuat sangat aman agar TV tidak akan jatuh. Selain itu, plywood juga bisa diaplikasikan dengan berbagai jenis finishing.

Bahan meja kabinet TV yang satu ini memang bisa dilapisi dengan laminasi, veneer kayu, dan cat sehingga anda bisa memilih gaya tampilan yang sesuai dengan dekorasi ruangan secara menyeluruh. Fleksibilitas dalam penampilan ini pastinya akan sangat anda butuhkan dalam mendukung desain interior. 

5. Kaca

Bahan meja kabinet TV terakhir yang dapat anda pertimbangkan adalah kaca. Meski kaca terkesan mudah pecah, tetapi dengan pemilihan bahan kaca yang tepat, maka meja kabinet TV bisa terlihat modern dan minimalis. Tampilan kaca yang bersih dan transparan bisa membuat ruangan memiliki kesan yang lebih luas dan terang. 

Selain itu, kaca juga mudah dibersihkan dari noda sehingga membuat perawatannya semakin mudah. Anda hanya perlu menggunakan pembersih kaca biasa saja untuk menjaga kejernihan dan kebersihan kaca. 

Bahan kaca juga tidak akan mudah rusak bila terkena cairan tertentu sehingga membuatnya tahan lama. Namun, anda juga harus berhati-hati ketika ingin meletakkan benda keras atau tajam di atas meja kabinet TV berbahan kaca karena akan mudah pecah. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih meja kabinet TV dengan bahan kaca yang tebal.

Memilih bahan meja kabinet TV bukanlah sesuatu yang sulit karena ada banyak pilihan yang bisa anda coba. Namun, anda harus memperhatikan berbagai faktor, seperti budget, gaya dekorasi yang diinginkan, serta fungsi keseluruhan dari kabinet TV. Pastikan anda memilih bahan meja kabinet TV yang sudah terbukti kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *