Pintu menjadi bagian paling penting untuk suatu rumah. Khusus untuk rumah mewah, bagian pintu akan lebih diperhatikan dengan lebih detail karena mempengaruhi penampilan rumah serta menjaga keamanannya. Selain itu, pintu di dalam rumah juga akan berfungsi untuk menjadi pemisah antar ruangan. 

Dari alasan tersebut, sangatlah penting untuk memilih bahan pintu yang tepat untuk rumah mewah. Bahan pintu rumah mewah yang tepat akan memberikan banyak keuntungan, mulai dari gaya desain yang tepat hingga kekuatan yang sangat bagus. Maka dari itu, lihat tips memilih bahan pintu untuk rumah mewah berikut ini:

1. Marmer

Marmer merupakan batuan alami yang terbentuk dari proses alam yang membutuhkan waktu jutaan ratus tahun sehingga bisa menghasilkan material dengan warna yang elegan dan pola yang sangat unik. Dengan proses alami tersebut, tidak ada Marmer dengan warna dan bentuk yang sama sehingga memiliki eksklusifitas dan keunikan antar setiap jenisnya. 

Nilai estetika yang mewah memang menjadi daya tarik utama dari Marmer sehingga dapat digunakan dalam berbagai keperluan dalam desain interior dan bangunan, seperti lantai, dinding, hingga pintu. Pola urat atau vena yang alami dengan warna yang beragam dapat memberikan sentuhan elegan pada pintu rumah mewah. 

Namun, kelebihan dari Marmer bukan hanya itu saja. Kekuatannya dalam menahan beban yang berat serta tahan dalam berbagai kondisi cuaca menjadi kelebihan lainnya dari Marmer yang membuatnya bisa menjadi pilihan utama.

Selama proses pembentukan Marmer yang berlangsung secara alami, Marmer melalui banyak sekali proses pada kondisi yang ekstrim. Marmer akan terbentuk melalui suhu yang sangat ekstrim serta tekanan yang sangat tinggi. Proses pembentukan tersebut membuat Marmer memiliki daya tahan yang sangat kuat. Dengan daya tahan yang sangat kuat dalam menghadapi berbagai tekanan dan kondisi cuaca, maka Marmer menjadi material yang sangat cocok sebagai pintu utama pada rumah mewah. 

CALISTA GREY

Marmer juga termasuk material yang mudah dirawat dan dibersihkan karena permukaannya yang halus dan mengkilap. Kemudahan dalam perawatan ini tentu saja memudahkan anda untuk terus membersihkannya sehingga rumah tetap tampak bersih dan elegan. 

Untuk mendapatkan segala kelebihan tersebut dan membuat pintu yang bagus untuk rumah mewah, tentu saja anda membutuhkan Marmer yang berkualitas pula. Salah satu cara untuk mendapatkan Marmer berkualitas adalah dari produsen dan distributor yang berkualitas pula. 

Salah satu produsen dan distributor Marmer yang berkualitas dan berpengalaman adalah MM Galleri. Distributor dan produsen ini memiliki koleksi Marmer dengan berbagai warna dan pola yang membuat anda memiliki kebebasan dalam memilih sesuai dengan gaya desain yang anda inginkan. 

MM Galleri juga memiliki tim profesional yang akan membantu anda untuk mengukur dan memasang Marmer yang anda pesan. Dengan bantuan dari tim profesional, anda tidak perlu takut terjadi kesalahan dalam pemasangan Marmer untuk pintu pada rumah anda. 

2. Kayu 

Pintu memang menjadi bagian yang penting sehingga harus terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh. Kayu keras, seperti oak, walnut, cherry, dan mahoni bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pintu pada rumah mewah. Oak, walnut, cherry, dan mahoni merupakan jenis kayu yang sangat keras dan kokoh sehingga pintu yang terbuat dari bahan tersebut akan memiliki daya tahan yang sangat kuat. 

Selain itu, semua jenis kayu keras tersebut juga memiliki kekuatan yang sangat bagus dalam menghadapi tekanan serta benturan sehingga akan tidak akan mudah rusak. Bahan kayu keras untuk rumah mewah akan membuat pintu memiliki umur yang panjang. 

Berbagai jenis kayu keras yang telah disebutkan sebelumnya juga memiliki tampilan alami yang sangat indah dan bisa memberikan suasana hangat. Dengan tambahan ukiran bisa membuat bahan yang satu ini memiliki detail desain sesuai keinginan anda. 

Baca Juga: Kenali Ukuran Pintu Rumah Mewah

3. Baja Tahan Karat

Bahan yang modern juga semakin populer untuk rumah mewah, seperti bahan baja tahan karat yang sering menjadi pilihan untuk pintu utama. Seperti namanya, kelebihan utama dari bahan yang satu ini adalah tahan terhadap karat. Selain itu, bahan ini menawarkan kombinasi antara kekuatan, kenyamanan, dan tampilan estetika yang sangat menarik. 

Baja tahan karat merupakan bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap korosi karena memang sudah dibuat dengan tujuan untuk menghindari karat. Tentu saja kelebihan yang satu ini memberikan keamanan yang maksimal. 

Tampilan estetika dari baja tahan karat juga sangat bagus dengan memberikan tampilan modern yang minimalis. Baja tahan karat akan sangat cocok untuk desain rumah mewah, minimalis, dan modern. 

Kebanyakan jenis baja tahan karat juga tidak membutuhkan perawatan yang sulit dan ribet. Cukup perawatan rutin, seperti membersihkan secara rutin saja sudah cukup untuk membuat baja tahan karat tetap bagus. 

4. Aluminium

Anda pasti sudah mengetahui kalau aluminium merupakan bahan yang ringan, tetapi kuat. Bahannya yang ringan dan kuat membuatnya sangat fleksibel dan praktis untuk menjadi bahan pembuatan pintu pada rumah mewah. 

Berat aluminium yang ringan membuatnya mudah dipasang dan dioperasikan pada berbagai hal, termasuk pintu utama pada rumah mewah. Selain itu, aluminium juga kuat dan tahan karat sehingga bisa digunakan untuk berbagai kondisi cuaca. 

5. Kaca Tempered

Kaca tempered merupakan kaca yang diperkuat melalui proses pemanasan dan pendinginan dalam waktu yang cepat sehingga membuatnya menjadi lebih kuat daripada kaca biasa pada umumnya. Kelebihan tersebut membuat jenis kaca yang satu ini sering digunakan dalam pembuatan pintu rumah mewah. 

Bukan hanya itu saja, kaca tempered digunakan sebagai pintu utama pada rumah mewah karena bisa memberikan tampilan yang elegan dan modern. Meski secara penampilan, kaca tempered memang sangat elegan. Namun, keamanan menjadi alasan lain kaca tempered sering digunakan sebagai bahan pintu untuk rumah mewah. 

Kaca tempered memiliki kekuatan yang lebih baik sehingga tidak mudah pecah. Hal ini tentu saja diperlukan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Fleksibilitas dalam desain juga menjadi alasan kaca tempered sering digunakan sebagai pintu.

6. Kombinasi Bahan

Dari banyaknya bahan yang bisa digunakan sebagai pintu untuk rumah mewah, anda bisa mengkombinasikannya. Kombinasi yang tepat akan menciptakan pintu yang sangat menarik dan memiliki fungsi tambahan pada pintu. 

Marmer dan kayu menjadi kombinasi yang paling tepat untuk membuat pintu dengan kesan alami dan mewah. Anda juga bisa menggabungkan baja dan kaca untuk membuat tampilan yang lebih modern. Perpaduan antara aluminium dan kaca juga bisa memberikan tampilan yang elegan pada pintu. 

 

Ada banyak pilihan bahan yang bisa anda gunakan untuk membuat pintu pada rumah mewah. Namun, pastikan anda benar-benar memilih bahan yang aman, kuat, dan memiliki gaya desain yang sesuai dengan keinginan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *