Dalam membuat tampilan dalam ruangan yang estetik dan bagus, langit-langit rumah menjadi bagian yang tidak boleh terlupakan. 

Bagian yang terletak di atas ruangan ini akan selalu terlihat oleh mata yang berkunjung ke ruangan tersebut. Selain itu, memperhatikan bahan langit rumah juga sangat penting sebagai fungsionalitas. 

Tentu saja anda harus memilih langit-langit rumah dari bahan yang terbaik agar tidak mudah roboh. Pemilihan langit-langit rumah yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi anda yang menghuni rumah tersebut. Maka dari itu, simak tips memilih jenis bahan langit-langit rumah yang tepat berikut ini:

1. Sesuaikan Penggunaan Ruangan

Setiap ruangan tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda. Setiap ruangan dengan fungsi tertentu biasanya juga membutuhkan desain ruangan yang berbeda pula sehingga membutuhkan bahan yang berbeda untuk langit-langit. Memilih jenis bahan untuk langit-langit rumah berdasarkan fungsi suatu ruangan sangatlah penting.

Sebagai contoh, anda mungkin saja membutuhkan langit-langit yang tidak mudah lembab dan mudah dibersihkan untuk ruang keluarga. Contoh lainnya, ruang tamu pastinya membutuhkan langit-langit yang lebih memperlihatkan sisi estetika serta desain yang bagus.

2. Tahan Lama dan Mudah Perawatan

Memilih jenis bahan dan memasang langit-langit rumah bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan karena butuh banyak pengorbanan, mulai dari waktu, tenaga, dan biaya. Memasang langit-langit dengan bahan yang tahan lama dan mudah dalam hal perawatannya sangatlah penting sebagai bentuk investasi jangka panjang.

Maka dari itu, sangat penting untuk mencari jenis bahan langit-langit rumah yang tahan lama dan mudah untuk dirawat. Usahakan untuk memilih bahan langit-langit rumah yang tahan dalam berbagai kondisi, mulai dari terik matahari hingga hujan yang lebat. 

Beberapa material yang tahan lama dan mudah dalam perawatan untuk langit-langit rumah adalah gypsum atau papan semen yang memang memiliki ketahanan yang sangat baik dalam berbagai kondisi serta kemudahan dalam penggunaannya. Namun, aspek estetika akan cukup berkurang jika menggunakan kedua jenis bahan tersebut. 

Bahan lainnya yang bisa anda gunakan untuk langit-langit rumah adalah Marmer. Batuan alami yang satu ini juga memiliki kekuatan yang tidak kalah dibandingkan dua jenis bahan yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, Marmer juga memiliki keindahan untuk meningkatkan nilai estetika suatu ruangan. 

3. Kesesuaian dengan Gaya Dekorasi

Hal lainnya yang perlu anda perhatikan dalam memilih jenis bahan untuk langit-langit rumah adalah gaya dekorasi dari rumah tersebut. Tentu saja langit-langit yang anda pilih akan sangat mempengaruhi gaya dan desain suatu ruangan. Maka dari itu, benar-benar perhatikan pemilihan jenis bahan langit-langit rumah berdasarkan gaya dekorasi yang anda inginkan. 

Gypsum dan semen mungkin sulit memenuhi gaya dekorasi yang bagus, terutama untuk ruang tamu sehingga anda bisa beralih menggunakan Marmer. Sebagai batuan alam, Marmer dinilai memiliki keindahan estetika yang sangat tinggi. 

Corak urat atau vena yang beragam dari bahan yang satu ini akan membuat ruangan tampak lebih indah dan elegan. 

Anda bisa memilih Marmer dari MM Galleri karena produsen Marmer yang satu ini memiliki berbagai koleksi Marmer yang sangat indah. Anda bisa menemukan berbagai warna Marmer di MM Galleri, mulai dari warna putih, warna hitam, warna abu-abu, hingga warna yang lebih mencolok, seperti warna merah. 

4. Pertimbangkan Bahan Isolasi Akustik dan Termal 

Rumah seharusnya menjadi tempat istirahat yang tenang bagi anda dan keluarga, terutama ketika malam hari atau saat sedang berkumpul dengan keluarga. Dinding memang menjadi bagian yang cukup berpengaruh dalam mengurangi kebisingan dari luar rumah. Namun, pemilihan jenis bahan langit-langit yang tepat juga akan membantu mengurangi kebisingan tersebut. 

Untuk mengurangi kebisingan yang mungkin saja bisa mengganggu waktu istirahat anda, pertimbangkan untuk menggunakan langit-langit rumah yang terbuat dari bahan isolasi akustik dan termal. Bahan seperti panel akustik akan membuat ruangan terisolasi dari kebisingan luar. 

Bukan hanya kebisingan luar saja, tetapi bahan tersebut juga berfungsi untuk mencegah suara dari dalam untuk keluar ruangan. Hal ini tentu saja sangat berguna kalau anda ingin membuat ruangan sebagai studio musik atau home theater. 

5. Pertimbangkan Budget

Mungkin anda sudah semakin bersemangat untuk memasang langit-langit rumah dari bahan yang terbaik dan sesuai dengan gaya dekorasi yang anda inginkan. Namun, pertimbangkan budget anda terlebih dahulu. Memang membeli jenis bahan langit-langit rumah yang lebih mahal bisa berarti bahwa bahan tersebut bagus dan akan berumur panjang, tapi masih ada beberapa tempat yang menjual bahan berkualitas dengan harga terjangkau. 

MM Galleri menjual Marmer berkualitas, tahan lama, original, dan memiliki keindahan estetika. Namun, harganya cukup terjangkau. Anda dapat menghubungi tim profesional MM Galleri untuk memperhitungkan budget dari Marmer yang akan terpasang pada langit-langit rumah anda terlebih dahulu. Tim profesional dari MM Galleri akan dengan senang hati menghitung kebutuhan anda. 

6. Pastikan bahan yang Anda pilih aman

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa langit-langit rumah harus terbuat dari bahan yang aman untuk segala kondisi cuaca dan bencana. Sekali roboh, langit-langit rumah akan sangat berbahaya bagi orang yang masih berada di dalam rumah. Maka dari itu, anda benar-benar harus memperhatikan jenis bahan yang akan anda pilih. 

Marmer menjadi salah satu bahan teraman yang dapat anda pilih sebagai langit-langit rumah. Bahan yang satu ini terbuat secara alami selama ratusan tahun dari proses pemanasan dan pendinginan yang sangat ekstrim sehingga memiliki kekuatan yang sangat baik. 

Marmer tidak akan mudah rusak meski dihantam dan cukup aman dalam berbagai kondisi cuaca. Maka dari itu, penggunaan Marmer sangatlah tepat untuk bahan langit-langit rumah anda. 

7. Kemudahan Pemasangan

Tips terakhir dalam memilih jenis bahan langit-langit rumah adalah kemudahan pemasangan bahannya. Jangan sampai anda kesulitan dalam memasang bahan langit-langit rumah yang sudah anda pilih sebelumnya. Selain mengeluarkan banyak tenaga, kesulitan memasang langit-langit rumah bisa saja menyebabkan anda mengeluarkan lebih banyak biaya. 

Marmer sendiri merupakan salah satu bahan yang paling mudah dipasang untuk berbagai keperluan, mulai dari dinding, lantai, hingga langit-langit rumah. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *