Bukan hanya makanan dan minuman saja yang harus diperhatikan dalam membuka cafe. Furniture cafe, termasuk kursi juga memegang peranan penting. Kursi cafe bukanlah hal remeh, sebab aspek ini berhubungan langsung dengan kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Anda tidak bisa semerta-merta memilih kursi cafe dengan desain yang paling kekinian. Sebab, ada banyak hal lain yang harus dipertimbangkan saat memilih kursi cafe.

Jika Anda ingin membuka cafe yang kekinian namun memiliki kursi yang tetap nyaman dan aman bagi pengunjung, simak ulasan dari MM Galleri di bawah ini!

1. Kenali Gaya Cafe Anda

Ketika pertama kali membuka cafe, Anda tentu sudah memiliki gambaran tentang gaya cafe tersebut. Suasana seperti apa yang Anda inginkan di cafe? Apakah Anda ingin suasana formal atau informal? Apakah Anda ingin cafe dijadikan sebagai tempat rapat pekerja kantoran atau tempat nongkrong anak muda?

Suasana yang Anda inginkan di cafe akan mempengaruhi pemilihan kursi. Jika Anda ingin cafe lebih formal, kursi cafe minimalis dan nyaman tentu bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda menginginkan cafe Anda sebagai hot spot untuk anak muda, Anda bisa memilih kursi yang lebih eksentrik dan kekinian.

Penggunaan tema khusus pada cafe juga bisa meruncingkan pemilihan kursi. Cafe yang bertema industrial tentu saja tidak akan memiliki jenis kursi yang sama dengan cafe bertema shabby-chic.

Untuk cafe dengan design industrial, kursi yang memiliki sentuhan baja, kaca, kulit buatan, dan kayu polesan adalah pilihan tepat. Kursi dengan sentuhan tersebut akan cocok dengan interior industrial yang penuh akan dinding bata ekspos dan kolom baja.

cafe dengan gaya shabby chic biasanya digemari perempuan. Oleh karena itu, pemilihan kursi cafe harus mempertimbangkan unsur-unsur yang disukai perempuan. Misalnya, warna-warna pastel, motif bunga kecil yang cantik, dan kursi dengan model klasik yang terlihat homey. Bersamaan dengan itu, Anda juga bisa menambahkan dekorasi vintage yang elegan.

2. Pertimbangkan Ruang dan Tata Letak

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan ruang dan tata letak cafe. Hal ini berhubungan dengan luas cafe Anda dan seberapa banyak set kursi dan meja yang bisa dimasukkan.

Jika cafe Anda cukup luas, Anda bisa menggunakan beberapa jenis kursi. Misalnya, ada meja dengan kursi sofa dan kursi individu. Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa model kursi asal masih dalam satu gaya yang sama. Lalu, kursi dengan model atau warna yang unik dan berbeda dapat menjadi focal point dalam ruangan.

Sementara itu, jika tidak ada cukup ruang di cafe Anda untuk banyak model kursi, Anda bisa memilih satu jenis kursi dan meja yang sama. Pilihlah set meja kursi cafe yang sesuai dengan gaya cafe secara keseluruhan.

3. Pilih Material yang Tepat

Material kursi cafe harus disesuaikan dengan gaya cafe dan pengunjung cafe. Jika cafe diniatkan untuk tempat bersantai yang lama bagi pengunjung, maka material kursi cafe harus nyaman.

Material kursi yang paling umum adalah besi, aluminium, plastik, kayu, dan kain. Setiap material tersebut memiliki kelebihannya tersendiri.

Kursi cafe besi misalnya. Kursi ini cukup tahan banting dan bisa dipersonalisasi dengan mudah. Anda bisa mengecatnya dengan warna apapun yang Anda suka tanpa khawatir catnya akan terkelupas. Kursi ini cocok untuk Anda yang akan membangun cafe kekinian.

Selanjutnya, ada kursi aluminium. Sama seperti kursi besi, kursi ini juga cukup tahan lama. Bukan hanya itu, kursi ini juga ringan dan mudah sekali untuk dirawat. Sehingga, kursi ini cocok untuk Anda yang memiliki cafe dengan suasana outdoor.

Sebagai pilihan lain untuk cafe outdoor, Anda bisa menggunakan kursi plastik. Kursi berbahan plastik harganya lebih terjangkau, ringan, dan mudah dirawat. Kursi ini cukup tahan banting di tengah panas dan hujan. Hebatnya lagi, kursi plastik juga mudah dibersihkan.

Kursi kayu memberi sentuhan nyaman, homey, dan rustik. Kursi kayu juga cukup awet apalagi jika dirawat dengan baik. Kelebihan lainnya adalah kursi kayu bisa dicat dengan warna-warna yang menarik untuk menambah dekorasi cafe Anda.

Terakhir, ada kursi yang dilapisi dengan kain. Kursi ini memberikan kenyamanan tambahan karena lebih lembut dari kursi dengan material lain. Tak hanya nyaman, kursi berlapis kain juga bisa dipersonalisasi–Anda bisa menggunakan warna dan motif apapun yang Anda inginkan.

Namun, kursi berlapis kain juga memiliki kekurangan. Kursi ini tentu lebih sulit untuk dibersihkan dari noda makanan dan minuman.

4. Kursi yang Nyaman

Memilih kursi cafe bukan hanya soal gaya dan model, tetapi juga kenyamanan. Kenyamanan adalah salah satu hal penting dalam memilih furniture cafe, sebab furniture menentukan seberapa lama pengunjung akan menghabiskan waktu di cafe Anda. Jika Anda menghadirkan kursi dan meja yang tak nyaman, pengunjung tidak akan mau berlama-lama di cafe.

Dalam memilih kursi yang nyaman, Anda perlu mempertimbangkan tinggi kursi. Penting untuk tidak menggunakan kursi yang terlalu pendek atau terlalu tinggi.

Periksa juga apakah kursi cafe Anda memiliki dukungan postur yang baik. Cek bantalan dan sandaran kursi. Jangan sampai kursi tidak sesuai dengan postur duduk yang natural, karena akan menyebabkan pengunjung cepat merasa pegal.

Jika Anda adalah orang yang mengutamakan desain dan kenyamanan, kursi Bombo rancangan Stefano Giovannoni adalah jawabannya. Kursi cafe dari MM Galleri Indonesia ini memiliki desain ikonik yang cocok untuk cafe bergaya minimalis.

Dibuat dari plastik ABS dan bingkai kromium yang berkualitas tinggi, kursi Bombo adalah kursi yang fungsional, trendi, namun tetap nyaman. Kursi ini mampu mengutamakan kenyamanan pengunjung karena tingginya bisa disesuaikan.

Baca Juga: Inspirasi Model Kursi Mini Cafe Kekinian

5. Uji Kualitas

Sebelum Anda benar-benar memantapkan hati pada kursi cafe pilihan, lakukanlah uji kualitas terlebih dahulu. Periksa semua unsur kursi dengan matang. Mulai dari material, fitur, tinggi, ukuran, dan desain.

Anda harus mengecek dengan teliti apakah bahan yang digunakan berkualitas dan tahan lama. Lihat apakah konstruksi kursi sudah kokoh dan stabil dengan penyangga tambahan, jangan sampai pengunjung mudah jatuh dan tergelincir saat mendudukinya. Coba menduduki kursi dalam waktu yang lama. Apakah Anda betah berlama-lama duduk di kursi tersebut?

Kualitas kursi cafe bukanlah masalah sepele. Kursi cafe akan menentukan kenyamanan dan keamanan pengunjung. Apabila pengunjung tidak mendapatkan rasa nyaman dan aman saat duduk di kursi cafe Anda, mereka tidak akan menengok cafe Anda untuk datang yang kedua kalinya.

Begitulah 5 tips memilih kursi cafe yang kekinian. Jika Anda sedang bersiap membuka cafe, pastikan untuk memilih kursi dengan material yang berkualitas, fitur yang nyaman, desain yang sesuai dengan gaya cafe, dan ukuran yang sesuai dengan luas cafe. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan uji kualitas untuk menentukan kursi cafe yang terbaik. 

Pastikan Anda memiliki standar yang tinggi untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung. Dengan standar yang tinggi, Anda bisa memastikan pengunjung merasa bahagia dan puas serta ingin kembali lagi ke cafe Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *