Lantai menjadi salah satu bagian yang paling penting dari sebuah rumah atau bangunan karena lantai menjadi tempat penghuninya berpijak. Maka dari itu, lantai harus dibuat dari bahan yang berkualitas. Salah satu bahan berkualitas yang sering dijadikan lantai adalah batu marmer. Tentu saja anda harus melakukan pemasangan lantai marmer dengan cara yang tepat. 

Meski batu marmer memang terkenal akan kekuatan dan kualitasnya yang sangat tinggi, tetapi anda harus tahu cara memasang lantai marmer agar bisa terpasang dengan benar. Inilah cara pemasangan lantai marmer yang tepat dan harus anda lakukan: 

1. Kualitas Marmer yang Akan Dipasang

Cara pasang marmer lantai yang bisa anda lakukan pertama kali adalah memastikan kualitas marmer yang akan anda pasang terlebih dahulu. Pemasangan lantai marmer yang dilakukan secara benar juga akan terasa percuma kalau kualitas marmer itu sendiri tidak bagus. Terlebih lagi biaya pasang lantai marmer tidaklah murah. 

Untuk mencari batu marmer dengan kualitas yang tinggi untuk menjadi lantai, anda bisa menghubungi MM Galleri. MM Galleri menyediakan batu marmer berkualitas dengan keperluan pemasangan lantai. Bukan hanya untuk lantai, MM Galleri juga bisa menyediakan batu marmer untuk pemasangan dinding dan keperluan lainnya. 

Selain menyediakan batu marmer berkualitas, MM Galleri juga bisa membantu anda untuk memasang batu marmer dengan benar. Biaya pemasangan batu marmer juga tidaklah terlalu mahal sehingga bisa membuat anda menghemat sedikit uang anda. 

2. Kerjasama Dengan Profesional

Pemasangan batu marmer tidak bisa dilakukan secara asal saja. Sedikit saja kesalahan dalam pemasangan lantai marmer akan membuat lantai menjadi tidak rata sehingga mengganggu penampilan dan fungsi dari lantai marmer. Sebagus apapun kualitas batu marmer yang anda miliki, tetap harus diikuti dengan pemasangan yang tepat.

Oleh karena itu, anda bisa meminta kerjasama dengan pihak yang sudah berpengalaman dalam memasang lantai marmer. Salah satu perusahaan yang sudah berpengalaman memasang batu marmer untuk lantai, dinding, tangga, dan berbagai furniture lainnya adalah MM Galleri. 

Selain pemasangan, anda juga bisa membeli batu marmer yang berkualitas di MM Galleri. Tidak hanya menyediakan batu marmer saja, MM Galleri juga menyediakan berbagai jenis batu alam lainnya yang anda butuhkan. 

3. Persiapan Permukaan

Setelah anda menemukan batu marmer yang berkualitas dan pihak yang sudah berpengalaman memasang batu marmer sebagai lantai, maka selanjutnya anda harus melakukan persiapan permukaan terlebih dahulu. Ada banyak hal yang harus anda persiapkan ketika anda ingin memasang lantai marmer. 

Pertama, anda harus melepaskan ubin yang lama terlebih dahulu. Setelah semua ubin lama tercabut, bersihkan permukaan lantai terlebih dahulu dan biarkan mengering dalam beberapa waktu. Kemudian anda harus memeriksa kerataan permukaan lantai. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memeriksa kalau tidak ada permukaan yang retak. 

Kalau anda sudah memastikan kalau permukaan lantai sudah siap dipasang menggunakan marmer, maka anda harus mengukur lantai dan menentukan titik tengah sebelum memasang lantai marmer. 

4. Acclimatization

Setelah selesai melakukan persiapan untuk permukaan, langkah selanjutnya adalah melakukan acclimatization atau aklimasi. Aklimasi sendiri merupakan proses menyesuaikan batu marmer dengan tempat pemasangannya. Biasanya anda harus menyesuaikan kadar kimia yang terkandung pada batu marmer dengan lantai tempat pemasangan agar pemasangan lantai marmer dapat berjalan dengan baik. 

5. Perencanaan Pola

Sudah menjadi rahasia umum kalau batu marmer memiliki banyak sekali pola yang memberikan nilai estetika tinggi. Namun, bukan berarti pemasangan batu marmer pada lantai yang dilakukan secara acak akan membuat pola yang dihasilkan menjadi lebih bagus. 

Anda harus melakukan perencanaan pada pola yang anda inginkan agar batu marmer bisa menjadi lantai dengan pola yang bagus. Maka dari itu, memang banyak hal yang harus diukur sebelum memasang batu marmer ke dalam sebuah permukaan lantai, anda harus tahu terlebih dahulu pola yang akan terbentuk dan disesuaikan dengan pola yang anda inginkan. 

Merencanakan pola pada batu marmer akan sangat penting karena pola yang tidak tepat akan membuat lantai marmer terlihat sangat jelek. Kalau sudah terpasang, lantai marmer akan cukup sulit untuk dilepas lagi. 

6. Penggunaan Adhesive yang Tepat

Adhesive berarti perekat yang menandakan kalau tahap ini merupakan tahap dimana anda harus menentukan penggunaan perekatan agar batu marmer dapat merekat dengan tepat pada permukaan lantai. Selain merencanakan pola dan ukuran, penggunaan perekat yang tepat juga sangat penting karena benda yang satu inilah yang membuat batu marmer dapat menempel dengan sempurna. 

Sebenarnya ada banyak sekali toko bangunan yang menjual perekat untuk lantai marmer. Ada berbagai merk perekat marmer yang cukup terkenal dan dapat anda beli secara online. Setelah membeli perekat atau adhesive yang tepat, maka anda juga harus menggunakannya secara tepat. 

Penggunaan perekat yang tepat dapat anda lakukan dengan mengaduk perekat terlebih dahulu sehingga adonan menjadi sangat halus. Anda bisa juga menambahkan semen kalau memang ingin membuat lantai menjadi lebih tinggi. Setelah itu, ratakan adonan perekat ke permukaan lantai sebelum dipasang lantai marmer. 

7. Leveling dan Penyematan

Leveling merupakan proses penambahan beberapa bahan lagi untuk membuat batu marmer merekat kuat pada permukaan lantai. Setelah itu, dilakukan proses penyematan dengan meletakkan batu marmer di atas lantai. Pada proses ini, batu marmer biasanya sudah terpasang di atas permukaan lantai. Namun, belum boleh dipijak sama sekali karena masih harus melalui proses selanjutnya lagi. 

8. Grouting

Grouting sendiri merupakan proses yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat dasar konstruksi pada suatu bangunan. Dalam hal ini, grouting dimaksudkan untuk memperkuat pondasi lantai marmer yang sudah terpasang. 

Ada banyak sekali fungsi dari grouting sehingga tidak boleh dilewatkan ketika anda sedang memasang lantai marmer. Beberapa fungsi dari proses yang satu ini adalah untuk memastikan tidak ada rembesan air yang melewati bawah lantai marmer, meningkatkan kekuatan tanah, membuat celah dan rongga menjadi lebih padat, membuat sturktur lantai menjadi lebih kuat, dan memperkuat pondasi lantai. 

9. Perawatan dan Penyegelan

Pada tahap ini, sebenarnya lantai marmer sudah bisa anda gunakan, tapi anda masih harus melakukan beberapa hal. Salah satu hal yang harus anda lakukan adalah melakukan penyegelan agar batu marmer menjadi lebih paten di atas permukaan lantai. 

Setelah melakukan penyegelan, perawatan juga harus anda lakukan agar umur lantai marmer dapat bertahan lama. Melakukan perawatan untuk lantai marmer tidaklah terlalu sulit karena anda cukup mengepel seperti biasa. Namun, pastikan anda mengeringkan dengan kain bersih lagi setelah selesai mengepel. Jangan biarkan lantai marmer mengering sendiri karena dapat meninggalkan bercak.

Itulah beberapa cara memasang lantai marmer yang harus anda ketahui. Memasang batu marmer di atas permukaan lantai memang bukanlah yang mudah dilakukan. Kalau anda mengalami kesulitan, maka anda bisa menghubungi MM Galleri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *